TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Masalah Relasi yang Dibahas di KDrama 'The World of the Married' 

Bukan cuma perselingkuhan, lho! 

Dok. JTBC

The World of the Married atau A World of Married Couple merupakan drama Korea yang paling banyak dibicarakan saat ini. Mengangkat tema mengenai perselingkuhan dan konflik rumah tangga, KDrama adaptasi serial Inggris ini memiliki cerita yang cukup realistis dan bikin emosi.

Sukses raih rating tinggi hingga lebih dari 20%, ternyata KDrama ini tak hanya membahas mengenai isu perselingkuhan. KDrama ini juga menyinggung berbagai isu dan masalah lain terkait relasi dengan orang lain, yang juga kerap muncul dalam keseharian. Contohnya, tujuh hal berikut ini.

1. Perselingkuhan dalam pernikahan 

Dok. JTBC

Sudah jelas topik satu ini menjadi yang paling diangkat di KDrama The World of the Married, terutama di episode-episode awalnya. Dokter Ji Sun Woo yang diperankan oleh Kim Hee Ae menjadi korban dari perselingkuhan suaminya, Lee Tae Oh (Park Hae Joon). 

Pernikahan yang ia jalani selama belasan tahun dan nampak baik-baik saja, ternyata menyimpan racun. Walaupun sang suami menggunakan dalih "tak ada yang salah dengan cinta", namun apa yang dilakukannya hanya alasan untuk membenarkan perselingkuhan yang jelas-jelas salah.

2. Perbedaan pendapat soal memiliki anak 

Dok. JTBC

Selain perselingkuhan, salah satu konflik lain dalam pernikahan yang disinggung di KDrama ini adalah tentang adanya perbedaan pendapat antara suami istri untuk memiliki anak. Konflik satu ini ada pada pasangan suami istri lainnya, yakni Go Ye Rim (Park Sun Young) dan Son Je Hyuk (Kim Young Min).

Di awal KDrama, mereka diperkenalkan sebagai pasangan harmonis walau tidak memiliki anak. Namun ternyata, ada pertentangan di antara mereka. Di satu sisi, Go Ye Rim ingin memiliki momongan. Sementara suaminya, Son Je Hyuk, menolak dan menentang hal tersebut.

Baca Juga: 6 Hal Dibenci dan 3 yang Disukai dari KDrama The World of the Married

3. Kekerasan dalam pacaran 

Dok. JTBC

Walaupun tema utama KDrama ini ada di pasangan suami istri yang berkonflik, The World of the Married juga memasukkan subkonflik lainnya yang terkait dengan masalah dalam relasi pacaran. Subkonflik yang dimaksud adalah topik mengenai kekerasan dalam pacaran (KDP).

Persoalan kekerasan dalam hubungan pacaran ini ditunjukkan oleh Min Hyun Seo (Shim Eun Woo) dan kekasihnya, Park In Gyu (Lee Hak Joo). Min Hyun Seo merupakan pasien Ji Sun Woo yang kerap dianiaya oleh sang pacar. Ji Sun Woo yang kemudian menolongnya untuk bisa keluar dari hubungan pacaran yang tidak sehat tersebut.

4. Obsesi pada pasangan atau mantan pasangan 

Dok. JTBC

Di episode 7, dua tahun setelah Ji Sun Woo bercerai, sang mantan suami beserta keluarga barunya hadir kembali ke Gosan. Selain karena kesuksesan yang berhasil diraih Lee Tae Oh, episode tersebut berhasil mengaduk emosi penonton karena tindakan mantan suami Ji Sun Woo itu.

Walau tidak dijelaskan secara gamblang, namun nampak jelas bahwa Lee Tae Oh belum bisa move on dari mantan istrinya. Ia bahkan mengatur lemari dan foto pernikahan sama seperti milik Ji Sun Woo bahkan 'menguntit' sang mantan istri. Tindakannya ini menunjukkan obsesi pada mantan pasangan yang tentu saja bukan sesuatu yang sehat.

5. Teman toksik yang bermuka dua 

Dok. JTBC

Menjelang akhir episode 1, ada adegan tak terlupakan dari KDrama ini, yakni ketika Ji Sun Woo menemukan bukti bahwa suaminya telah berselingkuh. Tak hanya itu, ia juga menemukan fakta bahwa orang-orang yang dianggapnya teman ternyata turut menutupi perselingkuhan sang suami.

Salah satunya adalah Seol Myung Sook yang diperankan Chae Gook Hee. Ia adalah rekan kerja Ji Sun Woo di rumah sakit. Meski nampak seperti teman baik yang bisa dipercaya, ternyata ia bermuka dua dan menyimpan niat terselubung untuk merebut posisi Ji Sun Woo sebagai direktur muda.

6. Anak bisa jadi korban dari konflik orangtuanya

Dok. JTBC

Selain konflik orang dewasa, KDrama ini juga memaparkan konflik batin yang dialami anak Ji Sun Woo-Lee Tae Oh yang bernama Lee Joon Young (Jeon Jin Seo). Melihat orangtuanya berkonflik, Lee Joon Young yang saat itu beranjak remaja mau tidak mau harus menjadi korban.

Sama-sama dicintai dan mencintai orangtuanya, Lee Joon Young diam-diam menyalahkan diri sendiri atas perceraian orangtuanya. Walaupun beberapa episode karakternya sempat bikin kesal, namun jika ditelaah lebih jauh hal itu terjadi karena ia adalah remaja yang sulit terbuka pada orangtuanya yang terus berkonflik.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton KDrama 'The World of the Married' 

Verified Writer

S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya