Comscore Tracker

6 Film Drama Musikal Terbaik Sepanjang Masa Versi IMDb, Sudah Nonton?

#IDNTimesHype Didominasi film klasik, lho!

Film drama musikal merupakan salah satu genre yang telah hidup sejak era klasik. Plot cerita yang dibalut musik dan lagu yang indah serta visual yang menawan menjadi hiburan yang sangat menarik tersendiri. Dalam sejarahnya, film-film musikal bahkan kerap mendapatkan kesuksesan besar dalam ajang Oscar.

Meski genre ini tidak banyak dirilis setiap tahunnya, drama musikal selalu menyajikan yang terbaik bagi penonton. Berikut ini adalah enam drama musikal terbaik sepanjang masa berdasarkan situs IMDb.

1. The Lion King (1994) - 8,5

https://www.youtube.com/embed/f0fReuRs890

Film yang menampilkan musik ciptaan Elton John dan Hans Zimmer ini menceritakan tentang seekor anak singa bernama Simba yang hanya berdiam diri di rumah setelah percaya bahwa dia telah menyebabkan kematian ayahnya. Namun, setelah paman jahat Simba, Scar mencoba untuk mengambil kepemilikan The Pride Lands, Simba dipaksa untuk merebut kembali tempat yang seharusnya sebagai penguasa hutan.

Visual yang memukau, soundtrack yang mengesankan, dan cerita yang memikat telah menjadikan The Lion King salah satu animasi terhebat. Mereka bahkan pulang dengan Skor Original Terbaik dan Lagu Asli Terbaik untuk "Can You Feel the Love Tonight" di Academy Awards.

2. Singin' In The Rain (1952) - 8,3

https://www.youtube.com/embed/5_EVHeNEIJY

Rom-com musik tahun 1950-an yang ikonik ini berfokus pada transisi dari film bisu ke film-film bersuara di Hollywood akhir 1920-an. Kisah ini diceritakan dengan fokus pada hubungan kerja dan romantis antara seorang aktris muda yang bercita-cita tinggi dan seorang bintang film bisu lama.

Film ini tetap klasik, dengan lagu-lagu yang berkesan, tarian yang rumit, dan chemistry di antara para pemeran utamanya.

3. La La Land (2016) - 8,0

https://www.youtube.com/embed/0pdqf4P9MB8

Drama komedi romantis ini bercerita tentang seorang musisi dan aktris jazz yang jatuh cinta dengan latar belakang Los Angeles modern yang disutradarai oleh Damien Chazelle. Film ini membuat banyak referensi ke musikal Hollywood klasik, menambahkan warna-warna cerah dan musik yang mempesona.

Film ini sangat luar biasa karena berhasil membawa pulang lima Piala Oscar, di antaranya Aktris Terbaik untuk Emma Stone dan lagu "City of Stars" memenangkan Lagu Asli Terbaik sementara komposer Justin Hurwitz mencetak Skor Original Terbaik.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Film dengan Rating IMDb Tertinggi Tahun Ini

4. The Sound Of Music (1965) - 8,0

https://www.youtube.com/embed/bZNcqtx83Io

Pada tahun 1965, drama musikal tentang Maria, seorang postulan Austria yang mengajar musik bagi keluarga Von Trapp, diangkat ke layar lebar. Dengan latar belakang yang indah, romansa yang menawan, dan lagu-lagu yang tak lekang oleh waktu, drama ini memiliki banyak hal untuk dinikmati.

Film musikal klasik ini memenangkan Film Terbaik dan penghargaan Musik Terbaik di Oscar. 

5. Aladdin (1992) - 8,0

https://www.youtube.com/embed/8HrmBXgiwDU

Fantasi Disney ini bercerita tentang anak yatim piatu jalanan yang akhirnya menemukan lampu ajaib yang mungkin membuat semua mimpinya menjadi kenyataan. Meskipun dia berharap untuk menggunakan sedikit keinginannya untuk mempesona Putri Jasmine, dia diancam oleh penyihir jahat Jafar serta rahasianya sendiri.

Visual, karakter, humor, dan lagu film yang menakjubkan dengan cepat mengubahnya menjadi animasi klasik terbaik saat itu. Lagunya sendiri memenangkan Best Original Score dan Best Original Song di Academy Awards. Tak hanya itu pada 2019 lalu, animasi ini pun diadaptasi ke bentuk live-action.

6. The Wizard Of Oz (1939) - 8,0

https://www.youtube.com/embed/VNugTWHnSfw

Meskipun fantasi musikal yang dibintangi Judy Garland ini dirilis beberapa dekade lalu, film ini tetap menjadi salah satu film paling dicintai sepanjang masa. Ini menceritakan tentang seorang gadis muda dari Kansas, Dorothy, yang dikirim ke dunia Oz yang mempesona bersama anjingnya, Toto, setelah tornado menghantam rumahnya.

Di sini, dia melakukan perjalanan untuk bertemu dengan penyihir di Kota Zamrud yang dia harap dapat mengirimnya kembali ke Kansas. Dia membantu Manusia Timah, Singa pengecut, dan Orang-orangan Sawah di sepanjang jalan. Visual yang penuh warna, kisah yang menghangatkan hati, dan melodi yang menawan membuat film yang satu ini menjadi favorit banyak orang. Film ini memenangkan kategori Musik Terbaik, Skor Asli, dan  Original Song di Academy Awards.

Perpaduan cerita yang menawan dan lagu yang indah memang selalu membuat pecinta film terhanyut oleh alur ceritanya. Drama musikal juga kerap melahirkan lagu-lagu yang ikonik dan dikenang sepanjang masa. Gak mengherankan jika genre ini, meskipun tak banyak dirilis, selalu mampu dikenang panjang.

Baca Juga: 7 Film Animasi Nonmusikal Disney Terbaik Berdasarkan Situs IMDb

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya