TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film Ini Wajib Kamu Tonton Kalau Tertarik Gaya Hidup Minimalis

#ANGPOIN Bisa kamu jadikan referensi gaya hidup minimalis

unsplash.com/Pim Chu

Sejak metode KonMari atau seni beres-beres yang dipopulerkan oleh Marie Kondo jadi booming, pola hidup minimalis jadi sorotan beberapa orang yang lelah dengan hidup berantakan.

Tak hanya seni tentang menata rumah, minimalis seakan menjadi gaya hidup yang mengajarkan pengikutnya untuk hanya berfokus pada hal esensial alias tidak banyak drama. Dan, apakah kamu sendiri tertarik dengan pola hidup ini?

Berikut adalah beberapa film bertema minimalis yang bisa kamu tonton sebagai bahan referensi.

1. Minimalism: A Documentary About the Important Things

Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus adalah duo minimalis terkenal. Sesuai dengan namanya, film dokumenter ini menceritakan tentang pola hidup minimalis yang penting untuk kamu ketahui, apa saja manfaatnya, dan bagaimana cara penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Semakin ditonton, akan bikin kamu makin tertarik dengan minimalis!

2. Living On One Dollar

Living On One Dollar berkisah tentang 4 anak muda Amerika yang tinggal di Guatemala dengan hanya menghabiskan uang $1 per hari selama 2 bulan. Sejak dirilis videonya di YouTube, Living On One Dollar menerima lebih dari 700.000 views hingga akhirnya seluruh dunia pun tahu tentang isu kelaparan yang terjadi di Guatemala.

Secara mengejutkan, Living On One Dollar pun memenangkan penghargaan film dokumenter terbaik di Sonoma International Film Festival.

Hal positif yang diajarkan dari film ini adalah agar kita tidak menghambur-hamburkan uang karena di belahan bumi lain masih banyak orang yang hidup dalam kemiskinan.

Baca Juga: 7 Daftar Film Hollywood yang Dibintangi Iko Uwais, Sudah Nonton?

3. True Cost

Apakah kamu pernah mendengar kata fast fashion? Istilah ini sendiri mengacu pada maraknya produksi baju secara masif tanpa memerhatikan SDM dan SDA yang digunakan. Semuanya dilakukan demi memenuhi gaya hidup konsumtif masyarakat yang dengan mudahnya membeli baju demi alasan tren. Isu tentang jam kerja buruh yang tidak manusiawi, lingkungan kerja yang penuh racun, dan upah minimum sangat disorot pada film ini.

Setelah menonton True Cost, dijamin kamu akan lebih mindful dengan baju yang kamu kenakan sekarang dan berpikir ulang untuk membeli baju atau item fashion baru lainnya.

4. Expedition Happiness

Pesan dari film dokumenter ini amatlah sederhana yaitu mengajarimu untuk saling berbagi dengan orang yang kamu cinta dan lakukan apapun yang kamu inginkan, tanpa terobsesi dengan kepemilikan material yang ada.

Tokoh dari film ini adalah pasangan yang terlihat memiliki hidup sempurna namun ternyata mereka tidak bahagia. Sehingga mereka pun kemudian memutuskan untuk meninggalkan kehidupan lamanya, berkelana dengan anjing mereka dengan seonggok bus sekolah tua yang sudah diperbaiki.

Apakah mereka menemukan kebahagiaan yang dicari? Lebih baik kamu tonton sendiri filmnya.

Baca Juga: Selain Godzilla, 7 Rekomendasi Film yang Disutradarai Roland Emmerich

Verified Writer

Bu Nanik

Pisang goreng hangat diangkat langsung dari penggorengan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya