TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film Biografi Terbaik Nicole Kidman, Banyak yang Masuk Oscar!

Tiga di antaranya berhasil masuk nominasi Oscar

Nicole Kidman dalam film Being the Ricardos (dok. Amazon Studios/Being the Ricardos)

Pada 8 Februari lalu, nominasi Oscar 2022 telah resmi diumumkan. Salah satu aktris senior Hollywood, Nicole Kidman kembali dinominasikan sebagai Aktris Terbaik. Nominasi ini berhasil diperoleh berkat aktingnya sebagai Lucille Ball dalam Being the Ricardos (2021).

Bergabung dalam proyek film biografi yang diadaptasi dari kehidupan nyata sudah sering dilakukan oleh aktris satu ini. Terhitung lebih dari 10 karakter nyata yang telah ia perankan sepanjang kariernya di dunia akting.

Baca Juga: 7 Artis Hollywood yang Berhasil Perankan Bintang Porno di Film 

1. Being the Ricardos (2021)

Tayang Desember 2021, Being the Ricardos mendapat rating sebesar 68 persen di Rotten Tomatoes. Film ini mengangkat kisah kehidupan aktris sekaligus komedian Lucille Ball dan suaminya, Desi Arnaz, saat membintangi sitkom I Love Lucy, acara TV Amerika yang populer pada 1950-an.

Meskipun kabar tentang proyek film ini telah terdengar sejak 2015, proses syutingnya baru dimulai pada Maret tahun lalu. Nicole Kidman dan Javier Bardem dipercaya memerankan sang tokoh utama, Lucille Ball dan Desi Arnaz. Selain itu, J.K. Simmons dan Nina Arianda juga bergabung dalam proyek film ini.

Disutradarai oleh Aaron Sorkin, Being the Ricardos berhasil membawa para pemainnya masuk nominasi di berbagai acara penghargaan. Sejauh ini, Nicole Kidman sendiri telah mengoleksi trofi Aktris Terbaik dari Australian Academy of Cinema and Television Arts (AACTA) Awards 2022 dan Golden Globe Awards 2022 berkat perannya sebagai Lucille Ball. Selain itu, ia juga dinominasikan sebagai Aktris Terbaik untuk acara Oscar 2022.

2. Bombshell (2019)

Pada pertengahan 2016, media Amerika Serikat sempat dibuat heboh dengan kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh Roger Ailes, CEO Fox News, saat itu. Kasus ini pertama kali terungkap karena laporan Gretchen Carlson, mantan Co-Host acara Fox & Friends.

Berkat laporan ini, diketahui ada sekitar 20 wanita yang juga mengaku pernah mengalami pelecehan oleh bosnya tersebut selama mereka bekerja di Fox News. Kasus ini kemudian diangkat ke layar lebar melalui film Bombshell  yang disutradarai Jay Roach dan naskahnya ditulis oleh Charles Randolph.

Nicole Kidman dipilih sebagai salah satu tokoh utama dalam film ini. Ia berperan sebagai Gretchen Carlson, jurnalis yang bekerja selama 10 tahun di Fox News sebelum akhirnya menuntut mantan bosnya, Roger Ailes.

Film Bombshell pertama kali ditayangkan pada akhir 2019. Film ini mendapat rating sebesar 68 persen di Rotten Tomatoes.

Baca Juga: 10 Fakta Nicole Kidman, Aktris Terbaik Golden Globe Awards 2022

3. Boy Erased (2018)

Boy Erased diangkat dari kisah kehidupan Garrad Conley, seorang penulis Amerika Serikat sekaligus aktivis LGBTQ. Film ini berfokus menceritakan pengalamannya mengikuti terapi konversi saat berusia 19 tahun.

Selain mencapai rating yang bagus di situs Rotten Tomatoes, yakni sebesar 80 persen, film Boy Erased juga banyak dinominasikan di berbagai acara penghargaan. Joel Edgerton selaku sutradara dan penulis naskah berhasil membawa pulang trofi Best Adapted Screenplay dari penghargaan AACTA 2018.

Nicole Kidman sendiri meraih dua trofi Aktris Pendukung Terbaik dari acara AACTA 2018 berkat perannya sebagai Nancy Eamons, ibu Garrad yang dalam filmnya diceritakan menemani sang anak saat menjalani terapi. 

4. Lion (2016)

Lion mengangkat cerita kehidupan Saroo Brierley, pemuda India yang terpisah dari keluarganya sejak berusia lima tahun. Ia kemudian menjalani kehidupan bersama keluarga angkatnya di Australia selama 20 tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk mencari keluarganya di India.

Film ini tayang pada paruh keempat pada 2016 dan mendapat rating sebesar 84 persen dengan 267 reviews di situs Rotten Tomatoes. Respons positif yang diperoleh juga berhasil membawa film ini menempati posisi ke-5 dalam daftar film Australia.

Tak hanya itu saja, Lion juga banyak masuk nominasi acara penghargaan. Pada acara AACTA 2018, film ini memenangkan 14 dari 17 kategori yang masuk nominasi. Film ini juga masuk 6 nominasi di Oscar 2017. 

Nicole Kidman yang juga bergabung dengan proyek film ini berhasil meraih empat trofi Aktris Pendukung Terbaik lewat aktingnya sebagai Sue Brierley, ibu angkat yang mengadopsi Saroo saat kehilangan keluarganya.

Baca Juga: 10 Penampilan Aktor Saat Memerankan Tokoh Terkenal di Film Biografi

Verified Writer

Ria Agustiana P

This too, shall pass.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya