Comscore Tracker

5 Anime yang Menceritakan Biografi dari Tokoh Terkenal Dunia

Mengenal lebih dekat mereka lewat anime

Sebuah cerita biografi atau biopik memang lagi populer-populernya belakangan ini. Di Indonesia sendiri film biopik seperti  Rudy Habibie  dan A Man Called Ahok  laris manis di pasaran. Bukan perkara mudah membuat film biopik, selain pemilihan pemeran yang mirip serta bisa membawakan karakter sang tokoh, film biografi harus menyesuaikan naskah cerita sesuai dengan sejarah yang ada.

Alternatif lain selain film dan serial live-action tentu saja animasi. Di Jepang sendiri telah diterapkan kisah biografi dalam balutan anime yang tidak kalah seru dari film live-action. Pengin tahu siapa tokoh-tokoh yang sudah di 'anime-sasi' kan ?

Berikut ini adalah 5 Anime Biografi tokoh-tokoh terkenal buat kamu yang pengin belajar sejarah dengan asik. Check it out !

1. The Wind Rises

https://www.youtube.com/embed/jGr8XDxB-9I

The Wind Rises  merupakan film anime bergenre historical drama  yang diproduksi oleh Studio Ghibli, Anime ini mendapatkan berbagai pujian hingga masuk nominasi Golden Globe Award dalam kategori Best Foreign Language FIlm. Film yang dirilis tahun 2013 lalu ini merupakan adaptasi dari novel Hayao Miyazaki yang menceritakan biografi kehidupan Chief engineer Jiro Hirikoshi yang merupakan perancang utama pesawat-pesawat Jepang di saat masa Perang Dunia II.

Ber-setting tahun 1918, cita-cita Jiro Hirikoshi untuk menjadi pilot harus kandas karena rabun jauh yang di deritanya. Sempat patah semangat, Jiro kembali bangkit setelah terinspirasi oleh perancang pesawat kondang Perancis Giovanni Battista Caproni. Saat itulah Jiro memutuskan lebih baik menciptakan pesawat jika tidak bisa menerbangkanya.

Anime ini secara kronologis menceritakan kehidupan seorang Jiro Hirikoshi dari masa remaja hingga merintis karirinya menjadi salah satu teknisi dan desainer pesawat ternama yang berjasa besar bagi Jepang dalam Perang Dunia II. Beberapa pesawat ciptaannya yang paling terkenal adalah Mitsubishi A6M "Zero" dan Mitsubishi J2M Raiden.

2. Boukensha: The Man Was From Spain

https://www.youtube.com/embed/cOu1tg7d0rA

Boukensha: The Man Was From Spain atau lebih dikenal dengan judul yang lebih to the point yakni Christopher Columbus merupakan anime jadul yang dirilis ditayangkan dari tahun 1992-1993. Sesuai judulnya anime ini bercerita kisah sang penjelajah Spanyol yang paling terkenal yakni Christopher Coloumbus.

Cerita dimulai di abad 15 di mana Colombus terlahir di tanah Spanyol, Genoa. Columbus muda memiliki keingintahuan kuat untuk melihat sendiri seluruh dunia. Saat dirinya berhasil menjadi pelaut Columbus membuat rute perjalanan sendiri untuk menemukan dunia yang dia cari.

Anime jadul ini cukup akurat menceritakan perjalanan sang penjelajah hingga dapat mencapai benua Asia dan menemukan benua baru, Amerika. Jika kamu malas baca sejarah Colombus di buku, tonton saja anime ini.

3. Nitaboh: Tsugaru Shamisen Shiso Gaibun

https://www.youtube.com/embed/J2-hVlaYk64

Anime yang dirilis tahun 2004 ini memang terdengar asing. Memang anime ini kurang mendapat publikasi terutama di luar Jepang. Anime ini juga tidak mengusung genre aksi maupun petualangan yang menjadi kegemaran sebagian besar penikmat anime. Nitaboh mengusung genre drama musikal. 

Namun buka drama musikal biasa, anime ini mempertunjukkan musik klasik Jepang dengan instrumen petik tradisional yang disebut Shamisen sebagai inti cerita. Anime yang penuh unsur budaya Jepang ini menceritakan biografi dari Nitabo yang dikenal sebagai Shamisen Master. Beliau merupakan pencipta gaya Tsugaru dalam permainan Shamisen yang masih sering digunakan hingga saat ini.

Diceritakan bahwa Nitabo sendiri sudah mengalami kebutaan dari kecil, Namun ibunya memberinya Shamisen serta mengajarkan dasar bermain padanya. Nitabo kemudian mengembangkan kemampuannya hingga menjadi salah satu pemain Shamisen terbaik Jepang.

Baca Juga: Sering Diremehkan, 5 Karakter Anime ini Ternyata Sangat Kuat!

4. Kochoki: Wakaki Nobunaga

https://www.youtube.com/embed/A811chOhgAQ

Sudah banyak sekali anime yang mencoba mengadaptasi kehidupan tokoh sejarah era Sengoku Jepang, dari para penguasa seperti Oda Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi dan Ieyasu sampai samurai-samurai dan ninja ternama sekelas Sanada Yukimura, Fuma Kotaro dan Hanzo Hatorri. Namun biasanya mereka hanya digunakan sebagai dasar plot cerita yang kemudian akan berkembang melenceng jauh dari sejarah asli.

Kochoki: Wakaki Nobunaga ini menceritakan kehidupan Oda Nobunaga seorang panglima perang dan penguasa yang sempat hampir menguasai Jepang. Anime ini sendiri menceritakan kehidupan Oda Nobunaga dari masa remaja hingga menjadi seorang panglima perang hebat bersaing dengan kakaknya sendiri Oda Nobuyuki.

Tidak seperti adaptasi Oda Nobunaga di anime lain seperti Sengoku Basara atau Nobunaga Concerto yang dikembangkan menjadi anime fantasi dengan segala unsur imajinatifnya. Anime ini dibuat seakurat mungkin dengan cerita asli dari Oda Nobunaga.

5. Junod

https://www.youtube.com/embed/5R0l2wjYO6w

Junod atau judul lengkapnya Dr. Junod: Putting Humanity First adalah sebuah film animasi Jepang yang menceritakan Perang Dunia II tepatnya saat masa-masa kelam bagi Jepang setelah dijatuhkanya bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki. Anime ini menceritakan sepak terjang Marcel Junod, seorang dokter dari Swiss yang juga merupakan delegasi dari Komite Internasional Palang Merah.

Cerita dibawakan lewat sudut pandang dua gadis SMA Jepang bernama Mii dan Yuko yang terlempar ke masa lalu setelah melihat monumen Dr. Junod di Hiroshima Memorial Park. Mereka berada di Eropa 70 tahun dari waktu mereka. Mereka pun bertemu Marcel Junod Muda dan mengikuti perjalanannya berkeliling dunia sebagai delegasi ICRC hingga sampai ke Jepang usai tragedi Hiroshima.

Dr. Junod sendiri merupakan tokoh yang dikenal sebagai delegasi terbaik dari Komite Internasional Palang Merah dan orang asing pertama yang sampai ke Hiroshima untuk memberikan bantuan pasca tragedi pengeboman oleh Amerika Serikat.

Anime memang sebuah media hiburan yang fleksibel. Selain menayangkan tayangan seru dan lucu untuk menghibur penonton, ternyata anime cocok sebagai sarana tontonan berpendidikan yang mengajarkan kita tentang sejarah serta mengenal tokoh-tokoh influental dunia. Kira-kira keren nggak ya jika pahlawan biografi tokoh pahlawan Indonesia semisal Pangeran Diponegoro dan Pattimura dibuat anime dengan genre action ? 

Baca Juga: 5 Pertarungan yang Ingin Dilihat Fans di Anime Hunter x Hunter

Mito Rudito Photo Verified Writer Mito Rudito

Menulis tentang hobi sambil meminum secangkir kopi perlahan menjadi rutinitas yang menyenangkan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya