TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Jet Tempur Paling Canggih di Dunia, Buatan Mana Saja?

Beberapa negara saling berlomba membuat pesawat tempur

military.com

Kawasan udara merupakan salah satu kawasan yang wajib selalu dijaga oleh pihak militer dalam suatu negara. Oleh sebab itu dibutuhkan angkatan udara yang kuat untuk dapat selalu menjaga kawasan udara sebuah negara selama 24 jam tanpa henti.

Jet tempur atau pesawat tempur merupakan salah satu fasilitas penjagaan udara yang sangat dibutuhkan oleh seluruh angkatan udara di dunia. Jet tempur dapat membantu angkatan udara untuk selalu siap siaga dalam menjaga kedaulatan sebuah negara.

Inilah jet tempur paling canggih yang ada di dunia, kira-kira buatan mana saja ya? Disimak, yuk!

1. Chengdu J-20, Tiongkok

chinadaily.com

Chengdu J-20 adalah jet tempur buatan Tiongkok yang diklaim merupakan salah satu jet tempur terbaik di dunia. Bahkan pihak militer Tiongkok mengklaim bahwa pesawat buatan mereka ini lebih canggih daripada pesawat tempur buatan Amerika Serikat.

Pesawat tempur yang dijuluki Mighty Dragon ini diterbangkan perdana pada 2011 silam, dan setelah melalui penelitian dan perombakan selama 6 tahun, pesawat buatan Tiongkok ini dikenalkan pada 2017 silam.

Melansir Nationalinterest.org, pesawat siluman ini dapat membawa 6 rudal atau bom jarak jauh. Jet tempur ini dapat mengancam semua artileri yang ada di darat karena daya jangkaunya yang sangat rendah (pendek) terhadap daratan.

Baca Juga: 5 Barang Termahal yang Pernah Terjual dalam Lelang di Dunia, Apa Saja?

2. Eurofighter Typhoon, Eropa

edrmagazine.eu

Eurofighter Typhoon adalah salah satu jet tempur paling disegani di dunia. Dirancang sebagai jet tempur yang mudah dikendalikan, Typhoon dapat bermanufer dengan sangat baik dalam menghadapi jet tempur musuh.

Jet tempur buatan Airbus di 4 negara ini banyak digunakan oleh negara-negara Eropa seperti Italia, Swedia, Prancis, Austria, Inggris, dan masih banyak lagi. Bahkan negara-negara di Timur Tengah juga memakai jet tempur ini sebagai garda terdepan dalam menjaga kawasan udara mereka.

Fleksibilitas merupakan kecanggihan utama pesawat ini, seperti ditulis dalam Airbus.com. Tentu jet tempur canggih ini juga dilengkapi dengan segudang persenjataan dan peralatan komunikasi digital yang tak kalah canggihnya.

3. Mitsubishi X-2 Shinshin, Jepang

aeronef.net

Jepang tidak mau kalah dalam membuat pesawat tempur canggih. Mitsubishi X-2 Shinsin merupakan salah satu produk militer Jepang, yang diprediksi dapat menggantikan pesawat tempur F-22 raptor buatan Amerika yang telah digunakan Jepang selama beberapa tahun belakangan.

Sebetulnya pada awalnya X-2 Shinshin bukanlah jet tempur, melainkan hanya produk militer percobaan Jepang. Ternyata penerbangan perdana X-2 menuai kesuksesan dan akan siap diaplikasikan oleh militer udara Jepang dalam masa yang akan datang.

Pihak militer Jepang yakin bahwa Jepang dapat membuat jet tempur secara sempurna pada 2027 mendatang. Pengamat militer di dunia melihat bahwa produk militer buatan Jepang ini bisa menjadi pesaing serius bagi jet tempur lainnya di tahun-tahun yang akan datang.

4. Sukhoi Su-57, Rusia

themoscowtimes.com

Rusia memang sudah lama menjadi negara dengan angkatan bersenjata yang disegani di dunia. Angkatan udara mereka juga dilengkapi dengan salah satu jet tempur terbaik dan tercanggih di dunia, Sukhoi Su-57.

Laman Militaryfactory.com menulis bahwa jet tempur andalan Rusia ini termasuk sebagai jet tempur yang paling ditakuti di dataran Eropa. Dengan persenjataan yang lengkap, Sukhoi Su-57 hanya bisa disaingi oleh Eurofighter Typhoon dan jet tempur buatan Amerika Serikat.

Baca Juga: 5 Teori Paling Berpengaruh di Dunia Sains, Kamu Pasti Tahu!

Verified Writer

Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya