TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Potret Yayu Unru, Aktor Senior Pemenang Piala Citra Asal Makassar

Ia juga dosen teater di IKJ, lho! #LokalIDN

Instagram.com/yayuunru

Yayu Unru merupakan salah satu aktor senior yang masih eksis hingga kini. Aktor kelahiran 1962 ini telah membintangi sejumlah film populer yang langganan masuk nominasi penghargaan bergengsi, termasuk Festival Film Indonesia.

Berasal dari Makassar, Yayu membuktikan dedikasinya yang luar biasa dalam bidang seni. Nah, buat kamu yang mungkin belum kenal lebih jauh dengan Yayu, yuk kepoin potret dan faktanya berikut ini! 

1. Memiliki nama asli Andi Wahyudin Unru, Yayu Unru lahir di Makassar, 4 Juni 1962

Instagram.com/yayuunru

2. Murid almarhum Didi Petet ini adalah aktor, pemain pantomim, dan sekaligus dosen Prodi Seni Teater & Aktor di Institut Kesenian Jakarta, lho!

Instagram.com/yayuunru

3. Ia aktif sebagai sutradara di kelompok pertunjukan Sena Didi Mime dan menjadi coach acting terpercaya bagi sejumlah aktor kawakan

Instagram.com/yayuunru

4. Sebagai aktor, Yayu telah membintangi lebih dari 20 film sepanjang kariernya. Ia diketahui debut dalam film Demam Tari (1985)

Instagram.com/yayuunru

Baca Juga: Ada Adipati, 10 Aktor Indonesia Ini Sukses Berperan sebagai Dokter

5. Jermal (2010), Tabula Rasa (2015), Posesif (2017), dan Night Bus (2018) adalah empat film yang mengantarkannya meraih banyak penghargaan

Instagram.com/yayuunru

6. Pria berusia 58 tahun ini diganjar dua kali Piala Citra FFI untuk kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik berkat perannya dalam film Tabula Rasa dan Posesif. Aktingnya emang jempolan deh!

Instagram.com/yayuunru

7. Bikin gereget, peran Yayu sebagai Arifin, antagonis utama di serial kriminal Brata musim 1 & 2 (2018-2020) pun berhasil mencuri perhatian. Wajib banget kamu tonton!

Instagram.com/yayuunru

8. Buat yang belum tahu, seniman serba bisa ini adalah ayah dari Fatih Unru, komika dan aktor remaja pemeran serial Loncat Kelas (2020)

Instagram.com/yayuunru

Baca Juga: Sukses di Usia Muda, 9 Aktor Keren Indonesia Ini Ternyata Anak Bungsu

Verified Writer

Mbak Endut

Fans-nya UN1TY

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya