TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daftar Lengkap Pemenang FFI 2021, Penyalin Cahaya Mendominasi Banget

Daftar lengkap peraih Piala Citra, pemenang FFI 2021

tim Penyalin Cahaya di FFI 2021 (dok. IDN Times/Erfah Nanda)

Festival Film Indonesia 2021 berhasil digelar di Jakarta Convention Center, pada Rabu (10/11/2021). Bertepatan di Hari Pahlawan, FFI 2021 dihadiri langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim.

Dalam FFI 2021 ini, film Penyalin Cahaya memborong banyak Piala Citra. Inilah daftar lengkap pemenang Piala Citra FFI 2021.

Baca Juga: 15 Potret Artis di Red Carpet FFI 2021, Iqbaal Ramadhan Bikin Salfok!

1. Penyalin Cahaya borong 12 Piala Citra dari 17 nominasi

tim Penyalin Cahaya di FFI 2021 (dok. IDN Times/Erfah Nanda)

Penyalin Cahaya memborong 12 Piala Citra dari 17 nominasi yang mereka masuki. Beberapa di antaranya adalah Film Cerita Panjang Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, dan Sutradara Terbaik. Sebelumnya, Penyalin Cahaya juga mendapat penghargaan internasional, yakni dirilis perdana di Festival Film Internasional Busan.

2. Presiden Joko Widodo anugerahi Usmar Ismail sebagai Pahlawan Nasional Indonesia

Jokowi dan Reza Rahadian di FFI 2021 pada Rabu (10/11/2021). (IDN Times/Erfah Nanda)

Dalam acara FFI 2021, Presiden RI Joko Widodo datang dan menceritakan tentang Usmar Ismail yang dikenal sebagai Bapak atau Pahlawan Perfilman Indonesia.

"66 tahun yang lalu Bapak Haji Usmar Ismail dan Bapak Jamaludin Malik memprakarsai penyelenggaraan Festival Film Indonesia sebagai perayaan dan apresiasi tertinggi bagi perfilman Indonesia. Tahun ini, pagi tadi, sebagai wujud penghargaan tertinggi untuk para pejuang kebudayaan, atas nama bangsa dan negara, saya menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Bapak Haji Usmar Ismail, Bapak Perfilman Indonesia," kata Jokowi dalam sambutannya di Malam Anugerah Piala Citra FFI 2021.

Baca Juga: Penyalin Cahaya Jadi Film Cerita Panjang Terbaik FFI 2021

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya