TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

27 Lagu Religi Ungu yang Bisa Bikin Kamu Siap Sambut Ramadan

Lagu-lagu religi Ungu punya makna yang mendalam, lho!

EP Baik dan Burukmu, Tuhan yang Tahu - Ungu (dok. Trinity Optima Records)

Ramadan udah di depan mata. Biar kamu makin siap sambut bulan suci ini, ada baiknya dengerin sejumlah lagu-lagu religi. Selain nuansa musiknya yang syahdu dan sakral, lirik lagu religi juga memiliki makna yang dalam.

Salah satu band Indonesia yang paling aktif merilis lagu religi sendiri adalah Ungu. Terbaru mereka kembali merilis extended play berisi dua lagu bertema religi menjelang Ramadan 2024 ini, lho!

Cek yuk 27 rekomendasi lagu religi Ungu yang cocok kamu dengerin bareng keluarga atau saat imanmu lagi turun.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Film Bollywood Islam, Tontonan Wajib Buat Ramadan

Lagu religi Ungu bikin kamu menangis mengingat dosa

1. Baik dan Burukmu

Pada 1 Maret 2024, Ungu comeback dengan lagu religi terbaru mereka. Pasha dan kawan-kawan merilis lagu dan video klip "Baik dan Burukmu." Lagu ini berisi ajakan bagi manusia untuk mempersiapkan diri menghadapi akhir yang pasti menjemput.

2. Tuhan yang Tahu

Pada 8 Maret 2024, Ungu kembali merilis bagian kedua dari EP terbaru mereka. Lagu religi terbaru band ini berjudul "Tuhan yang Tahu." Jadi satu dengan "Baik dan Burukmu" lagu ini juga memiliki pesan serupa yang relevan untuk menyambut Ramadan 2024.

3. Syukur (Alhamdulillah)

Lagu ini berisi tentang ungkapan syukur dan terima kasih kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan. Walaupun kita sebagai manusia masih sering melanggar perintahNya, tapi Allah masih mau memberikan ampunan dan rahmat kepada hamba-hambaNya.

4. Dia Maha Sempurna

Lagu ini mengingatkan kita tentang betapa besarnya kuasa Allah SWT sehingga kita tidak akan pernah luput dari penjagaan dan pengawasanNya.

5. Doa untuk Ibu

Lagu ini berisi tentang ungkapan terima kasih dan sayang seorang anak kepada ibunya yang telah sabar merawat dan menyayangi si anak. Lagu “Doa” juga terselip doa si anak kepada Tuhan untuk selalu memberikan apa pun yang terbaik bagi ibunya.

Lagu religi Ungu selalu jadi hit andalan di bulan suci Ramadan pada masanya

6. Andai Ku Tahu

Lagu yang sempat trending pada tahun 2012 ini berisi tentang ketakutan seorang hamba akan waktu kematiannya. Lirik “Andai Ku Tahu” sukses menangkap rasa cemas dan ketidaksiapan seseorang untuk menghadapi kematiannya kelak akibat banyaknya dosa-dosa yang telah dia kerjakan selama ini.

7. Segala Puji Syukur

Diawali dengan doa-doa yang berisi pujian kepada Allah SWT, membuat lagu ini semakin bertambah sakral. Selain berisi ungkapan rasa syukur dan pujian kepadaNya, lagu “Segala Puji Syukur” juga mengingatkan kita untuk meningkatkan kualitas iman dan tawakkal kita kepada Allah SWT.

8. Selamat Lebaran

Lagu dengan nuansa ceria ini menceritakan tentang perjuangan di bulan Ramadan, mulai dari menahan rasa lapar dan haus hingga menahan nafsu. Dan setelah 30 hari berjuang, akhirnya terbayar manis dengan kemenangan di hari raya Idul Fitri.

9. Bismillah Cinta

Lagu yang dinyanyikan dengan Lesti Kejora tersebut menceritakan betapa bahagianya umat muslim menyambut bulan penuh rahmat, yaitu bulan Ramadan. Saking bahagianya, lagu “Bismillah Cinta” menggambarkan umat muslim rela menahan lapar dan haus di tengah teriknya panas matahari dan berusaha untuk mengekang hawa nafsu selama bulan Ramadan.

10. Sesungguhnya

Lagu “Sesungguhnya” yang sering dijadikan soundtrack sinetron-sinetron di layar kaca Indonesia, memiliki pesan yang sangat mendalam. Lagu ini berisi pesan tentang makna keikhlasan dalam beribadah yang sering dilupakan oleh manusia.

Baca Juga: Bulan Ramadhan, Ini 10 Rekomendasi Lagu Buat Nemenin Ngabuburitmu

Lagu religi Ungu mengajak kita untuk selalu mengingat Tuhan

11. Dengan NafasMu

Lagu yang sempat viral pada masanya ini, menceritakan tentang harapan seorang hamba agar diizinkan untuk sempat bertaubat sebelum ajal menjemput. Di pertengahan lirik, terselip pesan bahwa sebagai hamba kita harus menaati segala perintahNya dan menjauhi laranganNya.

12. Penghuni Surga SejatiMu

Lagu ini mengungkapkan doa seorang hamba agar diberikan petunjuk bagaimana cara menjadi hambaNya yang terbaik, demi mencapai surgaNya yang sejati.     

13. Surga Hati

Lagu “Surga Hati” menggambarkan perasaan seorang hamba saat menapakkan kakinya ke tanah suci, Mekkah. Dalam lagu tersebut, Ungu sukses melukiskan betapa bahagianya hamba yang berhasil bisa memandang rumah tuhannya.

14. Tuhanku

Diawali dengan salawat nabi, lagu “Tuhanku” berisi tentang pengakuan seorang hamba atas segala kebesaran Allah SWT. Dalam lirik lagu ini juga berisi penegasan bahwa seumur hidupnya dia akan menyembah Allah SWT.

15. Sembah Sujudku

Lagu ini menceritakan seorang hamba yang rela mempersembahkan sujud dan hidupnya kepada Allah SWT. Kerelaan tersebut timbul atas kesadaran bahwa tanpa Allah SWT, hidup kita tidak akan berarti.

Lagu religi Ungu yang penuh puja-puji untuk Tuhan

16. Para PencariMu

Lagu yang sempat menjadi soundtrack dari sinetron “Para Pencari Tuhan” ini menceritakan tentang proses pencarian seorang hamba untuk bisa menemukan Tuhannya, Allah SWT.

17. SurgaMu

Lirik lagu “SurgaMu” ini menceritakan tentang seorang hamba yang sadar bahwa semua yang ada di dunia ini adalah milik Allah SWT semata yang harusnya digunakan untuk mencapai surgaNya, bukan untuk bersenang-senang di dunia yang fana.

18. Maha Besar

Lagu ini berisi desripsi tentang kebesaran dan kekuasaan Tuhan. Dalam lirik “Maha Besar” juga terselip pesan bahwa eksistensi Tuhan tidak akan bisa digantikan oleh apa pun.

19. Jalan Panjangku

Lagu yang diciptakan oleh gitaris Ungu, Enda, menceritakan tentang esensi kehidupan. Dalam lirik “Jalan Panjangku” tersirat bahwa makna kehidupan bukan tentang apa yang kita punya saat ini, melainkan kehidupan merupakan sebuah jalan panjang untuk kembali ke Tuhan.

20. Shalawat

Sesuai dengan judulnya, lagu “Shalawat” berisikan tentang shalawat kepada junjungan seluruh umat muslim, Rasulullah SAW.

Baca Juga: 9 Artis Mualaf yang Rajin Mengikuti Kajian dan Mendalami Agama Islam

Lagu religi Ungu bangkitkan semangat beribadah

21. Hidup Hanya Sementara

Lagu “Hidup Hanya Sementara” mengingatkan kita bahwa kehidupan di dunia hanya sementara. Di pertengahan lirik lagu, juga terselip pesan untuk segera menyiapkan amal ibadah kita sebagai bekal di kehidupan akhirat nanti.

22. CahayaMu

Lagu ini mengingatkan kita tentang betapa besar kasih sayang dan rahmat Allah SWT kepada kita, para hambaNya. Dalam lirik “CahayaMu” digambarkan bahwa Allah SWT selalu ada setiap hamba-hambaNya sedang mengalami kesulitan dan menegaskan bahwa hidup kita tidak berarti tanpa kehadiran cahayaNya.

23. Doa yang Terlupakan

Lagu ini menceritakan tentang seorang hamba yang menyesal atas segala perbuatannya. Setelah hidup dengan melanggar perintahNya, hamba ini sadar bahwa Allah SWT hanyalah satu-satunya tempat untuk berpulang.

24. Hanya Kau

Lagu ini berisi tentang pujian kepada Allah SWT yang maha sempurna dan tiada yang bisa menandingi kuasaNya. Selain itu, dalam lagu “Hanya Kau” juga terselip ucapan terima kasih atas kempatan hidup yang telah diberikan kepada hamba-hambaNya.

25. 1000 Malam

Lagu “1000 Malam” menggambarkan bagaimana sakralnya malam Lailatul Qadr yang disebut-sebut sebagai satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Di pertengahan lirik lagu ini juga terselip pesan bahwa tujuan hidup manusia tidak lain adalah untuk senantiasa mendekatkan diri dan menaati perintahNya.

 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya