TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kisah di Balik Serial The Midnight Club, Pecahkan Rekor!

Serial dengan jump scares terbanyak, nih

cuplikan serial The Midnight Club (dok. Netflix/The Midnight Club)

Serial Netflix berjudul The Midnight Club sukses mencuri atensi penggemar sejak penayangan perdananya pada 7 Oktober 2022. Bagaimana tidak, serial garapan Mike Flanagan ini berhasil memecahkan Guinness World Record untuk serial dengan jumlah jump scare terbanyak.

The Midnight Club merupakan serial garapan Mike Flanagan bersama Leah Fong yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Christopher Pike. Serial ini berkisah tentang remaja dengan penyakit mematikan yang dirawat di Brightcliffe Hospice. Setiap malam, mereka berkumpul untuk berbagi kisah horor dan mencari tanda-tanda kehidupan setelah kematian.

Masih menduduki peringkat sepuluh besar serial Netflix terpopuler di pertengahan Oktober, berikut lima kisah di balik serial The Midnight Club. Seram banget!

1. Adaptasi The Midnight Club telah direncanakan sejak tahun 90-an

cuplikan serial The Midnight Club (dok. Netflix/The Midnight Club)

Novel The Midnight Club karya Christoper Pike pertama kali diterbitkan pada 1994. Saat itu, Mike Flanagan yang masih menjadi mahasiswa tahun ketiga berambisi untuk mengadaptasi novel ini menjadi film perdananya.

Flanagan pun kemudian mulai menulis skenario, menyusun rencana bisnis, hingga membujuk keluarga dan temannya untuk menginvestasikan uang mereka pada proyek beranggaran rendahnya ini. Sayangnya, ketika mengirim proposal ke pihak penerbit, idenya ini ditolak. Adaptasi novel ini akhirnya terealisasi hampir tiga dekade kemudian dengan rilisnya The Midnight Club (2022) sebagai serial orisinal Netflix.

2. Karakter utama terinspirasi dari kisah nyata

cuplikan serial The Midnight Club (dok. Netflix/The Midnight Club)

Ilonka (Iman Benson), karakter utama di serial The Midnight Club, ternyata terinspirasi dari kisah nyata. Tokoh ini didasarkan pada seorang gadis nyata yang Christoper Pike kenal di awal 90-an. Gadis itu merupakan penggemar yang selalu membaca karya-karya Pike.

Harapan terakhir gadis itu adalah dapat bertemu Pike. Ketika mereka bertemu, Pike mendapat kisah bahwa gadis itu bersama teman-temannya berkumpul pada malam hari untuk berdiskusi tentang buku yang mereka baca.

Kisah inilah yang menginspirasi Pike untuk menulis novel The Midnight Club. Sayangnya, gadis tersebut mengembuskan napas terakhirnya sebelum sempat membaca novel The Midnight Club.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Serial Spesial Halloween 2022, Ada The Midnight Club!

3. Kisahnya banyak diambil dari novel Christoper Pike yang lain

cuplikan serial The Midnight Club (dok. Netflix/The Midnight Club)

Setiap episode dari The Midnight Club diberi judul dari kisah yang diceritakan para tokohnya di pertemuan tengah malam. Rupanya, berbagai kisah tersebut diambil dari deretan novel lain karya Christoper Pike. Misalnya, novel Witch (1990) yang berkisah tentang gadis berkemampuan mistis yang bisa melihat masa depan.

Ada juga The Wicked Heart (1993) yang mengikuti jejak seorang siswa pembunuh berantai menggunakan palu sebagai senjata untuk membunuh. Beberapa novel Pike yang kisahnya tampil di serial ini adalah Gimme a Kiss (1988) dan Road to Nowhere (1993).

4. Ruth Codd diaudisi oleh pihak produksi berkat akun TikTok-nya

cuplikan serial The Midnight Club (dok. Netflix/The Midnight Club)

The Midnight Club menandai debut akting bagi aktris pendatang baru Ruth Codd. Meski tidak pernah belajar akting, ia sukses memerankan karakter Anya di serial ini. Rupanya ada kisah menarik di balik bagaimana ia mendapat peran di serial garapan kreator Midnight Mass ini.

Usai diberhentikan dari pekerjaannya di salon rambut karena pandemik COVID-19, Codd rutin mengunggah konten tentang make-up di TikTok. Akunnya tersebut mendapat popularitas dengan meraih pengikut hingga ratusan ribu.

Dari konten TikTok-nya inilah Codd berhasil diaudisi oleh pihak produksi serial The Midnight Club. Setelah tampil di The Midnight Club, Ruth Codd juga telah dikonfirmasi untuk berperan di upcoming serial garapan Mike Flanagan berjudul The Fall of the House of Usher.

Baca Juga: 8 Serial Horor Netflix Adaptasi Novel, Terbaru The Midnight Club

Verified Writer

Nimas Bella

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya