Comscore Tracker

5 Film Zombie Klasik Terbaik, Pecinta Horor Wajib Nonton

Tetap seram walaupun minim efek

Zombie atau mayat hidup menjadi salah satu tema yang cukup sering diangkat dalam sebuah film. Ada banyak film keren yang bercerita tentang zombie. Salah satu film yang mempopulerkan zombie yakni Night of the Living Dead yang dirilis pada tahun 1968 lalu. Film yang disutradarai oleh George A. Romero menghadirkan karakter zombie yang menyeramkan.

Penggambaran zombie dalam film zaman dahulu cenderung berbeda dengan sekarang. Dulu, zombie digambarkan berbeda dari zombie masa kini yang lebih menyeramkan dan penuh efek. Nah, teruntuk kamu yang ingin menonton film zombie klasik, berikut ini deretan rekomendasi film yang dapat kamu tonton.

1. Carnival of Souls (1962) 

https://www.youtube.com/embed/YQfOJ4ZKP3Y

Carnival of Souls merupakan film indie yang disutrarai oleh Herk Harvey. Film ini dibintangi oleh Candace Hilligos yang berperan sebagai Mary Hendry, perempuan yang selamat dari kecelakaan mobil. Namun, siapa sangka Mary malah mengalami kejadian yang lebih mengerikan karena mendapatkan teror dari mayat hidup.

Tidak hanya menghadirkan unsur seram, film ini juga dibumbui dengan trik psychological horror yang berhasil membuat penonton seolah ikut merasakan menjadi Mary. Sang sutradara juga ikut bermain dalam film ini sebagai ‘The Man’ atau pemimpin dari zombie-zombie tersebut.

2. I Walked With A Zombie (1943) 

https://www.youtube.com/embed/yD3Gbc55z5I

Saking klasiknya, film ini bahkan sudah dirilis sebelum Indonesia merdeka yakni tahun 1943. Film ini berpusat pada kisah seorang suster yang bekerja untuk merawat istri pemilik salah satu pabrik tebu. Perempuan bernama Jessica tersebut belakangan tingkahnya berubah menjadi aneh.

Sang suster berusaha mencari tahu penyebab penyakit Jessica dan berusaha mencari cara untuk menyembuhkannya. Akhirnya, Betsy berencana untuk melakukan upacara vodoo untuk mengembalikan sosok Jessica yang berubah menjadi zombie. Film ini berhasil mengeksplor tema zombie dengan angle yang unik.

3. The Last Man on Earth (1964) 

https://www.youtube.com/embed/OWlNe1-5wb8

The Last Man on Earth merupakan hasil adaptasi dari novel buatan Richard Matheson yang berjudul I Am Legend. Film ini dibintangi oleh Vincent Price sebagai tokoh protagonis. The Last Man on Earth menggabungkan kombinasi antara zombie dan vampire. Bisa dikatakan, film ini menjadi pencetus gambaran zombie saat ini.

Zombie dalam film bisu yang dirilis pada tahun 1964 ini digambarkan dapat terbakar matahari, takut dengan bawang putih, dan hanya bisa berbicara sedikit frasa singkat. Film ini sendiri menceritakan tentang laki-laki yang berusaha menyelamatkan diri dari serangan zombie.

Baca Juga: 7 Kisah di Balik Layar Kingdom: Ashin of The North, Selfie sama Zombie

4. The Earth Dies Screaming (1964) 

https://www.youtube.com/embed/8Pa_cVQlkEQ

Berlatar di Inggris, sekumpulan orang berusaha untuk melawan invasi alien secara besar-besaran. Para alien tersebut ingin mengambil alih bumi dengan menggunakan robot dan gas beracun yang dapat mengubah orang menjadi zombie. Film ini disutradrai oleh Terence Fisher dan dibintangi Williard Parker dan Virginia Field.

Walaupun masih hitam putih, kamu dapat merasakan atmosfir mencekam yang dibangun sepanjang film. Belum lagi, sosok zombie yang berkeliaran di jalanan dan dapat membunuh orang-orang hanya dengan sentuhan. The Earth Dies Screaming wajib ditonton buat kamu yang menyukai film-film klasik.

5. The Plague of The Zombies (1966) 

https://www.youtube.com/embed/KwVqUyLWvEw

The Plague of The Zombies menceritakan tentang banyaknya kematian massal yang tidak pernah terjadi sebelumnya di sebuah kota di Inggris. Seorang dokter berusaha mencari tahu penyebab kematian banyak orang secara misterius. Pencarian tersebut menuntunnya pada sebuah kejadian mengerikan. Film ini berhasil menciptakan adegan film horor yang berhasil membuat bulu kuduk merinding.

Salah satunya ketika orang-orang meninggal diperlihatkan hidup kembali. Sampai akhirnya, seluruh kota dipenuhi oleh mayat hidup. Sayangnya film ini tidak sepopuler Night of the Living Dead, meski dirilis dua tahun sebelumnya.

Meski masih minim efek, masih banyak film klasik yang layak ditonton saat ini. Terutama jika kamu memang menyukai film bergenre cult klasik. Kira-kira, dari kelima film di atas, nomor berapa yang akan kamu tonton malam ini?

Baca Juga: 5 Film Horor Komedi Bertema Zombie yang Dijamin Bikin Ngakak

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya