TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Film Keren Ini Ternyata Hasil Adaptasi Bebas Karya Shakespeare

Dari film animasi hingga musikal

imdb.com

William Shakespeare dikenal sebagai aktor sekaligus pujangga yang menghasilkan karya besar. Tulisannya seperti Romeo & Juliet bahkan masih terkenang dan dibaca banyak orang hingga sekarang. Tidak heran jika karya-karya Shakespeare selalu menarik untuk diadaptasi ulang meski sudah berumur ratusan tahun.

Tidak banyak yang tahu beberapa film keren di bawah ini ternyata hasil adaptasi dari karya-karya Shakespeare yang terkenal legendaris. Kira-kira ada film favoritmu?

1. Strange Magic

Strange Magic merupakan film animasi yang diproduksi pada tahun 2015 lalu. Film ini sendiri terinspirasi oleh drama tulisan Shakespeare yang berjudul A Midsummer Night's Dream. Banyak karakter-karakter seperti peri dan makhluk fantasi lainnya yang merupakan hasil adaptasi dari karya pujangga asal Inggris tersebut.

Strange Magic dibintangi oleh Alan Cumming dan Evan Rachel Wood. Meski berupa film animasi, banyak kritikus yang menilai dialog dan alur film ini lebih cocok untuk orang dewasa.

2. Let the Devil Wear Black

Bisa dibilang jika Let the Devil Wear Black merupakan versi adaptasi modern dari Hamlet. Meski tidak benar sama persis, inti tema dari film ini terinspirasi dari kisah drama tragedi Hamlet. Film ini sendiri bercerita tentang seorang remaja bernama Jack yang baru saja lulus. Ia menyalahkan kematian ayahnya pada pamannya. Secara gak langsung mengingatkanmu pada Hamlet, kan?

Rilis pada tahun 1999 lalu, film ini bergenre drama dan thriller. Film hasil adaptasi Hamlet ini dibintangi oleh Jonathan Penn, Randall Batinkoff, dan Norman Reedus. Sama seperti judulnya, tokoh Let the Devil Wear Black selalu menggunakan pakaian hitam.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film India Seru yang Ada di Netflix, Wajib Nonton!

3. She’s The Man

Film yang dibintangi oleh Channing Tatum dan Amanda Bynes ini juga termasuk adaptasi bebas dari karya Shakespeare. Saat menonton film ini pasti kamu akan teringat dengan Twelfth Night. Bahkan nama-nama tokohnya pun sama. Film ini juga menceritakan tentang seorang gadis yang menyamar sebagai pria dan kemudian mengalami cinta segitiga.

Selain Channing Tatum, nama aktris terkenal seperti Amanda Bynes dan Laura Ramsey juga turut membintangi film ini. Meski rilis pada tahun 2006 lalu, film ini masih sangat relatable dengan kehidupan remaja sekolahan zaman sekarang.

4. West Side Story

West Side Story merupakan adaptasi bebas Romeo dan Juliet. Bedanya film ini menambahkan banyak unsur musikal. Namun, secara gak langsung plot film ini mengingatkanmu pada salah satu karya legendaris Shakespeare. Jika dalam karya aslinya terdapat pertentangan antar dua bangsawan, maka dalam film ini digantikan oleh dua geng besar yang menguasai New York.

West Side Story sendiri merupakan film musikal lawas yang rilis pada tahun 1961. Pernah memenangkan 10 piala Oscar dan salah satunya adalah kategori Best Picture, film ini wajib banget masuk ke dalam daftar tontonanmu.

5. The Lion King

Film animasi yang menceritakan tentang Simba dan ayahnya yang dibunuh oleh pamannya dan kemudian menjadi penguasa. Alur film ini juga persis dengan plot Hamlet. Film ini memang menjadi tribut untuk karya Shakespeare tersebut. Meski sudah berusia puluhan tahun, film The Lion King masih sangat terkenang hingga sekarang, setuju?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film India Seru yang Ada di Netflix, Wajib Nonton!

Verified Writer

Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya