TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manga Shoujo Underrated yang Akan Membuatmu Salah Tingkah!

Penggemar shoujo wajib lihat, nih!

manga Haru Matsu Bokura (dok. Kondansha/Haru Matsu Bokura)

Manga shoujo ditargetkan untuk perempuan muda. Berasal dari budaya perempuan Jepang selama pergantian abad, manga ini diterbitkan di majalah untuk pertama kali pada tahun 1900-an. Kemudian, manga ini berevolusi pada tahun 1950-an dan menjadi kategori manga yang diformalkan. 

Demografi manga shoujo juga berhasil menciptakan serial anime yang disukai oleh banyak penggemar. Beberapa serial anime klasik yang luar biasa, antara lain NANA, Ouran High School Host Club, dan Fruits Basket. Namun, ada beberapa manga shoujo underrated yang patut diperhitungkan, lho. Berikut kelima daftarnya!

1. Uruwashi no Yoi no Tsuki (2020)

manga Uruwashi no Yoi no Tsuki (dok. Kondansha/Uruwashi no Yoi no Tsuki)

Yoi Takiguchi ialah gadis sekolah menengah atas yang dijuluki 'pangeran' sebab memiliki penampilan maskulin yang santai. Ketika dia menghela napas, semua gadis di kelasnya akan memekik kagum. Namun, dia tidak pernah menghiraukan segala bentuk perhatian tersebut. Dia memilih untuk menghabiskan hari secara normal. 

Semua itu berubah setelah orang asing masuk ke dalam hidupnya. Dia dipanggil cantik oleh pangeran sekolah lain, Kohaku Ichimura, bahkan dia diakui sebagai gadis oleh laki-laki tersebut. Mulanya, dia menganggap Kohaku hanya ingin bermain-main. Namun, lambat laun, dia tidak bisa mengabaikan degup yang tercipta karena Kohaku. Uruwashi no Yoi no Tsuki tersedia dalam bahasa Inggris di Kondansha Internasional dengan judul In the Clear Moonlit Dusk.

Baca Juga: 5 Anime Shoujo Terbaik yang Layak Dapat Season 2, Ada Favoritmu?

2. Koiwazurai no Ellie (2015)

manga Koiwazurai no Ellie (dok. Kondansha/Koiwazurai no Ellie)

Di sekolah, Eriko Ichimura terlihat polos, bahkan dia dimanfaatkan oleh teman sekelas dalam hal apapun. Namun, ketika bermain Twitter, dia menjadi sosok yang berbeda dengan nama pengguna Lovesick Ellie. Dia kerap menulis tentang Akira Oomi, anak laki-laki paling menarik di sekolahnya. 

Suatu hari, Eriko mendengar percakapan Akira dan guru sekolah. Dia mengetahui sifat asli Akira. Ketika dia pergi, dia melupakan ponselnya sehingga Akira mengembalikan ponsel tersebut. Namun, semua hal yang dia tulis di Twitter telah dibaca oleh Akira, sosok yang ternyata sombong. Dia diberi tawaran oleh Akira untuk memudahkan dia menulis segala hal tentang Akira. Koiwazurai no Ellie tersedia dalam bahasa Inggris di Kondansha Internasional dengan judul Lovesick Ellie. 

3. Haru Matsu Bokura (2014)

manga Haru Matsu Bokura (dok. Kondansha/Haru Matsu Bokura)

Mitsuki Haruno ialah sosok pemalu dan pendiam yang ingin mencari kehidupan sosial impiannya di sekolah menengah. Terlepas dari usaha terbaik yang dia kerahkan, dia tetap tidak pernah mampu untuk mengungkapkan apa yang dia pikirkan sehingga menghalangi proses berteman. 

Ketika Mitsuki bekerja di sebuah kafe, dia bertemu dengan empat pemain basket di sekolahnya yang menjadi idola para gadis. Awalnya, dia melihat empat laki-laki tersebut sebagai sosok yang arogan, tetapi entah bagaimana, dia mulai berteman dengan mereka. 

Sejak saat itu, hari-hari kesendirian Mitsuki telah berakhir. Bersama Towa Asakura, Rui Miyamotoi, Ryuuji Tada, dan Kyosuke Wakamiya, dia menjalani kehidupan yang berwarna. Namun, dia tidak bisa tenang sebab para gadis di sekolahnya iri, bahkan benih-benih cinta mulai tumbuh di hatinya. Haru Mastu Bokura tersedia dalam bahasa Inggris di Kondansha Internasional dengan judul Waiting for Spring. 

4. Tsubasa to Hotaru (2013)

manga Tsubasa to Hotaru (dok. Gramedia Digital/Tsubasa to Hotaru)

Tsubasa Sonokawa adalah gadis berusia 15 tahun yang menyukai kakak kelasnya setelah dia tidak sengaja berinteraksi dengan kakak kelas tersebut. Dia percaya bahwa kakak kelas tersebut adalah cinta sejatinya. Namun, apa yang dia perkirakan tidak seperti realita. Ternyata dia mengalami cinta bertepuk sebelah tangan. 

Suatu hari, Tsubasa diminta untuk mengisi posisi manajer tim bola basket sementara oleh teman baiknya yang sedang terkilir. Dia memutuskan untuk menolong temannya sebab dia juga berpikir bahwa itu adalah kesempatan sempurna untuk move on. Di sinilah, dia akan bertemu dengan Aki Hidaka, sosok yang menyelamatkannya ketika hampir terkena bola di hari pertama. Tsubasa to Hotaru tersedia dalam bahasa Indonesia di Gramedia Digital dengan judul Tsubasa and Fireflies.

Baca Juga: 5 Live Action Movies Shoujo Romance ini Diadaptasi Sebelum Manga Tamat

Verified Writer

Ervina E.W.

limited.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya