TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Fakta Unik Danau Baikal Rusia, Bikin Tak Sabar untuk Berkunjung

#WorldCup2018 Danau tertua di bumi lho!

Pixabay/Red_Raccoon

Danau Baikal yang terletak di Timur Siberia, Rusia ini bukan sekedar danau biasa. Danau air tawar ini memegang beberapa rekor dunia yang mencengangkan. Salah satunya adalah kebersihan dan kejernihannya.

Danau ini begitu dalam dan luas sehingga seringkali disebut juga sebagai 'laut'. Tidak salah jika Danau Baikal menjadi salah satu daya tarik utama dari negara tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia.

Tentu saja juga membuat penasaran, bagaimana rasanya tinggal dan melihat danau yang kaya kehidupan ini secara langsung. Sebelum ke sana, kenali dulu 10 fakta unik Danau Baikal berikut ini.

1. Danau Baikal termasuk kategori danau rift yang terbentuk karena adanya gerakan-gerakan dalam zona perpecahan tektonik yang terjadi jutaan tahun lalu

Pixabay/Vadim1962

2. Diperkirakan umurnya lebih dari 25 juta tahun sehingga disebut juga sebagai danau yang paling tua di dunia. Wow!

Pixabay/amoreganopa

3. Setiap tahunnya bisa dilanda gempa kurang lebih 2000 kali lho

Pixabay/Natalia_Kollegova

4. Menempati peringkat ke-7 sebagai danau terbesar di dunia dengan total luas permukaan mencapai 31.500 km persegi

Pixabay/Fill1970

5. Walaupun bukan danau terbesar, tapi Danau Baikal memegang rekor sebagai danau terdalam di dunia lho, yakni mencapai lebih dari 1.630 m

Pixabay/Greendaos

6. Dengan luas dan kedalaman tersebut, wajar saja jika Danau Baikal menyimpan sekitar 23.000 km kubik air tawar, atau setara dengan 20 persen dari total air tawar dunia

Pixabay/NataliKalinina

7. Pemandangan di sekeliling danau tetap luar biasa, walaupun dikelilingi oleh pegunungan berselimut salju

Pixabay/jackmac34

8. Disebut juga sebagai danau dengan air terjernih di dunia. Coba intip pemandangan bawah air yang lagi beku berikut ini!

Pixabay/8moments

9. Setiap tahunnya, danau akan membeku selama kurang lebih 5 bulan hingga bisa dilalui oleh bus hingga truk dengan kapasitas lebih dari 15 ton!

Pixabay/jaesikbae

Verified Writer

sely sely

never too late to save and protect your environment

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya