TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Anggota Debut di Boy Group X1, Ini 6 Potret Perjalanan Karier Victon

#X1Giveaway Victon sudah berkarier selama hampir tiga tahun

Twitter.com/@VICTON1109

Boy group Victon adalah salah satu grup idola yang anggotanya turut berpartisipasi dalam acara Produce X 101. Setelah beraktivitas selama lebih dari dua tahun, dua orang anggota Victon ikut serta dalam acara survival terkenal tersebut dengan harapan dapat membuat lebih banyak orang tahu dan mendukung grup mereka. Yuk, cari tahu perjalanan karier dari grup idola berbakat yang satu ini.

1. Acara realitas dan debut

YouTube/VICTON 빅톤

Sebelum debut, Play M Entertainment (dulu bernama Plan A Entertainment) merilis sebuah acara realitas yang berjudul Me & 7 Men. Episode pertama dari acara tersebut tayang pada tanggal 30 Agustus tahun 2016 dan disiarkan oleh Mnet. Me & 7 Men menampilkan kegiatan para peserta pelatihan dalam menyiapkan debut mereka.

Pada tanggal 9 November di tahun yang sama, tujuh peserta pelatihan dari Play M Entertainment resmi debut sebagai anggota dari boy group Victon. Nama "Victon" sendiri merupakan akronim dari kalimat Voice to New World. Anggota dari boy group ini adalah Han Seung Woo (leader), Heo Chan, Do Han Se, Kang Seung Sik, Choi Byung Chan, Lim Se Jun, dan juga Jung Su Bin.

Album mini bertajuk Voice to New World menjadi album debut Victon. Album tersebut memiliki enam buah lagu dengan title track berjudul I'm Fine. Seluruh anggota Victon berpartisipasi sebagai penulis lirik untuk lagu berjudul What Time Is It Now? Sedangkan Do Han Se juga tercatat sebagai salah satu penulis lirik untuk lagu I'm Fine, Your Smile and You, dan The Chemistry. Leader Han Seung Woo juga berpartisipasi sebagai penulis lirik untuk lagu-lagu tersebut kecuali lagu Your Smile and You.

Album mini pertama Victon itu terjual lebih dari 14 ribu kopi dengan posisi puncak pada tangga lagu Gaon berada di peringkat ke-11.

2. Comeback pertama

Twitter.com/@VICTON1109

Victon melakukan comeback pertamanya pada tanggal 2 Maret tahun 2017 dengan merilis album mini bertajuk Ready. Album tersebut memiliki lima buah lagu dengan title track berjudul Eyez Eyez. Salah satu penyanyi rap dari Victon, yakni Do Han Se, dikreditkan sebagai salah satu penulis lirik untuk seluruh lagu dalam album Ready.

Sementara itu, Heo Chan dan Han Seung Woo juga ikut berpartisipasi dalam sebagai penulis lirik lagu. Heo Chan dikreditkan sebagai penulis lirik lagu In The Air, sedangkan Han Seung Woo menjadi salah satu penulis lirik untuk lagu This is Bad dan Sunrise.

Album Ready terjual lebih dari 27 ribu kopi dengan posisi puncak pada tangga lagu Gaon berada di peringkat ke-6. Pada hari yang sama dengan perilisan album ini, Victon juga mengumumkan nama untuk penggemar mereka. Victon menyebut penggemar mereka dengan nama Alice yang merupakan singkatan dari Always We Love The Voice. Selain itu, Victon juga mengumumkan warna resmi mereka, yakni Blue Atoll dan Blazing Yellow.

Baca Juga: Kenalan dengan 3 Member TeenTeen yang Jebolan Produce X 101!

3. Album mini ketiga

Twitter.com/@VICTON1109

Pada tanggal 23 Agustus tahun 2017, Victon merilis album mini ketiga mereka. Album tersebut bertajuk Identity dan memiliki lima buah lagu dengan title track berjudul Unbelievable. Han Seung Woo tercatat sebagai penulis lirik sekaligus komposer untuk lagu ini.

Selain itu, Do Han Se dikreditkan sebagai penulis lirik untuk empat lagu dalam album Identity. Album Identity terjual lebih dari 21 ribu kopi dengan posisi puncak tangga lagu Gaon berada di peringkat ke-6.

4. Album From. VICTON

Twitter.com/@VICTON1109

Album mini keempat Victon dirilis pada tanggal 9 November tahun 2017. Bertajuk From. Victon, album kali ini memiliki enam buah lagu termasuk versi akustik dari title track yang berjudul Remember Me. Do Han Se menjadi salah satu penulis lirik seluruh lagu dalam album tersebut.

Pada lagu berjudul Have a Good Night, seluruh anggota Victon ikut berpartisipasi dalam penulisan lirik. Han Seung Woo menjadi anggota lainnya yang dikreditkan sebagai penulis lirik untuk lebih dari satu lagu. Ia berpartisipasi dalam pembuatan lirik lagu Stay With Me dan juga Timeline.

Album From. Victon ini terjual lebih dari 13 ribu kopi dengan posisi puncak tangga lagu Gaon berada di peringkat ke-14.

5. Soundtrack Drama, Busking, dan Single Time of Sorrow

Twitter.com/@VICTON1109

Victon melakukan kegiatan busking mereka pada tanggal 25 Februari, 4, 10, dan 11 Maret. Aktivitas tersebut dilakukan di Sinchon, Starfield, Gangnam, serta Dongdaemun, dengan Victon membawakan lagu mereka sekaligus meng-cover lagu musisi lain.

Pada bulan April tahun 2018, Victon menjadi salah satu pengisi lagu tema untuk drama yang berjudul That Man Oh Soo. Boy group ini menyanyikan soundtrack berjudul Celebrate yang merupakan lagu tema keenam untuk drama tersebut dengan Do Han Se dikreditkan sebagai salah satu penulis lirik.

Kemudian pada tanggal 23 Mei di tahun yang sama, Victon merilis album single pertama mereka yang bertajuk Time of Sorrow. Versi album fisik dari single ini berisi sebuah lagu berjudul sama beserta instrumennya. Do Han Se adalah satu-satunya anggota Victon yang berpartisipasi dalam penulisan lirik untuk lagu ini.

Album Time of Sorrow terjual lebih dari 18 ribu kopi dengan posisi puncak tangga lagu Gaon berada di urutan kedua. 

Baca Juga: 10 Potret Han Seung Woo, Leader Boyband Victon yang Ikut Produce X 101

Verified Writer

Novia T

Menyukai aroma toko buku dan makanan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya