Comscore Tracker

5 Anime Polisi Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Apakah di dunia anime juga banyak oknum?

Menjadi seorang polisi bukan hanya soal menangkap para kriminal. Menjadi polisi berarti harus siap mempertaruhkan jiwa raga untuk melindungi masyarakat dan menegakkan keadilan. Belum lagi, polisi juga sering mendapatkan komentar negatif dari masyarakat.

Karena menjadi polisi bukanlah pekerjaan yang mudah, kisah mengenai polisi sering diangkat ke dalam berbagai bentuk karya, salah satunya adalah anime. Nah, kali ini penulis sudah merangkum lima anime tentang polisi terbaik yang wajib kamu tonton.

Penasaran apa saja animenya? Simak ulasan berikut, yuk!

1. Psycho-Pass

https://www.youtube.com/embed/YzuJnyebc40

Dalam dunia Psycho-Pass, Sistem Sybil membantu para polisi dalam menangkap para penjahat. Namun, Sistem Sybil juga terkadang malah menyulitkan para polisi karena rupanya Sistem Sybil adalah sistem yang cacat.

Sistem Sybil sendiri adalah sebuah teknologi yang dapat memprediksi niat jahat seseorang. Hal ini memungkinkan para penegak hukum untuk menangkap para penjahat, bahkan sebelum sebuah kejahatan terjadi. Meskipun terdengar seperti teknologi yang berguna, Sistem Sybil adalah pedang bermata dua. Di sisi lain, sistem ini juga sering menangkap, atau bahkan mengeksekusi, orang yang tidak bersalah.

2. Ghost in the Shell: Stand Alone Complex

https://www.youtube.com/embed/Gf6YFrV7zes

Anime ini berlatarkan di masa depan, dimana modifikasi tubuh seperti cyborg adalah hal yang umum. Meskipun hal ini menandakan kemajuan teknologi, tak sedikit orang yang menyalahgunakan teknologi ini. Maka dari itu, Pemerintah Jepang memutuskan untuk membentuk Section 9, sebuah satuan khusus yang menangani kejahatan yang berkaitan dengan teknologi tersebut.

Dipimpin oleh Daisuke Aramaki dan Motoko Kusanagi, semuanya tampak aman pada awalnya. Namun, situasi menjadi sulit ketika mereka harus berhadapan dengan peretas tingkat tinggi yang dijuluki sebagai The Laughing Man. Mau tak mau, Daisuke dan Motoko harus bekerja keras untuk menangkap peretas tersebut.

Baca Juga: 5 Pengkhianat di Anime yang Tidak Dibenci Penonton

3. Patlabor: The Mobile Police

https://www.youtube.com/embed/G2zsLRDbRmM

Di masa depan, robot canggih diciptakan untuk berbagai fungsi, seperti pengerjaan konstruksi, pemadam kebaran, militer, dan masih banyak lagi yang lainnya. Meskipun robot ini sangat membantu umat manusia, robot ini tetap dikendalikan oleh manusia. Maka dari itu, banyak orang yang menyalahgunakan robot ini untuk berbuat kejahatan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, para penegak keadilan pun menggunakan robot yang tak kalah canggih, yaitu Patlabor. Anime ini berfokus pada Noa Izumi yang berjuang untuk menegakkan keadilan dengan Patlabor.

4. Kochira Katsushisaku Kameari Kouenmae Hashutsujo

https://www.youtube.com/embed/ocJMOLoY-08

Anime ini berfokus pada Kankichi Ryoutsu, seorang polisi yang bekerja di suatu tempat dimana kejahatan jarang terjadi. Memiliki gaji yang rendah membuat Kanchiki harus memutar otak untuk mendapatkan penghasilan lebih.

Meskipun tidak ada yang salah dengan tujuan Kankichi, tak jarang Kankichi melakukan hal yang ilegal demi mendapatkan uang. Buruknya lagi, Kankichi sangat gemar berjudi di pachinko atau pacuan kuda.

5. B: The Beginning

https://www.youtube.com/embed/FMxaCRLuRlQ

Berlatarkan di Pulau Cremona, anime ini menceritakan tentang pembunuh berantai bernama Killer B yang mengancam keselamatan nyawa warga Cremona. Dengan dalih untuk menegakkan keadilan, Killer B membunuh siapa saja yang menurutnya layak untuk mati.

Tak sanggup menangani kasus Killer B, RIS (Royal Investigation Service) terpaksa harus meminta bantuan kepada detektif berpengalaman, Keith Flick. Setelah Keith menyelidiki kasus tersebut, Keith menemukan fakta bahwa kejahatan tersebut tidak dilakukan oleh satu orang. Lebih jauh lagi, Keith berhasil mengungkap kejahatan yang jauh lebih besar dari kasus Killer B, seperti terorisme dan eksperimen manusia.

Selain seru untuk disaksikan, kelima anime di atas juga sudah membuktikan betapa sulitnya menjadi seorang polisi. Kalau di sederet anime tersebut, apakah tagar #percumalaporpolisi juga ikut viral, gak, ya?

Baca Juga: 5 Penjahat Anime yang Menganggap Dirinya Sendiri Sebagai Pahlawan

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya