TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kritikus dan Penonton Berbeda Pendapat Soal 5 Film Animasi Ini!

Kritikus film dan khalayak kadang gak bisa bersatu

The Boss Baby: Family Business (dok. Universal Pictures/The Boss Baby: Family Business)

Penilaian sebuah film sangatlah subjektif, sama seperti menilai berbagai bentuk karya seni lainnya. Sebuah film mungkin terlihat menarik bagi seseorang, namun orang lain belum tentu menyukai film tersebut.

Jika dilihat dari subjektivitas tersebut, kritikus film seringkali memiliki pandangan berbeda dengan penonton pada umumnya dan mereka biasanya menilai dari aspek teknis yang ditampilkan suatu film.

Biasanya, terdapat perbedaan pendapat yang cukup masif antara kritikus dan penonton awam, apalagi jika berkaitan dengan film animasi. Kira-kira apa saja sih film animasi yang tidak disukai kritikus tapi justru disukai oleh penonton menurut Rotten Tomatoes? Telusuri lebih lanjut, yuk!

 
 
 
 
 
 

2. Jin Roh: The Wolf Brigade (1999)

adegan dalam film Jin-Roh: The Wolf Brigade (dok. Bandai Visual/Jin-Roh: The Wolf Brigade)

Jin-Roh: The Wolf Brigade adalah film anime dari Jepang yang berlatar kekacauan yang terjadi di Jepang pada tahun 1950an. Film ini bercerita tentang seorang polisi yang menyaksikan peristiwa bunuh diri dan beberapa waktu kemudian membentuk hubungan tidak biasa dengan saudara dari korban peristiwa tersebut.

Hyper, sebuah majalah video game dari Australia, menyebut film ini memiliki jalan cerita dan desain karakter yang bagus. Penonton memuji animasinya yang terlihat seperti digambar manual dengan tangan dan memberikan 78% Audience Score di Rotten Tomatoes. Namun, alur cerita yang lambat membuat film ini dikritik habis-habisan dan hanya mendapat 55% di Tomatometer Score.

 
 
 

3. Justice League: War (2014)

adegan dalam film Justice League: War (dok. Warner Bros. Animation/Justice League: War)

Justice League: War adalah salah satu film keluaran DC Comic yang bercerita tentang sekelompok pahlawan yang membentuk sebuah tim bernama Justice League untuk memerangi kejahatan. Film ini dibintangi oleh beberapa nama besar seperti Alan Tudyk, Michell Monaghan, dan Shemar Moore.

Film ini mendapatkan kritik berat dari kritikus karena gagal memenuhi standar yang telah dibentuk oleh film animasi DC sebelumnya. Menurut kritikus, plot yang disuguhkan film ini sangat membosankan dan mereka hanya memberikan 57% Tomatometer Score. Namun ternyata, penonton non-kritikus berkata lain, mereka menyukai film ini dan memberikan 79% Audience Score di Rotten Tomatoes.

 
 
 

Baca Juga: 15 Film Animasi Terbaik 2022, Didominasi Film Rilisan Netflix!

4. Bilal: A New Breed of Hero (2015)

adegan dalam film Bilal: A New Breed of Hero (dok. Vertical Entertainment/Bilal: A New Breed of Hero)

Bilal: A New Breed of Hero bercerita tentang Bilal ibn Rabah yang berusaha melawan perbudakan pada tahun 632 Masehi. Film ini dirilis pada tahun 2015 dan memenangkan Best Inspiring Movie dalam Cannes Film Festival 2016 dan Best Innovative Movie dalam BroadCast Pro Middle East Award 2016.

Dengan inspirasi dan motivasi yang diangkat oleh Bilal: A New Breed of Hero, penonton sangat menyukai film ini dan memberikan 85% Audience Score di Rotten Tomatoes. Namun lagi-lagi, kritikus berkata lain dan hanya memberikan 59% Tomatometer Score.

 
 
 

5. The Boss Baby: Family Business (2021)

adegan dalam film The Boss Baby: Family Business (dok. DreamWorks Animation/ The Boss Baby: Family Business)

The Boss Baby: Family Business adalah sekuel dari film pendahulunya yang berhasil mendulang kesuksesan pasca perilisannya. Dengan jajaran cast yang sama dengan film pertamanya, film ini bercerita tentang Templeton bersaudara yang beranjak dewasa dan hidup terpisah namun kembali dipertemukan karena kehadiran Boss Baby yang baru.

Menurut kritikus, film ini terlalu memaksakan diri untuk mereka ulang jalan cerita, dinamika karakter, dan humor film pertamanya. Hal tersebut menjadi kegagalan terbesar film ini dan kritikus hanya memberikan 49% Tomatometer Score. Di sisi lain, penonton memiliki pendapat berbeda dan memberikan 89% Audience Score di Rotten Tomatoes.

 
 
 

6. Spirit Untamed (2021)

adegan dalam film Spirit Untamed (dok. DreamWorks Animation/Spirit Untamed)

Spirit Untamed adalah film animasi bertema petualangan yang dibintangi oleh Mckenna Grace, Julianne Moore, dan Jake Gyllenhaal. Film ini bercerita tentang seorang gadis bernama Fortuna "Lucky" Prescott yang pindah ke kota kecil dan bertemu seekor kuda yang membawa perubahan besar ke hidupnya.

Menurut kritikus, film ini bisa dibilang bagus bagi penonton anak-anak tapi sebagai sekuel, film ini disebut biasa saja karena plot dan karakternya kurang dikembangkan dengan baik. Mereka hanya memberikan 49% Tomatometer Score. Berbanding terbalik dengan kritikus, menurut penonton umum film ini terbilang sukses dan mendapatkan 89% Audience Score di Rotten Tomatoes.

Dari film Robin Hood (1973) hingga Spirit Untamed (2021) menunjukan bahwa pendapat kritikus tidak selalu berbanding lurus dengan pendapat penonton. Namun, kedua pendapat tersebut bisa dijadikan sebagai pertimbangan ketika kamu ingin menonton sebuah film. Dari keenam film animasi yang sudah dibahas tadi, kamu sudah nonton yang mana saja nih?

 
 
 

Baca Juga: 5 Film Animasi Jepang Ceritanya Sedih Banget, Siapin Tisu

Verified Writer

Santo Hamada

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya