Comscore Tracker

Fakta Unik Gonjiam: Haunted Asylum, Film Horor Korea yang Sedang Viral

#MovieOn: Kamu penggila film horor, berani nonton?

Film Gonjiam: Haunted Asylum sudah lama ditunggu-tunggu oleh penggemar horror movie di seluruh dunia khususnya Korea. Kenapa? Yup betul film satu ini digadang-gadang diangkat dari sebuah urband legend penduduk setempat tentang keangkeran sebuah rumah sakit jiwa tak berpenghuni yang bernama Gonjiam.

Gonjiam sendiri resmi ditayangkan pada 28 Maret 2018 kemarin di Korea Selatan dan berhasil menarik banyak minat pecinta film horror di Korea. Wah jadi penasaran, seperti apa sih filmnya? Yuk scroll ke bawah.

 

1. Diadaptasi dari kisah nyata penduduk setempat

Fakta Unik Gonjiam: Haunted Asylum, Film Horor Korea yang Sedang Viralatlasobscura.com

Selama ini mungkin kita akan dibuat terkagum-kagum oleh budaya Kpop, KDrama serta keindahan alam di Korea Selatan. Namun siapa sangka di balik pesona itu, Korea Selatan justru memiliki salah satu tempat terangker di dunia versi CNN World. Benar, Rumah Sakit Jiwa Gonjiam merupakan tempat terangker di Korea Selatan menurut masyarakat sekitar, bahkan tempat ini kadang-kadang digunakan sebagai tempat uji nyali oleh penduduk disana.

Gonjiam sendiri terletak di kota Gwangju yang merupakan salah satu kota terbesar di Korea Selatan dan didirikan pada tahun 1950an. Rumah Sakit jiwa ini berada di wilayah perbukitan serta dikelilingi oleh hutan lebat. Pada tahun 1996 yang lalu, rumah sakit ini resmi di tutup. Banyak rumor yang menyatakan ditutupnya rumah sakit ini dikarenakan banyak pasiennya yang meninggal secara tidak wajar. Rumor lain mengatakan bahwa pengelolaan limbah rumah sakit ini tidak baik sehingga tidak layak untuk ditempati. Konon, kepala rumah sakit tersebut dikabarkan melarikan diri.

Kesan yang membuat rumah sakit ini angker adalah bangunan nya yang sudah tua, gelap, lembab dan tak terurus. Walaupun menyeramkan, banyak turis berkunjung ke rumah sakit ini sekedar untuk melihat-lihat ataupun berfoto-foto di siang hari. Buat kamu yang mau berkunjung, disarankan untuk tidak pergi sendirian ya.

2. Ceritanya siap bikin Mmrinding

https://www.youtube.com/embed/8h0eH7MRFRs

Film ini mengisahkan seorang vlogger muda bersama enam orang temannya yang tergabung dalam sebuah komunitas channel YouTube horor bernama Horror Times. Mereka melakukan uji nyali ke rumah sakit Gonjiam yang merupakan rumah sakit terseram di Korea. Tujuan utama mereka melakukan uji nyali ini adalah untuk mendapatkan jumlah viewer dan like serta mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya dari uji nyali tersebut.

Jangan khawatir, film ini tidak akan menyertakan gambaran-gambaran hantu ataupun arwah gentayangan yang menuntut balas dendam seperti dalam cerita-cerita horor pada umunya. Alunan latar musik khas film horor pun juga ditiadakan dalam film ini. Lantas seperti apa kah penggambaran film dan cerita horor dalam film ini? Kalau benar dua komponen utama itu ditiadakan, apakah benar film ini bisa bikin kita merinding? Let's see.

3. Siap ditayangkan di 47 negara termasuk Indonesia

https://www.youtube.com/embed/sx2uoTTSWhQ

Menurut beberapa sumber dari korea menjelaskan bahwa film ini tak hanya tayang di Korea akan tetapi juga di 47 negara seperti, Amerika, Singapura, Australia, Malaysia, Jepang, dan negara-negara lain. Belum ada kepastian sih kapan film ini akan tayang di Indonesia. Jadi ditunggu saja ya cingu. Sambil menunggu disiapin dulu mentalnya, soalnya dari thrillernya sih, film ini cukup bikin kaget dan deg-degan. Selamat menonton.

4. Berikut beberapa artis yang terlibat dalam film ini

Fakta Unik Gonjiam: Haunted Asylum, Film Horor Korea yang Sedang Viralhancinema.net

Drama ini diperankan oleh beberapa aktor dan aktris kece antara lain Wi Ha Joon, Park Sung Hoon, Lee Seung Wook, Oh Ah Yeon, Park Ji Hyun, Yoo Je Yoon, dan Moon Ye Won. Ketujuh pemain ini akan membawamu ke dalam dunia gelap Rumah Sakit Gonjiam. Yakin masih berani nonton? Nonton ekspresi mereka di thriller aja cukup bikin merinding ya.

5. Menjadi film horror pertama di Korea Selatan dengan penonton terbanyak di penayangan perdana

Fakta Unik Gonjiam: Haunted Asylum, Film Horor Korea yang Sedang Viralasianwiki.com

Menurut Korean Box Office Information System (KOBIS) pada tanggal 29 Maret 2018, penayangan perdana film Gonjiam diseluruh bioskop korea meraih pengunjung sebanyak 198,669 orang dan berhasil memuncaki peringkat 1 Box Office. Jumlah tersebut berhasil mengalahkan jumpal pengunjung pada opening film horor barat yang dikenal sebagi TOP 3 yakni Conjuring (81.130 penonton), Get Out (92.124 penonton), dan Annabel (154.719 penonton). Wah Daebak. Jadi penasaran nih pengen cepet nonton.

Nah itulah tadi ulasan mengenai film Gonjiam yang sekarang lagi viral di Korea. Semoga film ini segera tayang di Indonesia ya. Inget kalau nonton pastikan mental kamu kuat ya. Selamat menonton

Yuni Prema Vahini Photo Verified Writer Yuni Prema Vahini

Si ambivert pecinta pantai dan bookshop

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya