TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Film yang Mengangkat Sisi Gelap Industri Film

Suguhkan fakta yang memprihatinkan

cuplikan film The Disaster Artist (dok. New Line Cinema/The Disaster Artist)

Kreator film tidak jarang membuat film yang menceritakan seluk-beluk industri perfilman. Film-film tersebut mengangkat berbagai hal mulai dari proses pembuatan suatu film, isu-isu yang menerpa industri hingga masa kejayaan studio film tertentu.

Dari deretan representasi yang diangkat, sisi gelap industri film adalah konsep yang paling jarang diadaptasi ke dalam film. Padahal sisi ini menunjukkan realita di balik layar yang sebagian besar traumatis bagi para aktor maupun kreator.

Aktor yang rela melakukan apapun demi suatu peran, aktor cilik yang rela traumanya diekspos, hingga para kreator yang kehilangan jati dirinya demi karya yang sempurna adalah segelintir contoh masalah yang meliputi industri film. Bagi kamu yang penasaran dengan representasi isu-isu perfilman, simak rekomendasi film yang mengangkat sisi gelap industri film berikut ini, yuk!

 
 
 
 
 
 

2. The Disaster Artist (2017)

cuplikan film The Disaster Artist (dok. New Line Cinema/The Disaster Artist

The Disaster Artist adalah film biopik komedi yang dibintangi dan diarahkan oleh James Franco. Film  ini tayang pertama kali di Toronto Internatinal Fillm Festival pada 2017 masuk nominasi Film Musikal atau Komedi Terbaik di Golden Globe Awards ke-75.

The Disaster Artist mengangkat kisah nyata di balik pembuatan The Room, film yang dijuluki sebagai film terburuk sepanjang masa. Diadaptasi dari buku berjudul sama karya Tom Bissell, film ini mengeksplorasi sisi terang dan sisi gelap industri film. Selain itu, film ini juga menginterpretasikan popularitas seorang bintang yang berbahaya layaknya pedang bermata dua.

 
 
 

3. Censor (2021)

cuplikan film Censor (dok. Silver Salt Films/Censor)

Berlatar tahun 1980-an, Censor mengisahkan seorang petugas sensor film yang sehari-harinya menonton berbagai konten video yang sangat vulgar. Hingga pada suatu video film horror, ia menyadari bahwa aktor yang berperan dalam film tersebut adalah saudaranya yang telah menghilang.

Melalui Censor, Prano Bailey-Bano selaku sutradara berusaha menunjukkan realita bahwa kejahatan fiktif yang digambarkan dalam film kerap melahirkan serta meningkatkan kasus kejahatan di dunia nyata. Selain itu, film ini juga menyuguhkan era dimana seni dan kebebasan berpikir dikriminalisasikan di Inggris.

 
 
 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Pemenang Jury Prize di Festival Film Cannes

4. Nope (2022)

cuplikan film Nope (dok. Universal Pictures/Nope)

Nope berkisah tentang sepasang saudara yang mengelola peternakan kuda untuk menyediakan kuda terlatih bagi industri film dan televisi. Mereka berusaha mencari bukti atas benda terbang tak dikenal yang mereka saksikan di Agua Dulce, California.

Nope mengeksplorasi sisi gelap industri film yang mengeksploitasi trauma seorang aktor sebagai nilai jual utama. Berdasarkan hal tersebut, film yang diarahkan oleh Jordan Peele ini dinobatkan sebagai Film Sains Fiksi Terbaik dalam pagelaran Saturn Awards 2022.

 
 
 

5. X (2022)

cuplikan film X (dok. A24/X)

X berlatar pada 1970-an dimana sekelompok kru film mendatangi sebuah peternakan di Texas untuk syuting. Namun sang pemilik peternakan yang menyewakan rumah bagi mereka tidak mengetahui bahwa film yang akan mereka produksi adalah film dewasa.

Film yang diarahkan oleh Ti West ini berkisah tentang obsesi, nafsu, penyesalan, dan tabu yang kerap menyertai sisi gelap industri film. West mengangkat konsep film dewasa sebagai cara untuk merepresentasikan eksploitasi dan kengerian industri film di waktu yang bersamaan.

Selain mengangkat eksploitasi, X dan deretan film di atas juga menunjukkan betapa menyakitkannya sisi gelap industri film bagi para kreator maupun aktor. Dari Why Don't You Play in Hell hingga X, film mana nih yang akan kamu tonton pertama kali?

 
 
 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Romantis India di Disney+ Hotstar, Bikin Baper!

Verified Writer

Santo Hamada

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya