TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Lagu Karya Pongki Barata yang Dipopulerkan Penyanyi Lain

Lagu mana yang kalian suka?

potret Pongki Barata (instagram.com/pongki_barata)

Siapa yang tidak mengenal Pongki Barata? Jika kalian dulunya adalah penikmat karya dari band Jikustik, pasti tahu dengan yang namanya Pongki Barata.

Pongki Barata adalah penyanyi dan pencipta lagu yang dulunya tergabung dalam grup band Jikustik. Lagu-lagu hits grup band asal Yogyakarta ini adalah buah kreativitasnya.

Namun pada tahun 2009, alumni Universitas Sanata Dharma ini hengkang dari grup band yang didirikan pada tahun 1996 tersebut. Setelah hengkang dari Jikustik, karier Pongki di industri musik pun berlanjut dengan bergabung dengan grup band The Dance Company bersama Baim, Aryo Wahab, dan Nugie.

Selain menjadi anggota The Dance Company, Pongki juga berkarier sebagai penyanyi solo dan pencipta lagu. Lagu-lagu karyanya pun tidak hanya dibawakan oleh Jikustik ataupun The Dance Company, tapi juga dibawakan oleh penyanyi-penyanyi lain. Apa saja lagu-lagu tersebut?

1. Siti Nurhaliza - Seindah Biasa

Lagu "Seindah Biasa" ini dipopulerkan oleh penyanyi asal Malaysia, Siti Nurhaliza. lagu tersebut terdapat dalam album Prasasti Seni yang dirilis pada tahun 2004.

Lagu "Seindah Biasa" pun tidak hanya populer di Malaysia, tapi juga di Indonesia. Dalam album ini, penyanyi kelahiran Pahang tersebut embali menyanyikan lagu yang diciptakan oleh musisi Indonesia. Setelah sebelumnya menyanyikan lagu "Bukan Cinta Biasa" yang diciptakan oleh Dewiq dan dirilis pada tahun 2003 dalam album E.M.A.S.

Baca Juga: 10 Lagu Ciptaan Jebolan Indonesian Idol, Ada 'Melawan Restu'!

2. Iwan Fals - Aku Bukan Pilihan

Jika pada tahun 1980-an populer dengan karya-karyanya yang bertemakan sosial maupun politik, di era 2000-an pun Iwan Fals mulai populer dengan karya romansanya.

Tidak hanya memopulerkan karyanya sendiri, tapi juga karya dari musisi lain, seperti lagu yang satu ini. Pada awalnya, lagu "Aku Bukan Pilihan" ini dipopulerkan oleh Edwin Manansang.

Namun pada akhirnya, lagu ini pun dipopulerkan oleh Iwan Fals dan dirilis pada tahun 2003 dalam album In Collaboration With. Dalam album tersebut, penyanyi yang dulunya sering mengkritik pemerintahan Orde Baru ini tidak hanya bekerjasama dengan Pongki Barata.

Ia diketahui juga bekerjasama dengan musisi lain, seperti Eross Candra (Sheila on 7), Azis M.S (Jamrud), Piyu (Padi Reborn), Ahmad Dhani (Dewa 19), Tohpati, Harry Roesli, dan Kikan (eks Cokelat).

3. Chrisye - Seperti Yang Kau Minta

Chrisye bisa dibilang adalah seorang penyanyi yang selalu terbuka untuk menyanyikan lagu karya orang lain. Lagu-lagu karya Adjie Soetama, Tito Soemarsono, dan Guruh Soekarnoputra pun pernah ia populerkan pada kisaran dasawarsa 1980-an.

Pada tahun 1990-an, penyanyi bernama lengkap Chrismansyah Rahadi ini masih aktif di industri musik Indonesia dengan merilis lagu "Ketika Tangan dan Kaki Berkata" yang liriknya ditulis oleh sastrawan Taufiq Ismail.

Selang beberapa tahun setelah lagu fenomenal tersebut, Chrisye merilis lagu "Seperti Yang Kau Minta" ciptaan Pongki Barata. Lagu ini pun begitu populer dan dijadikan sebagai soundtrack sinetron Disaksikan Bulan.

4. Anang Hermansyah - Aku Lelakimu

Lagu "Aku Lelakimu" ini dirilis pada tahun 2003 dalam album Mata Cinta. Mata Cinta merupakan album solo Anang Hermansyah, setelah sebelumnya merilis album duet bersama Krisdayanti berjudul Menuju Terang.

Lagu yang diciptakan oleh Pongki Barata ini pun menjadi lagu utama dalam album ini dan langsung melejit di pasaran. Virzha, penyanyi jebolan Indonesian Idol tahun 2014 pun menyanyikan kembali lagu ini dalam album pertamanya, Satu, yang dirilis pada tahun 2015.

Baca Juga: 9 Lagu Ciptaan Jae DAY6 yang Bikin Baper, Berkesan Semua! 

Verified Writer

Nurrahman Fadholi

Mahasiswa, pengajar, dan penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya