TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Bruce Lee, dari Guru Tari hingga Seni Bela Diri

Ia dijuluki ‘Lee si naga kecil’ 

unsplash.com/Fervent Jan

Siapa yang tak kenal aktor bela diri kenamaan asal Hongkong, Bruce Lee? Kiprahnya di dunia pertelevisian membesarkan namanya hingga kini. Sekalipun riwayat hidupnya sangat singkat yakni 32 tahun, tetapi keseriusannya dalam dunia bela diri khusunya kung fu telah membesarkan namanya.

Sederet film telah ia bintangi sepanjang tahun 1981 hingga 1966. Ia meninggal dunia di usia 32 tahun setelah sebelumnya mengalami koma. Berikut ini beberapa fakta menarik lainnya seputar aktor legendaris Bruce Lee. Yuk intip apa saja faktanya!

1. Mulai dari guru tari hingga pelayan dijalaninya sebagai profesi 

Siapa sangka seorang Bruce Lee dulunya sempat menjadi seorang pelayan restauran dan loper koran. Ia melakukan pekerjaan tersebut sambil berlatih kung fu saat berada di Seattle. Lee juga sempat menjadi seorang guru tari cha-cha exquite. Jauh sebelum mengenal kung fu ia terlebih dahulu mahir melatih koreografi di lantai dansa. Ia menekuni tarian tersebut sejak berusia 14 tahun dan pada tahun 1958 ia memenangkan Crown Colony Cha-Cha Championship.

2. Film pertama dibintanginya saat masih berusia 10 tahun bersama sang ayah

Debut film pertamanya terjadi saat ia berusia 10 tahun dengan judul film “The Kid”. Ia memerankan tokoh Kid Cheung yang merupakan seorang anak yatim yang suka berbuat onar. Sementara ayahnya juga bermain di film yang sama sebagai seorang pemilik pabrik yang ramah. Lee Hoi-chuen adalah ayahnya yang pada saat itu berprofesi sebagai penyanyi opera terkenal. Film itu meraup kesuksesan besar di China dan menjadi lonjakan karier bagi Bruce Lee.

Baca Juga: 10 Foto Kenangan Mendiang Bruce Lee dan Anak, Ayah Idaman!

3. Lee adalah mahasiswa yang sangat rajin belajar dan membaca 

brucelee.com

Lee merupakan seorang mahasiswa jurusan filsafat di Universitas Washington. Semasa kuliah ia dikenal sebagai mahasiswa yang sangat rajin belajar dan membaca. Segala jenis buku ia baca dengan berbagai bidang keilmuan seperti filsafat, agama, spiritualisme, bisnis dan banyak lainnya. Lee adalah seseorang dengan pemikiran filosofis yang banyak mengoleksi buku yang ditempatkan di Bruce Lee Archive. Ia juga banyak membuat tulisan tentang kung fu dari pandangan filosofis.

4. Banyak bintang Hollywood yang dilatih oleh Bruce Lee 

brucelee.com/Bruce-lee

Pemilik nama lengkap Bruce Jun Fan Lee ini telah banyak melatih aktor kenamaan Hollywood. Sederet nama terkenal telah berlatih seni bela diri dari seorang Bruce Lee. Seperti aktor Steve McQueen, Roman Polanski, James Garner, James Coburn dan lainnya. Lee menetapkan tarif yang cukup tinggi yakni 275 dolar AS per jamnya atau 1000 dolar AS untuk 10 kursus. Hingga sebelum kematiannya, mereka berteman dekat selama bertahun-tahun.

5. Demi tampil sempurna, ia menjalani prosedur pengangkatan kelenjar keringat 

bbc.com

Jika saat di layar televisi Lee terlihat sempurna tanpa keringat yang basah kuyup, itu karena ia tidak memiliki kelenjar keringat. Lee sangat menginginkan kesempurnaan sehingga tidak ingin ada noda sedikit pun di bajunya. Sehingga ia mengambil jalan ekstrem yakni dengan mengangkat kelenjar keringat di ketiaknya. Prosedur pembedahan ini ia lakukan di tahun 1973.

Baca Juga: 13 Foto Terakhir Brandon, Putra Bruce Lee yang Terbunuh Saat Syuting

Verified Writer

It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya