TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lockdown karena COVID-19, Ini 6 Fakta Menarik Spanyol

Produsen minyak zaitun terbesar di dunia

pexels.com/aleksandar pasaric

Spanyol merupakan salah satu negara di luar China, yang memiliki kasus COVID-19 terbanyak di dunia. Dikutip dari worldometers.info, total jumlah penderita COVID-19 di Spanyol mencapai 17.147 orang, dengan jumlah yang meninggal mencapai 767 orang per tanggal 19 Maret 2020. Jumlah orang yang terinfeksi virus corona di Spanyol terus bertambah dari ke hari, meski pemerintah Spanyol telah menerapkan lockdown parsial atau penutupan sebagian wilayah secara nasional, sejak 14 Maret 2020 lalu.

Akibat di lockdown, sekitar 47 juta penduduk Spanyol dilarang untuk keluar rumah dalam kurun waktu 15 hari, kecuali untuk melakukan hal yang penting seperti bekerja dan membeli kebutuhan pokok dan juga obat-obatan.

Nah, di balik karantinanya Spanyol karena wabah COVID-19 yang semakin meluas, negara yang beribu kota di Madrid ini, memiliki beberapa fakta menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Penasaran apa saja fakta menariknya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Salah satu tujuan wisata terfavorit di dunia

pexels.com/adrian dorobantu

Negara yang terletak di Eropa Barat ini, merupakan salah satu tujuan wisata terfavorit di dunia, lo. Bahkan pada tahun 2018 lalu, Spanyol berada di urutan kedua sebagai negara yang paling banyak dikunjungi di dunia, dengan jumlah total wisatawan mencapai 82,8 juta.

Oleh sebab itu, tak heran jika Spanyol termasuk sebagai salah satu negara di Eropa yang memiliki jumlah kasus COVID-19 terbanyak di dunia, karena banyaknya wisatawan dari berbagai negara yang datang berkunjung ke negeri matador ini.

Baca Juga: 8 Negara yang Menetapkan Lockdown untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

2. Memiliki harapan hidup tertinggi ke-2 di dunia

goodhearing.com

Dilansir expatica.com, Spanyol berada di urutan ke-2 (setelah Jepang), sebagai negara yang memiliki harapan hidup tertinggi di dunia. Wanita Spanyol umumnya memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan pria. Rata-rata wanita Spanyol bisa hidup hingga usia 85 tahun, sedangkan untuk pria yaitu hingga usia 79 tahun. 

3. Netral di Perang Dunia I dan Perang Dunia II, namun mengalami perang saudara

irishtimes.com

Spanyol merupakan salah satu negara yang bersifat netral di Perang Dunia I dan juga Perang Dunia II. Namun, negara yang berbentuk Monarki Konstitusional ini, mengalami perang saudara selama 3 tahun, yaitu pada tahun 1936 hingga 1939.

Perang saudara di Spanyol membuat lebih dari 5.000 orang kehilangan nyawanya. Jenderal Fransisco Franco yang memenangkan perang tersebut, memerintah Spanyol sebagai diktator yang kejam, hingga ia meninggal di tahun 1975.

4. Bahasa Spanyol merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia

fluencycorp.com

Bahasa Spanyol merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, lo. Dilansir factretriever.com, lebih dari 400 juta orang di 22 negara menggunakan bahasa Spanyol di kehidupan sehari-harinya.

Menariknya lagi, lebih banyak jumlah penutur asli bahasa Spanyol dibandingkan dengan jumlah penutur asli bahasa Inggris, lho. Jumlah penutur asli bahasa Spanyol diperkirakan mencapai 440 juta.

5. Rumah bagi 48 Situs Warisan Dunia UNESCO

viator.com

Spanyol merupakan salah satu negara di Eropa yang terkenal dengan arsitekturnya yang sangat menawan dan bernilai seni tinggi. Oleh sebab itu, tak heran jika Spanyol termasuk sebagai salah satu negara yang paling banyak memiliki Situs Warisan Dunia UNESCO. Selain memiliki 48 Situs Warisan Dunia UNESCO, Spanyol juga memiliki 18 Unsur Warisan Budaya Takbenda UNESCO.

Salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang terkenal di Spanyol yaitu Istana Alhambra. Menariknya lagi, Istana megah yang terletak di Granada ini, merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, yang paling sering dijadikan inspirasi cerita dan juga lirik lagu, lho. Bahkan Istana Alhambra juga dijadikan lokasi syuting drama Korea yang dibintangi oleh Park Shin Hye dan Hyun Bin, yaitu "Memories of Alhambra".

Baca Juga: Flu Spanyol, Pandemik Serupa Virus Corona yang Menyerang 1 Abad Lalu

Verified Writer

Eliza Ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya