TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film Dokumenter HBO Max Paling Menohok, Wajib Nonton!

Mulai dari olahraga hingga kasus pembunuhan #HypeIDN

screenrant.com

HBO Max menjadi salah satu layanan streaming terbaru yang rilis pada 20 Mei 2020 lalu. Layaknya Netflix, HBO pun menyajikan film-film original yang sangat menarik dan berbeda. Salah satu yang paling dinanti tentunya adalah Jusctice League Snyder's Cut, yang akan rilis 2021 mendatang.

Namun tak hanya film saja yang tersedia di HBO Max. Mereka pun menyajikan berbagai dokumenter paling menohok yang pernah terjadi di dunia ini. Kisah-kisah nyata tersebut menghadirkan cerita nyata yang menggemparkan. Yuk disimak!

1. The Alzheimer's Project (2009) - 8.1

Miniseri empat episode ini menggambarkan kehidupan orang-orang yang menderita Alzheimer, gangguan mengerikan yang memengaruhi ingatan dan keterampilan kognitif para korbannya. Sebagai bagian dari kampanye kesehatan, dolumenter ini berfokus pada mereka yang didiagnosis dengan penyakit tersebut dan orang yang mereka cintai.

Setiap episode membahas penyebab, gejala, dan penyembuhan Alzheimer tanpa kehilangan fokusnya pada orang yang paling terpengaruh olehnya. Tidak hanya berfokus dengan sains,  dokumenter ini adalah tentang memanusiakan para penderitanya.

2. White Light/Black Rain: The Destruction Of Hiroshima And Nagasaki (2007) - 8.3

Lewat dokumenter ini sang sutradara, Steven Okazaki menggambarkan pertemuannya dengan lebih dari 500 orang Jepang yang selamat dari pemboman Hiroshima dan Nagasaki. Di dalam dokumenter ini, sekitar selusin korban selamat, yang berusia antara enam hingga 28 tahun ketika bom menghantam, memberikan kesaksiannya tentang bom atom paling mematikan tersebut.

Melalui cerita mereka, film dokumenter Okazaki memperlihatkan bagaimana serangan yang mengakhiri Front Pasifik Perang Dunia II itu menghancurkan generasi warga Jepang. Okazaki juga mewawancarai empat orang Amerika yang terlibat dalam produksi dan penyebaran bom atom.

Baca Juga: Rilis Trailer, 5 Fakta Film Dokumenter BLACKPINK: Light Up The Sky

3. Magic & Bird: A Courtship Of Rivals (2010) - 8.3  

Sebelum hadirnya dokumenter Netflix tentang NBA dan Michael Jordan, The Last Dance (2020), Magic & Bird: A Courtship Of Rivals menjadi dokumenter paling menarik bagi pecinta basket tentang persaingan dua bintang NBA. Dokumenter ini menelusuri hubungan yang terkadang tegang antara Magic Johnson dan Larry Bird.

Dimulai dengan pertandingan kejuaraan bola basket NCAA 1979, persaingan tersebut mendapat begitu banyak perhatian media sehingga memainkan peran utama dalam kesuksesan NBA selama tahun 80-an.

Baik karier Johnson maupun Bird dipersingkat oleh masalah kesehatan - Johnson diagnosis HIV, sedangkan Bird mengalami cedera punggung. A Courtship of Rivals menunjukkan bagaimana keduanya akhirnya mengesampingkan perbedaan mereka dan menjalin persahabatan seumur hidup.

4. Deep Time History (2016) - 8.5  

Deep Time History adalah film dokumenter yang sempurna bagi para kutu buku sains, karena memberikan gambaran kronologis evolusi umat manusia. Masing-masing dari tiga episodenya menjelaskan bagaimana bidang studi seperti geologi, kimia, dan fisika telah membentuk pemahaman spesies itu sendiri.

Tiga episode di dalamnya adalah  "The Rise of Civilization," "Age of Discovery," dan "The Industrial Revolution dan Modern Warfare." Dari Revolusi Pertanian hingga pembuatan mesin uap, dokumenter ini memberikan penjelasan yang mendalam sejarah mendalam tentang umat manusia.

Baca Juga: Dibuat Film Dokumenter, 5 Kenangan Sulli Ini Bikin Hati Tersayat

Verified Writer

Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya