TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Arti Kupu-kupu Masuk Rumah, Warna Hitam Bawa Malapetaka?

Hati-hati jika kamu bertemu kupu-kupu jenis ini

ilustrasi kupu-kupu hinggap di orang (pexels.com/Alexander Krivitskiy)

Arti kupu-kupu masuk rumah paling sering dikaitkan seseorang yang ingin berkunjung ke rumah. Sayangnya, kedatangan kupu-kupu gak hanya memiliki arti yang baik, melainkan juga dapat memiliki arti yang buruk, seperti musibah.

Menurut mitos yang beredar, ada beberapa jenis kupu-kupu yang harus kamu waspadai jika serangga tersebut masuk ke dalam rumah. Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Kedatangan tamu

ilustrasi tamu berkunjung ke rumah (pexels.com/ Rodnae Productions)

Menurut kepercayaan yang beredar, kedatangan kupu-kupu ke dalam rumah merupakan suatu pertanda bahwa rumahmu akan didatangi oleh tamu. Nah, untuk mengetahui siapa yang akan datang, kamu bisa melihat dari perilaku kupu-kupu tersebut.

Misalnya, serangga penghisap sari bunga tersebut terbang mengelilingi tubuhmu. Berarti tamu yang akan datang kemungkinan besar adalah kerabat atau saudara dekatmu sendiri. Ada juga yang percaya hal tersebut menandakan kekasih atau orang tersayangmu akan datang berkunjung.

2. Ada orang yang berniat tidak baik

ilustrasi orang berniat jahat (pexels.com/Victoria Rain)

Jangan kira arti kupu-kupu masuk rumah selalu memiliki arti yang baik ya, guys! Terutama, jika kupu-kupu yang datang ke rumahmu berwarna gelap, seperti hitam, cokelat, dan warna gelap lainnya.

Hal tersebut bisa jadi pertanda bahwa kamu akan kedatangan tamu yang memiliki niat tidak baik. Bisa jadi tamu tersebut tidak hanya mengancam keselamatanmu, tapi juga dapat merusak hubunganmu dengan keluarga.

3. Mendapatkan rezeki

ilustrasi kekayaan (pexels.com/Burst)

Berdasarkan primbon Jawa, jika ada kupu-kupu berwarna warna cerah dengan corak yang indah, seperti putih, kuning, dan warna-warna cerah lainnya masuk ke dalam rumah, hal tersebut dapat menjadi pertanda bahwa kamu akan memdapat rezeki.

Rezeki tersebut bisa datang dengan cara langsung, seperti mendapat pekerjaan bagus, usaha lancar, dan hal baik lainnya. Bisa juga datang melalui perantara orang yang berkunjung ke rumahmu.

4. Datangnya musibah

ilustrasi kupu-kupu hitam datang ke rumah (pexels.com/Cottonbro)

Kamu harus meningkatkan kewaspadaanmu, jika ada kupu-kupu berwarna hitam masuk ke dalam rumah saat malam hari. Menurut mitos, arti kupu-kupu masuk rumah berwarna hitam dapat menjadi pertanda datangnya musibah.

Ada baiknya kamu langsung mengeluarkan kupu-kupu hitam tersebut dan tetap waspada terhadap sekitarmu. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa meminta keselamatan kepada Tuhan, ya!

5. Ada roh datang berkunjung

ilustrasi kupu-kupu masuk rumah (pexels.com/Daniel Wennerstrand)

Menurut kepercayaan orang Jepang, kupu-kupu yang terbang ke dalam rumah adalah perwujudan roh dari keluarga, saudara, atau pun teman baik yang sudah meninggal. Oleh karena itu, orang-orang di Jepang memperlakukan kupu-kupu dengan sangat baik.

Sama halnya dengan keyakinan orang Irlandia. Bahkan pada tahun 1600-an, negara itu mengeluarkan larangan untuk membunuh kupu-kupu putih, karena diyakini sebagai jiwa anak-anak yang sudah meninggal.

6. Pertanda datangnya kematian

ilustrasi pemakaman (pexels.com/KoolShooters)

Berbeda dari Irlandia dan Jepang, arti kupu-kupu masuk rumah di Maryland, Amerika Utara menandakan datangnya kematian. Bukan hanya kematian orang terdekat, tapi juga bisa menjadi pertanda kematian diri sendiri.

Biasanya, kupu-kupu yang memberitakan duka akan terbang mengelilingi seseorang yang hari kematiannya sudah dekat. Namun, tidak selalu demikian, bisa jadi orang yang akan meninggal adalah orang terdekatmu.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Kedatangan Pocong, Waspada dengan Pohon Pisang!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya