TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Film Klasik Dibintangi Willem Dafoe, Legend!

Dari drama hingga musikal

cuplikan film Light Sleeper (dok. Fine Line Features/Light Sleeper)

Willem Dafoe memulai debut perfilmannya pada film Heaven's Gate yang dirilis pada 1980. Sejak saat itu, wajah Dafoe mulai menghiasi film-film layar lebar yang tidak hanya meraup respon positif tapi juga mendapat anugerah dalam berbagai ajang penghargaan.

Dikenal sebagai sosok villain Green Goblin dalam series film Spider-Man, aktor Hollywood Willem Dafoe pernah membintangi sejumlah film klasik yang meningkatkan kualitasnya dalam berakting.

Terdiri dari berbagai genre berbeda, berikut 5 rekomendasi film klasik yang dibintangi oleh Willem Dafoe. Cocok jadi alternatif tontonanmu, nih!

 
 
 
 
 
 

2. Light Sleeper (1992)

cuplikan film Light Sleeper (dok. Fine Line Features/Light Sleeper)

Light Sleeper berkisah tentang John LeTour (Willem Dafoe) yang harus mengatasi rumitnya midlife crisis selagi berperan sebagai pengedar narkoba ulung. Hidupnya semakin rumit ketika LeTour dipertemukan dengan masa lalunya yang indah tapi menyakitkan.

Ketika rilis di layar lebar, film Light Sleeper kurang menarik minat penonton. Meski demikian, film ini menjadi salah satu favorit kritikus dan meraup rating 86 persen di Rotten Tomatoes. Akting Dafoe yang total adalah salah satu alasan Light Sleeper disukai kritikus. Selain itu, akting Dafoe di film ini juga berhasil membawanya ke berbagai peran drama yang jauh dari laga.

 
 
 

3. Mississipi Burning (1988)

cuplikan film Mississipi Burning (dok. Orion Pictures/Mississipi Burning)

Dafoe berperan sebagai detektif FBI dalam film Mississipi Burning. Dia harus menginvestigasi kasus menghilangnya tiga aktivis yang aktif menyuarakan hak-hak masyarakat sipil. Dalam investigasinya tersebut, Dafoe justru mengungkap fakta mengejutkan yang berkaitan dengan otoritas setempat.

Mississipi Burning adalah film yang diadaptasi dari kasus asli di Mississipi dan diarahkan oleh sutradara Alan Parker. Pasca perilisannya pada 1988, film ini berhasil masuk dalam tujuh nominasi Oscar termasuk Best Pictures dan memenangkan piala Best Cinematography.

 
 
 

Baca Juga: 9 Rekomendasi Film Klasik Underrated Menurut Christopher Nolan

4. Platoon (1986)

cuplikan film Platoon (dok. Orien Pictures/Platoon)

Platoon berkisah tentang seorang pemuda yang meninggalkan masa kuliahnya untuk ikut berperang di Vietnam pada 1967. Namun ketika sampai di medan perang, idealisme pemuda tersebut luntur dan berbalik bersimpati kepada penduduk asli Vietnam.

Platoon diarahkan oleh sutradara pemenang Oscar, Oliver Stone dan pertama kali rilis di bioskop pada Desember 1986. Film ini meraup respon positif dari berbagai kalangan dan berhasil memberi Dafoe nominasi Oscar pertamanya sebagai pemeran pendukung terbaik. 

 
 
 

5. Streets of Fire (1984)

cuplikan film Streets of Fire (dok. Universal Pictures/Streets of Fire)

Peran Dafoe sebagai antagonis utama dalam film Street of Fire berhasil membawanya ke berbagai peran villain pada film-film yang rilis di masa kini. Street of Fire sendiri berkisah tentang seorang tentara bayaran yang berupaya menyelamatkan kekasihnya yang diculik oleh geng motor. 

Street of Fire terbilang unik karena mengangkat gaya neo-noir dengan balutan musik rock yang menjadikannya film musikal. Selain itu film ini juga menggabungkan geng motor, anak punk, situasi post-apocalyptic, action, dan romance yang dikemas dengan porsi yang pas.

Willem Dafoe dikenal sebagai aktor legendaris yang kemampuan beraktingnya tidak bisa diremehkan. Terbukti dari keberhasilannya dalam memerankan karakter-karakter di berbagai film dengan genre berbeda. Dari The English Patient hingga Streets of Fire, kamu tertarik buat nonton rekomendasi film klasik dibintangi Willem Dafoe yang mana dulu, nih?

 
 
 

Baca Juga: 12 Film Romantis Klasik Cocok Ditonton Bareng Pasangan di Akhir Pekan 

Verified Writer

Santo Hamada

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya