TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

15 Peristiwa KPop Ini Jadi Sorotan Pada Juli Hingga Desember 2020

What happened with KPop in 2020 #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Berbagai Sumber

Sejak pertengahan hingga menuju akhir tahun 2020 ini, industri KPop diwarnai oleh sejumlah peristiwa yang menarik perhatian publik dunia. Mulai dari skandal para bintang idola, lahirnya sejumlah grup KPop baru hingga sejumlah idol yang dinyatakan positif COVID-19. Semua peristiwa itu datang bertubi-tubi.

Berikut deretan peristiwa yang mewarnai industri musik KPop dan menarik perhatian publik dari Juli hingga Desember 2020.

1. Jimin AOA melakukan perundungan kepada Mina selama puluhan tahun

kpopchart.net

Kabar mengejutkan datang dari salah satu mantan personel AOA, Mina. Pada 3 Juli 2020 lalu, ia mengunggah beberapa foto dengan caption yang menjelaskan secara rinci, bagaimana ia diperlakukan selama bertahun-tahun oleh para anggota AOA lainnya.

Mina juga menjelaskan secara rinci mengenai perundungan yang Jimin lakukan kepadanya selama sekitar sepuluh tahun bersama. Mina menjelaskan rasa sakit hatinya, apa yang telah dilakukan Jimin kepadanya, alasannya keluar dari AOA karena perundungan yang Jimin lakukan, hingga bagaimana perundungan itu justru memberikan dampak yang sangat negatif untuk Mina.

Jimin yang saat itu masih menjabat sebagai leader AOA pun menanggapi unggahan Mina dengan Instagram stories bertuliskan "소설 (re: soseol)" yang berarti novel atau fiksi. Jimin menganggap apa yang Mina ceritakan dalam unggahannya tersebut hanyalah karangan belaka.

Perseteruan pun berlanjut hingga Jimin akhirnya memutuskan keluar dari AOA dan Mina yang dilarikan ke rumah sakit karena kembali menyakiti dirinya sendiri dengan benda tajam.

2. Hongbin putuskan hengkang dari VIXX dan Jellyfish Entertaiment

koreaboo.com

Salah satu member VIXX, Hongbin memutuskan untuk hengkang dari grup yang sudah membesarkan namanya pada Agustus 2020 lalu. Tak hanya mengejutkan para penggemarnya, publik pun dibuat tercengang dengan keputusannya tersebut.

Pada tanggal 6 Agustus 2020, Hongbin memberitahukan niatannya untuk hengkang dari grup kepada agensinya, Jellyfish Entertaiment. Pihak agensi pun menghormati keputusannya yang juga telah didiskusikan bersama dengan member VIXX lainnya itu.

Keputusan mundurnya Hongbin dari VIXX ini karena skandal komentar kontroversialnya. Komentarnya itu ia tujukkan kepada rekan sesama bintang idola, seperti EXO, SHINee, INFINITE, Red Velvet, dan masih banyak lagi. Komentar tersebut terlontar saat dirinya tengah mabuk dan memulai siaran langsungnya di platform Twitch pada sekitar bulan Februari 2020 lalu.

3. Debut TREASURE di tengah 'kekacauan' YG Entertaiment

soompi.com

Pada tahun 2019 lalu, sejumlah kasus skandal besar idol KPop hingga pemilik salah satu agensi besar di Korea Selatan pun mencuat. Dua kasus besar datang dari wilayah YG Entertaiment, di mana Seungri eks Big Bang dan CEO YG Entertaiment, Yang Hyun Suk terlibat skandal tersebut.

Saat YG Entertaiment mulai mencoba bangkit setelah diterpa badai skandal, mereka pun mulai mengumumkan rencana debut boy group TREASURE.

Mencoba mengembaikan kepercayaan publik, TREASURE berhasil debut dengan konsep berbeda dan jumlah member yang lebih banyak. 

Meskipun debut ditengah-tengah 'kekacauan' YG Entertaiment, TREASURE tetap berhasil melakukan debutnya dengan memukau. Kesuksesan debut itu pun mengantarkan mereka untuk menerima penghargaan sebagai Best New Artist (Singer) dalam ajang penghargaan AAA 2020 dan Best New Male Artist di MAMA 2020.

Baca Juga: Selain Mas Agung, 30 Idol KPop Punya Nama Indonesia yang Lokal Banget

4. The Rose dan 'pertarungan' dengan agensinya yang terus memanas

naver.com

Berawal dari kontrak eksklusif yang dinilai merugikan para personel band, The Rose pun terus meminta keadilan dengan mengajukan banding karena pengadilan menolak pemutusan kontrak eksklusif mereka dengan J&Star Company.

Pada 24 Agustus lalu di tengah-tengah pertikaiannya dengan pihak agensi, The Rose memutuskan untuk merilis sebuah lagu baru berjudul 'Black Rose' yang diambil dari nama fandom mereka. Mereka pun memperkenalkan nama baru sebagai The Rose Sound kepada publik. 

Namun, J&Star Company selaku agensi yang berseteru dengan The Rose pun mengambil langkah untuk menghapus lagu 'Black Rose' dari sejumlah music platform streaming Korea Selatan dan global, seperti Spotify.

Beberapa penggemar yang menyadari hal itu pun melayangkan sejumlah komentar kepada J&Star Company atas perlakuan 'kejamnya' tersebut. Pasalnya, itu dilakukan secara bertahap saat lagu tersebut baru dirilis ke publik hingga tiga personel The Rose, yaitu Dojoon, Hajoon, dan Jaehyeong sedang melaksanakan wajib militer.

5. Beberapa member X1 melakukan reuni untuk merayakan anniversary pertama

twitter.com/x1official101

Salah satu boy group yang dibubarkan pada 6 Januari 2020 lalu, X1 membuat para penggemar bahagia dan terharu pada saat yang bersamaan. Pasalnya, mereka dikabarkan melakukan reuni di salah satu tempat yang dirahasiakan.

Salah satu media lokal Korea Selatan, SPOTV melaporkan jika sepuluh member X1 melakukan reuni pada anniversary pertama debut mereka pada 27 Agustus 2020 lalu.

Satu orang member yang tidak hadir dalam reuni tersebut adalah Kim Yohan, karena saat itu ia sedang dalam masa promosi debut solonya.

Selama pertemuan berlangsung, para member X1 yang hadir pun mengadakan percakapan panjang bersama dan menyelesaikan sejumlah kesalahpahaman yang tersisa di antara mereka.

6. Woojin eks Stray Kids lakukan pelecehan seksual

scmp.com

Pada bulan September 2020 lalu sebuah tuduhan kasus tak menyenangkan mencuat ke publik dan menyeret nama mantan anggota grup idola Stray Kids, Woojin. Namanya dalam sekejap menjadi trending topic di berbagai media sosial karena skandal kasus pelecehan seksualnya.

Ini berawal dari cuitan salah seorang perempuan yang mengaku sebagai korban pelecehan seksual oleh Woojin. Ia membuat utas dan menjelaskannya secara rinci mengenai kronologi masalahnya di akun Twitter pribadi miliknya.

Tentu, kabar tersebut langsung dibantah ke publik oleh Woojin. Salah satu pihak yang mengaku sebagai agensi Woojin pun turut angkat bicara dan menyangkal hal tersebut.

Namun, sayangnya netizen berhasil menemukan berbagai macam kejanggalan. Mulai dari akun media sosial agensi yang baru saja dibuat pada saat masalah mencuat hingga logo agensi yang sama dengan logo salah satu perusahaan furniture di Argentina.

Berbagai masalah pun mencuat seiring memanasnya skandal tersebut, mulai dari pernyataan jika Woojin menggunakan obat-obatan terlarang hingga menghamili salah satu fansite master.

7. Vonis akhir Jung Joon Yoong dan Choi Jong Hoon

soompi.com

Di persidangan kedua pada Mei 2020, Pengadilan Tinggi Seoul pun mengurangi hukuman keduanya menjadi 5 tahun untuk Joon Young dan 2 tahun enam 6 bagi Jong Hoon. Namun, keduanya memutuskan untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Akhirnya, pada 12 September lalu, Mahkamah Agung pun memutuskan untuk menolak ajuan banding yang dilayangkan oleh Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon pada persidangan Mei lalu.

Mahkamah Agung memilih untuk menolak kedua banding terdakwa dan menjatuhkan hukuman penjara semula yang diberikan Pengadilan Tinggi Seoul pada bulan November 2019. 

Sesuai keputusan akhir, Joon Young dihukum 5 tahun penjara, sedangkan Jong Hoon akan dipenjara selama 2 tahun 6 bulan.

8. Yoon Hak dan Sungje SUPERNOVA terlibat skandal perjudian ilegal

soompi.com

Lagi-lagi industri musik KPop mendapat perhatian berkat skandal para bintang idolanya. Yoon Hak dan Sungje dari boy group SUPERNOVA yang kini giliran tersandung masalah.

Keduanya diketahui melakukan perjudian di luar negeri. Skandal tersebut mencuat ke publik setelah newscast 'Newdesk' yang disiarkan oleh MBC pada 14 September lalu melaporkan hal tersebut lewat siarannya.

Menurut laporan 'Newsdesk', kedua anggota SUPERNOVA tersebut mengunjungi sebuah kasino di Filiphina antara 2016 dan 2018 lalu. Salah satu dari dua member tadi juga diketahui melakukan perjudian pada situs judi online ilegal di Korea Selatan.

Satu hari setelahnya, SV Entertaiment selaku agensi yang menaungi Yoon Hak dan Sungje pun merilis pernyataan resmi untuk mengonfirmasi kebenaran kabar tersebut. Pihak agensi juga meminta maaf kepada masyarakat luas atas kasus yang disebabkan oleh dua member SUPERNOVA tersebut.

9. Proyek NCT 2020 yang kejutkan dunia berkat kehadiran 23 member dalam satu grup

twitter.com/jaehydrated

Salah satu gebrakan besar yang dibuat oleh SM Entertaiment di tahun 2020 ini adalah proyek NCT 2020 yang berisikan 23 member.

SM Entertaiment sebelumnya mengumumkan, jika mereka akan menggarap proyek NCT 2020 dengan mengikutsertakan 21 member NCT yang terdiri dari su-unit NCT 127, NCT Dream, dan WayV. Tak hanya itu SM Entertaiment juga memperkenalkan dua member baru yang akan ikut dalam mega proyek tersebut, yakni Sungchan dan Shotaro.

NCT 2020 mengawali proyek besar mereka lewat lagu "Make A Wish" dan "From Home" sebagai double title track dalam album bertajuk NCT 2020: Resonance Pt. 1.

Proyek besar ini berhasil ditutup dengan album kedua, yakni NCT 2020: Resonance Pt. 2 dan lagu bertajuk "Resonance" yang dibawakan langsung oleh 23 member.

Baca Juga: 10 Aktor dan Idol KPop Ini Dibebaskan dari Wajib Militer, Kenapa ya?

10. Bullying yang dilakukan Irene kepada mantan stylist-nya

onehallyu.com

Sebuah postingan yang diunggah oleh seorang editor dan stylist di Instagram menjadi perbicangan publik selama beberapa hari. Nama Irene Red Velvet pun menjadi trending topic di berbagai media sosial.

Stylist tersebut menuliskan dalam unggahannya, jika Irene melontarkan kata-kata kasar kepadanya dalam suatu pertemuan. Sang stylist yang diperlakukan seperti itu dibuat tak bisa berkata-kata dan menangis karena hal yang baru saja terjadi kepada dirinya. Ia juga mencoba untuk meminta maaf, tapi Irene sudah 'menghilang' begitu saja pada saat itu.

Akhirnya pada 22 Oktober 2020, Irene menuliskan permintaan maafnya dalam sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya. SM Entertaiment juga merilis pernyataan permintaan maafnya dan juga menyatakan jika Irene dan sang stylist sudah bertemu secara langsung untuk meminta maaf secara tulus mengenai perlakuannya tersebut.

11. SM Entertaiment debutkan girl group baru dengan konsep unik

twitter.com/aespa_official

Pada 25 Oktober pukul 01.00 dini hari waktu KST atau 23.00 WIB, sebuah 'akun misterius' mengunggah teaser video yang berjudul "aespa 에스파: INTRO". Tentunya ini membuat publik, khususnya KPopers bertanya-tanya. Apalagi, akun Twitter resmi SM Entertaiment juga me-retweet cuitan tersebut.

Dalam sebuah siaran persnya, SM Entertaiment pun menyampaikan kepada publik, jika mereka akan segera mendebutkan girl group baru bernama aespa.

Bukan SM Entertaiment, jika tidak memiliki segudang ide kreatif bagi para bintang idola KPop. Mereka menggabungkan konsep real and avatar (digital) member untuk girl group barunya. Dengan ini, aespa dinobatkan sebagai grup KPop pertama yang menggabungkan antara manusia dengan vocaloid.

Tak hanya konsep yang unik, lagu hingga album debut aespa pun turut menarik perhatian publik dunia.

12. Big Hit Entertaiment akuisisi agensi milik Zico

koreanarea.com

Pada 25 Mei 2020 lalu, Big Hit Entertaiment resmi mengumumkan, jika agensi tersebut mengakuisisi Pledis Entertaiment. Mereka juga menyatakan sebagai pemegang saham terbesar agensi yang kini menaungi NU'EST, SEVENTEEN, Nana, Bumzu, Yehana, Sungyeon, dan Kyulkyung.

Tak sampai disitu. Dalam pernyataannya pada 18 November, Big Hit Entertaiment juga kembali mengakuisisi agensi lain. Agensi yang dimaksud adalah KOZ Entertaiment. Agensi tersebut didirikan oleh Zico pada 2018 lalu.

Tentunya akuisisi ini kembali menjadi sorotan sejumlah pihak. Hal ini karena Big Hit Entertaiment kembali membuktikan kekuatannya untuk mempromosikan lebih banyak artis lagi ke pasar global lewat jaringan dan sistem produksi musik mereka.

13. Pengadilan Korea Selatan ungkap sejumlah nama trainee Produce 101 series yang dimanipulasi

kpopchart.net

Persidangan banding atas kasus manipulasi suara pada ajang survival 'Produce 101' series pun digelar pada 18 November lalu. Pengadilan mengungkapkan nama-nama kontestan yang terpaksa dieliminasi karena manipulasi tersebut.

Dari Produce 101 Season 1, Kim Su Hyun dan Seo Hye Lin menjadi peserta yang dimanipulasi pada voting putaran pertama.

Dalam musim keduanya, yaitu 'Produce 101 Season 2', Seong Hyun Woo (LIMITLESS's A.M) dan Kang Dong Ho (Baekho NU'EST) menjadi korban manipulasi suara selanjutnya dalam voting putaran pertama dan keempat.

Manipulasi suara pada season ketiga atau Produce 48 di pemungutan suara putaran keempat menyeret nama Lee Ga Eun dan Han Cho Won sebagai korban.

Dalam series terakhirnya, yaitu Produce X 101 ada banyak nama yang dijadikan korban manipulasi ini. Pada pemungutan suara pertama Anzardi Timothee dari Esteem Entertaiment harus menerima kenyataan pahit tersebut.

Dalam pemungutan suara putaran ketiga, Kim Kook Heon (BOY) dan Lee Jin Woo (GHOST9) pun menjadi korbannya. Terakhir, di pemungutan suara keempat atau final, hasil perolehan suara milik Koo Jung Mo (CRAVITY), Lee Jin Hyuk (UP10TION), dan Keum Dong Hyun juga dimanipulasi oleh PD Ahn Joon Young.

Pengadilan memutuskan untuk tidak akan mengungkap daftar kontestan yang mendapat keuntungan dari manipulasi suara tersebut. Hal ini karena para kontestan pun tidak mengetahui tentang manipulasi yang terjadi.

14. Sederet idola KPop yang dinyatakan positif COVID-19

kpopping.com

Tentunya ada banyak risiko yang harus diterima, ketika masih harus terus bekerja dan bertemu orang banyak di tengah-tengah pandemi ini. Salah satu risiko yang tidak bisa dihindari adalah tertular COVID-19 dari orang yang mungkin sebelumnya juga sudah terjangkit.

Sederet nama idola KPop pun turut menjadi korban COVID-19 ini. Beberapa diantaranya adalah Yoon Hak SUPERNOVA, Bitto dan Kogyeol UP10TION, Yiren dan Sihyeon EVERGLOW, Chungha, serta yang paling terbaru adalah Xiao UP10TION.

Mereka pun langsung mendapatkan perawatan dan orang-orang yang pernah melakukan kontak atau berada di satu acara yang sama dengan mereka langsung melakukan sejumlah rangkaian tes dan karantina mandiri. Semuanya dilakukan dengan cepat dan tanggap, agar penyebaran virus tidak semakin meluas.

Baca Juga: 10 Lagu KPop Terbaik di Tahun 2020 Menurut Majalah TIME

Verified Writer

Ines Melia

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya