TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film Hollywood yang Wajib Ditonton Mahasiswa, Inspiratif!

Memotivasimu untuk terus bersemangat menamatkan pendidikan

cuplikan film Dead Poets Society (dok. Warner Bros/Dead Poets Society)

Terdapat pepatah mengatakan "tuntutlah ilmu sampai ke negeri China", artinya sebisa mungkin manusia dapat terus belajar untuk mendapatkan pengetahuan. Namun, menjadi seorang pelajar bukanlah hal yang mudah. Terkadang ada aspek yang membuat kita merasa jenuh dan kehilangan motivasi.

Berada di lingkungan yang toxic sering kali menjadi penyebab mengapa seseorang akhirnya menyerah. Apalagi saat motivasi mereka untuk belajar disepelekan oleh banyak orang. Tentu di saat seperti ini yang kita butuhkan adalah ketekunan dan tekad yang kuat untuk membuktikan dirinya.

Teruntuk mahasiswa yang sedang berjuang untuk meraih cita-cita, berikut ini terdapat beberapa film Hollywood yang akan memotivasimu untuk terus bersemangat.

1. The Shawshank Redemption (1994) 

cuplikan film The Shawshank Redemption (dok. Castle Rock Ent./The Shawshank Redemption)

Tidak dapat diragukan lagi bahwa The Shawshank Redemption merupakan salah satu film terbaik yang pernah dibuat. Film ini memiliki plot yang inspiratif terutama jika kamu sedang dalam fase terpuruk.

Diceritakan seorang bankir bernama Andy (Tim Robbins) yang dijebloskan ke penjara setelah membunuh istri dan selingkuhannya. Di penjara Shawshank, Andy tampak selalu menyendiri. Namun, seiring berjalannya waktu, ia kembali menemukan harapan setelah mengenal Red (Morgan Freeman).

Film ini mengajarkan kita untuk selalu bermimpi meski hidup tidak sejalan sesuai yang kamu inginkan. Kita sendiri pula yang memiliki kendali atas hidup masing-masing.

Baca Juga: 9 Film Hollywood 2022 yang Hasilnya di Luar Ekspektasi, Ada yang Rugi!

2. The Pursuit of Happyness (2006) 

cuplikan film The Pursuit of Happyness (dok. Columbia Pictures/The Pursuit of Happyness)

Dibintangi oleh Will Smith, The Pursuit of Happyness mengajarkan bahwa tidak ada yang instan dalam hidup. Semuanya perlu melalui proses yang terkadang amat panjang dan melelahkan. Film ini juga berdasarkan kisah nyata seorang businessman sekaligus motivator bernama Christopher Gardner.

Dia menginvestasikan uangnya pada alat yang dikenal sebagai “bone density scanner”. Sayangnya alat tersebut kurang laku di pasaran. Di masa terburuknya itu, istrinya juga meninggalkannya. Akhirnya, Gardner pun hidup di jalanan bersama sang anak. Ia harus berjuang mati-matian untuk memenuhi kebutuhannya.

The Pursuit of Happyness akan mengubah cara pandangmu mengenai hidup. Kesuksesan tidak akan mendatangimu begitu saja. Film ini juga akan mengajarimu untuk bangkit meski dalam kondisi terpuruk sekalipun.

3. Rocky (1976) 

cuplikan film Rocky (dok. MGM Studios/Rocky)

Sejak dirilis pada tahun 1976, Rocky langsung menjadi sangat populer dan menjadi salah satu film paling banyak ditonton saat itu. Film yang dibintangi oleh Sylvester Stallone ini juga sudah memenangkan tiga penghargaan Oscar termasuk kategori Best Picture. Terdapat banyak pelajaran yang dapat dipetik dari film ini.

Rocky menceritakan tentang petinju asal kota kecil di Philadelphia yang hidupnya cukup menyedihkan. Ketika sang manajer mengutusnya untuk melawan juara dunia dalam pertandingan tinju, Rocky (Sylvester Stallone) memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membuktikan dirinya.

Rocky berjuang amat sangat keras untuk melatih dirinya agar dapat mengalahkan Apollo Creed (Carl Weathers). Tentu setiap orang meremehkan keinginannya tersebut karena mengira kemampuan Rocky jauh di bawah. Film ini akan memotivasimu untuk tidak pernah berhenti bermimpi serta kerja keras tidak akan mengkhianati hasil.

4. Forrest Gump (1994) 

cuplikan film Forrest Gump (dok. Paramount Pictures/Forrest Gump)

Apabila kamu termasuk orang yang masa kecilnya sering kali diremehkan, Forrest Gump merupakan film yang tepat untukmu. Diceritakan bahwa selain memiliki IQ rendah, Forrest (Tom Hanks) juga menggunakan penyangga di kakinya. Hal ini membuat dirinya sering di-bully. Namun, semua itu tidak pernah menyurutkan semangatnya.

Saat dewasa, ia melakukan banyak hal hebat tanpa dirinya sadari. Mulai dari menjadi bintang football sampai tergabung dalam militer saat melawan Vietnam. Ia pun berhasil tercatat dalam sejarah bersamaan dengan Presiden J.F. Kennedy, Richard Nixon, bahkan juga John Lennon serta Elvis Presley.

Film yang dibintangi oleh Tom Hanks ini membuat kita mempercayai rencana Tuhan. Tentu hidup akan terus berputar. Jadi, jangan cemas karena suatu hari nanti pasti kamu akan menyadari bahwa semua terjadi karena alasan yang tepat.

Baca Juga: 10 Film Hollywood Ini Diprediksi Jadi yang Terlaris di 2023

Verified Writer

Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya