TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gak Banyak yang Tahu, 6 Artis Indonesia Ini Mengidap Penyakit Autoimun

Cukup rentan di tengah ancaman virus corona 

Berbagai sumber

Penyakit autoimun adalah kondisi saat sistem kekebalan tubuh itu keliru menyerang sel-sel sehat. Autoimun memiliki banyak jenis dan bisa menyerang siapa saja. Beberapa artis Indonesia tengah berjuang melawan penyakit tersebut.

Ada Qory Sandioriva hingga Cornelia Agatha, inilah beberapa artis yang diketahui mengidap autoimun.

1. Qory Sandioriva

instagram.com/qorysandioriva

Putri Indonesia 2009 ini berjuang melawan penyakit autoimun (sjogren syndrome dan lupus) selama kurang lebih 12 tahun terakhir. Maraknya pandemi virus corona gak membuat Qory panik secara berlebihan. Ia memilih quality time bersama putranya di rumah.

2. Raditya Dika

instagram.com/raditya_dika

Saat jadi bintang tamu di vlog Ussy Andhika Official, Raditya Dika mengaku mengidap autoimun. Gejalanya berupa kulit kering, timbul ruam saat stres, dan pegal di bagian sendi. Sudah hampir 6 tahun mengalaminya, papa dari Alea ini kerap bolak-balik ke Singapura untuk membeli obat.

Baca Juga: Ada yang Batal Liburan, 9 Artis Isolasi Diri di Rumah karena Corona

3. Cici Panda

instagram.com/pandasuper

Lewat unggahan Instagram, Cici Panda mengaku terkena autoimun vaskulitis (peradangan saraf di bawah kulit) pada 2015. Ia pun mengubah pola makan dan pola pikir agar lebih sehat.

Mematahkan anggapan bahwa pengidap autoimun susah hamil, Cici melahirkan anak keduanya pada November 2018. Cici dan keluarga saat ini mematuhi anjuran pemerintah untuk #DiRumahAja.

4. Ashanty

instagram.com/ashanty_ash

Beberapa bulan yang lalu, Ashanty mengejutkan publik karena mengaku mengidap autoimun. Terlihat lebih kurus, Ashanty juga mengalami bentol-bentol di sekujur tubuh.

Sempat dirawat di rumah sakit, kini kondisinya sudah membaik. Pandemi virus corona membuat Ashanty terpaksa mengurangi kontak fisik seperti menolak bersalaman dengan fans.

5. Andrea Dian

instagram.com/andreadianbimo

Terlihat baik-baik saja, istri Ganindra Bimo sebenarnya mengidap autoimun fase awal. Sejauh ini, gak ada masalah besar karena Andrea bisa mengatur pola makan. Ia juga rutin berolahraga.

Baca Juga: 9 Artis Dunia yang Dinyatakan Positif Tertular Virus Corona

Verified Writer

Hilda T

Tetap semangat!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya