TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu Genre Film Whodunit yang Bikin Penasaran sampai Ending?

Beda dari film misteri biasa

cuplikan film Knives Out (dok. Lionsgate Movie/Knives Out)

Ketika film Knives Out rilis pada tahun 2019 lalu, istilah whodunit ramai perbincangkan. Whodunit sering kali dihubungkan dengan film cerita misteri pembunuhan. Lantas, apa itu genre film whodunit?

Bagi kamu yang gemar menonton film, terutama film misteri, berikut penjelasan tentang genre whodunit. Kira-kira apa yang membedakan genre film ini dengan film misteri biasa? Lalu, apa saja contoh film bergenre whodunit? 

Langsung saja cek informasi yang dirangkum IDN Times ini, yuk! 

Baca Juga: 9 Film Tentang Teror di Laut, Tegangnya Gak Main-Main

1. Apa itu genre film whodunit?

ilustrasi film misteri (pexels.com/Roman Odintsov)

Genre whodunit sebenarnya bukan hal baru dalam dunia perfilman. Istilah ini populer di Amerika Serikat mulai dari tahun 1930. Whodunit ternyata juga dipakai adalam buku dan drama. Istilah whodunit adalah singkatan dari who has done it atau siapa yang melakukannya?

Melansir Vocabulary, whodunit adalah cerita detektif yang mengisahkan tentang misteri, biasanya misteri pembunuhan. Sepanjang film, identitas dirahasiakan sampai akhir (ending). Sehingga, penonton seperti bermain teka-teki karena dibuat penasaran dengan pelakunya. 

Film dengan genre whodunit umumnya dimulai dengan seseorang (detektif) yang memulai kasus penyelidikan. Sebelumnya, terjadi pembunuhan dengan pelaku yang masih belum menemui titik terang.

Selama film berlangsung, penonton seolah diajak untuk memikirkan kasus pembunuhan yang rumit serta semua petunjuk yang sengaja ditampilkan. Film bergenre whodunit akan menyertakan siapa pelakunya di akhir sambil menggambarkan secara runut mulai dari modus hingga motifnya.

Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa film genre whodunit tidak mengungkapkan pelaku kejahatan hingga akhir cerita. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya