TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mau Punya Album Rekaman Sendiri? Simak 5 Tips di Bawah Ini!

Anak band mana suaranya?

IDN Times/Levi’s

Gak sedikit orang yang sangat tertarik dengan musik. Mulai dari menyanyi, memainkan alat musik, sampai memproduksi musik sendiri bisa kita lakukan. Sebagai anak band, kalian pasti punya keinginan untuk berkarya lebih lagi, ‘kan? Misalnya, meraih kesempatan untuk manggung di mancanegara, punya lagu hits yang menduduki posisi teratas, melahirkan album rekaman sendiri.

Nah, untuk membuat album rekaman gak bisa sembarangan loh karena memerlukan proses yang panjang untuk mewujudkannya. Buat kamu seorang musisi yang bermimpi bisa punya album,  nih berikut ini lima tips yang kamu harus ketahui. Simak yuk, guys!

1. Miliki materi lagu yang matang

IDN Times/Levi’s

Sebelum kamu melakukan album rekaman, kamu harus mempersiapkan banyak hal. Terutama materi lagu yang akan kamu produksi. Persiapkan dan pastikan lagumu sudah semenarik mungkin, yang kemudian hari akan disukai banyak orang. Buatlah lirik yang bermakna sehingga banyak orang dapat merasakan arti dari lirik yang kamu buat. Jangan lupa buat aransemen yang keren dan beda dari yang lain.

2. Sosialisasikan lagumu lewat format digital

IDN Times/Levi’s

Jika merasa biaya produksi album rekaman fisikmu mahal, beralih lah dengan menyebarkannya lewat format digital saja. Di era yang sudah modern ini, perkembangan teknologi di dunia musik sudah sangat maju dan praktis, sehingga memungkinkan para musisi menjual dan mempopulerkan karya mereka dengan cara music streaming seperti iTunes atau Spotify. Selain meminimalisir pengeluaran, terkadang penjualan secara digital juga lebih baik.

3. Gunakan strategi pemasaran yang tepat

IDN Times/Levi’s

Banyak cara untuk memasarkan lagumu. Mulai dari menayangkannya di YouTube channel, membuat press release untuk media, video clip hingga mendaftarkannya ke aplikasi musik favorit yang banyak digunakan publik pada umumnya. Intinya, buka seluas-luasnya channel sosial media yang dapat kamu gunakan untuk membuat lagumu dikenal dan disukai banyak orang.

4. Mengikuti kompetisi musik

IDN Times/Levi’s

Selain mencari kesempatan untuk lebih dikenal, dengan mengikuti kompetisi musik kamu juga dapat melatih mentalmu untuk berani tampil di atas panggung. Selain bisa menampilkan hasil karya band kamu, mengikuti kompetisi musik juga bisa caramu mendapatkan pengetahuan baru dari para band lain dan juri-juri yang hadir.

Nah, kabar baik buat kalian yang mau ikut kompetisi musik nih. Levi’s® Band Hunt balik lagi di 2018! Ajak temen-temen band kamu buat ikutan Levi’s® Band Hunt 2018. Tampilin lagu orisinal band kamu dengan genre apapun, dan upload ke website Levi’s® Band Hunt.

Kamu bisa mendapatkan kesempatan mentoring dari Maliq & D’Essentials, Pee Wee Gaskins dan Kelompok Penerbang Roket serta hadiah utama berupa exclusive record deal dengan Universal Music Indonesia, uang tunai dan beragam produk keren dari Levi’s®. Ayo daftar sekarang, pendaftaran hanya sampai 9 September 2018 lho.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya