TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Film dengan Penghargaan Terbanyak di Sundance Film Festival

CODA memenangkan penghargaan terbanyak di Sundance 2021

Sundance Film Festival (dok. Sundance institute)

Salah satu festival film beregengsi di dunia, Sundance Film Festival akan segera hadir pertama kalinya di Asia. Sundance akan diselenggarakan di Jakarta, Indonesia pada 23 hingga 26 September 2021 mendatang. 

Pada Sundance Film Festival 2021, beberapa film menang penghargaan. Ada sejumlah film yang berhasil memenangkan lebih dari satu kategori penghargaan. Berikut adalah film yang paling banyak raih penghargaan di Sundance Film Festival 2021. 

1. CODA

CODA (dok. Apple TV+)

Tahun ini, film CODA berhasil memenangkan penghargaan terbanyak di Sundance Film Festival 2021. CODA berhasil merail empat penghargaan, di antaranya Grand Jury Prize, Directing Award, Audience Award, dan Special Jury Award for Best Ensamble Cast. 

Film yang disutradarai oleh Sian Heder ini berkisah tentang seorang siswi SMA yang mencari jati dirinya dan membuatnya harus berpisah dengan keluarganya. Film yang bergenre drama komedi ini telah dibeli Apple sebesar US$25 juta atau setara Rp356 miliar. 

Baca Juga: 6 Film Indonesia di Sundance Film Festival, Membanggakan!

2. Summer of Soul (…Or, When the Revolution Could Not Be Televised)

Summer of Soul (…Or, When the Revolution Could Not Be Televised) (dok. Hulu)

Film Summer of Soul (…Or, When the Revolution Could Not Be Televised) berhasil memenangkan dua penghargaan, yakni U.S Documentary: Documentary Audience Prize dan Grand Jury Prize. Film besutan sutradara Questlove ini merupakan film dokumenter Festival Budaya Harlem pada 1969.

Festival budaya tersebut merayakan musik dan budaya Afrika-Amerika yang ingin membangkitkan kembali kekuatan rakyat Afrika-Amerika. Questlove memberikan perspektif historis dengan memperlihatkan sebuah acara yang kurang dihargai. Namun, acara tersebut dapat mengembalikan budaya kulit hitam yang terlupakan. 

3. Hive

Hive (dok. Ikone Studio)

Film dokumenter karya Blerta Basholli ini memenangkan tiga penghargaan, yakni World Cinema Dramatic Competition: Directing Awards dan Audience Awards, dan Grand Jury Prize. Film ini merupakan debut Blerta Basholli sebagai sutradara sekaligus penulis.

Film ini diangkat dari kisah nyata yang bercerita mengenai seorang perempuan yang kehilangan suaminya. Semua pria di desa yang ia tempati dibunuh dan hilang pada saat perang di Kosovo. 

Baca Juga: 5 Fakta Unik Sundance Film Festival yang Jarang Diketahui

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya