TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Merinding! Inilah Kisah Kematian di Balik Lagu Resah "Payung Teduh"

Aku ingin berdua denganmu...

prelo.co.id

Pernah dengar band Indie bernama Payung Teduh? Bagi kalian penggemar musik Indonesia pasti sudah tidak asing dengan band dengan lagu-lagu yang bikin teduh. Bukan cuma suara sang vokalis yang merdu. Tapi lirik lagunya pun sangat syahdu.

Ada banyak sekali lagu band tersebut biasa diartikan sebagai lagunya insan yang dimabuk cinta. Misalnya saja Untuk Perempuan Dalam Pelukan, atau lagu Resah yang diklaim memiliki makna super romantis.

Aku ingin berdua denganmu

Di antara daun gugur

Aku ingin berdua denganmu

Tapi aku hanya melihat keresahanmu

Jika melihat sekilas lirik di atas, tentu saja tak akan ada yang berpikir bahwa makna sebenarnya dari lagu tersebut adalah sebuah pesan kematian. Kok bisa? Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah penjelasan 'katanya' disampaikan oleh Aziz Kariko, seorang dosen (Comi Payung Teduh) saat menceritakan makna di balik lagu Resah kepada para mahasiswanya.

Berawal dari Pengalaman Hiking Comi Bersama Teman-Temannya

Hiking

Dulu saat sedang mendaki bersama teman-teman, ada satu di antaranya menghampiri COmi dan bercerita bahwa ia sedang dirundung masalah cinta. Singkat cerita dalam perjalanan, teman tersebut tiba-tiba menghilang entah ke mana.

Setelah sekian lama mencari dan tidak menemukan hasil, Comi dkk memutuskan untuk kembali ke pos sembari menunggu temannya yang hilang. Tapi nasib baik tak kunjung datang, yang ditunggu tak kunjung pulang.

Akhirnya mereka memutuskan untuk mencari lagi hingga menemukannya dalam kondisi gantung diri. Nahas, karena ia memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di sebuah pohon dan hanya menyisakan catatan puisi yang menjadi cikal bakal penulisan lirik lagu resah.

Makna Sepenggal Lirik “Aku Ingin Berjalan Bersamamu dalam Hujan dan Malam Gelap”

Malam Gelap

Kata kunci dalam lirik ini adalah hujan dan malam gelap. Sebenarnya sih romantis kalau kita tetap ingin bersama dengan kekasih dalam kondisi apapun. Cuma logikanya begini. Apakah ada yang ingin bepergian dengan kekasih dalam kondisi hujan dan malam gelap?

Jadi pada lirik pertama ini, Comi ingin menyampaikan makna bahwa malam gelap adalah konotasi dari dunia lain, bukan dunia yang sedang kita tinggali.

Diteruskan dengan “Tapi Aku Tak Bisa Melihat Matamu”

Mata

Bukankah hal yang lumrah untuk menatap sepasang bola mata kekasih hati? Tapi ada yang salah dengan lirik ini. Mengapa dia tak bisa melihat mata kekasihnya? Jawabannya hanya satu. Pasti mereka sedang LDR.

Tapi LDR masih bisa diatasi dengan video call kan? Kalau LDR-nya dengan dunia lain bagaimana? Sudah pasti kita memang tak pernah bisa melihat mata orang, yang sudah lebih dulu meninggalkan kita ke dunia lain.

Terus Kalau Lirik ini “Aku Ingin Berdua denganmu di antara Daun Gugur”

Daun Gugur

Pernah dengar lagu Gugur Bunga? Sebuah lagu yang ditujukan untuk mengenang jasa pahlawan yang gugur mendahului kita. Sama halnya dengan lirik ini. Gugur dikonotasikan sebagai makna dari wafat.

Jadi sebenarnya, masalah cinta dari teman Comi yang bunuh diri adalah ia ditinggal mati oleh sang kekasih. Namun ia masih tetap ingin bersama dengan kekasihnya itu.

Nggak Nyangka Beginilah Makna dari Lirik “Aku Ingin Berdua denganmu tapi Aku Hanya Melihat Keresahanmu”

Resah

Teman Comi itu sebenarnya sadar bahwa kebersamaannya bersama sang kekasih mustahil tercipta. Ada batas nyata di antara keduanya, sebuah kematian. Hingga akhirnya hanya ada perasaan resah yang membuncah di dada. Ia resah karena ingin bertemu namun kenyataan berkata lain.

Mulai Jelas dengan Lirik “Aku Menunggu dengan Sabar di atas Sini Melayang-Layang”

Melayang-layang

Ketika ditemukan oleh yang lain, teman Comi berada dalam kondisi gantung diri di pohon. Pernahkah kamu melihat orang yang gantung diri, kakinya menapak lantai? Tentu tidak. Lirik ini jelas menggambarkan bahwa ia telah memutuskan untuk menemui kekasihnya dengan gantung diri.

Verified Writer

Alifatul Mufarrohah

find me on http://www.alif0725.wordpress.com or @al.alif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya