Comscore Tracker

Pitbull Ternyata Dikenal Sebagai Penjaga Bayi Loh, Nih 5 Faktanya

Pitbull lebih dikenal sebagai nanny dog atau anjing penjaga bayi dan anak-anak...

Baru-baru ini masyarakat dikejutkan oleh kejadian tragis di Kota Malang, Jawa Timur, tepatnya di Jalan Candi Penataran. Seorang bocah bernama Ramisya Bazigha (8), tewas digigit anjing peliharaan berjenis pitbull di bagian leher, Minggu (6/8/2017), sekitar pukul 16.00 WIB.

Belum diketahui secara pasti penyebab anjing ini menggigit bocah tersebut. Dikutip dari Kompas.com, Kapolsek Lowokwaru, Kompol Bindriyo, menyebutkan kejadian itu berawal saat mainan bocah itu jatuh di dekat kandang anjing peliharaan orangtuanya. Seketika itu pitbull menyerang dengan mencakar dan menggigit leher si bocah.

Mengutip dari news.liputan6.com, anjing pitbull yang diperkirakan berusia 4 tahun itu langsung dibawa oleh Unit K-9 Polres Malang Kota. Kondisi mental si anjing mulai membaik dan bisa bersosialisasi.

Seperti apa sih sebenarnya karakter pitbull itu? Benarkah pitbull itu termasuk anjing petarung? Untuk menjawab itu semua, penulis berhasil mewawancarai narasumber yang berpengalaman menangani pitbull sekaligus pelatih anjing di Bamboo Dog Hotel di Bali, Marcel Lay, pada Selasa (8/8/2017), melalui Question and Answer (Q&A) via email, di bawah ini:

1. Bagaimana sifat pitbull sebenarnya?

Pitbull Ternyata Dikenal Sebagai Penjaga Bayi Loh, Nih 5 Faktanyaanguspost.com

Pada dasarnya pitbull mempunyai karakter yang bagus. Pitbull mempunyai sifat dasar setia, penyayang terhadap majikan maupun keluarga mereka. Di mana pada zaman dahulu, pitbull dijadikan sebagai anjing penjaga keluarga terutama anak kecil. Karena kelembutannya di zaman itu, pitbull lebih dikenal sebagai nanny dog (Anjing penjaga bayi dan anak-anak).

Akan tetapi melihat fisiknya kuat, banyak orang menyalahgunakan pitbull sebagai anjing petarung. Pitbull mulai dibesarkan sebagai anjing petarung maupun dijadikan umpan, yang justru hal tersebut jauh dari sifat asli mereka. Hal itulah menjadikan anjing pitbull diasumsikan sebagai anjing yang agresif.

Semua jenis anjing termasuk pitbull dapat dididik menjadi anjing rumah yang sangat ramah ataupun anjing yang berkelakuan kurang baik. Hal tersebut tergantung dari pemilik anjing tersebut.

2. Layakkah bila dijadikan sebagai anjing peliharaan?

Pitbull Ternyata Dikenal Sebagai Penjaga Bayi Loh, Nih 5 Faktanyadogtime.com

Anjing jenis pitbull sangat layak dijadikan sebagai hewan peliharaan. Akan tetapi pemilik anjing harus mempunyai pengetahuan yang cukup luas terhadap jenis anjing ini. Anjing pitbull mempunyai energi yang sangat tinggi sehingga pemilik pun harus bisa menyempatkan waktu untuk melakukan aktivitas positif bersama anjing ini. Contohnya, seperti jalan, lari ataupun berenang.

Memperkenalkan anjing dengan manusia maupun binatang lain akan membuat anjing juga lebih tenang sehingga ketika bertemu dengan manusia selain pemilik atau binatang lain, mereka tidak kaget dan panik. Karena pada dasarnya anjing merupakan hewan sosial yang suka berinteraksi bersama anjing lain maupun manusia.

Dengan aktivitas positif, pengenalan terhadap lingkungan, kesehatan yang bagus dan kasih sayang dari manusia, anjing pitbull akan mempunyai pola pikir seimbang dengan karakter yang bagus.

3. Berapa kali per minggu dan durasi menit sebaiknya pitbull diajak jalan-jalan?

Pitbull Ternyata Dikenal Sebagai Penjaga Bayi Loh, Nih 5 Faktanyavrcpitbull.com

Apabila kita membicarakan mengenai aktivitas positif untuk anjing pitbull, saya selalu sarankan untuk dilakukan setiap hari, minimal dua kali sehari dan dalam jangka waktu antara 1 sampai 1,5 jam. Namun karena setiap anjing mempunyai daya tahan tubuh dan kekuatan yang berbeda, saya sarankan setiap pemilik mempelajari karakter serta daya tahan tubuh anjingnya masing-masing. Apabila pemilik mempunyai kesulitan, saya sarankan untuk berkonsultasi kepada pakar anjing sehingga karakter anjing yang bagus bisa terbentuk.

4. Berapa kali makan per hari dan sebaiknya jenis makanan apa yang diberikan untuk pitbull?

Pitbull Ternyata Dikenal Sebagai Penjaga Bayi Loh, Nih 5 Faktanyaboredpanda.com

Memberikan makanan pada anjing sangatlah bervariasi. Tergantung dari umur dan tingkat metabolisme masing-masing anjing. Walaupun satu jenis, mereka juga mempunyai tingkat metabolisme yang berbeda. Saya sarankan untuk 
mengunjungi dokter hewan untuk mengecek takaran yang terbaik untuk anjing peliharaannya.

Pitbull cenderung mempunyai tipe kulit yang sensitif. Saya sarankan untuk memberikan makanan khusus anjing yang banyak dijual di toko makanan hewan. Apabila terjadi alergi, harus segera dikonsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan saran jenis makanan yang cocok bagi mereka.

5. Sebaiknya pitbull ditaruh di dalam kandang atau ditali di luar ruangan?

Pitbull Ternyata Dikenal Sebagai Penjaga Bayi Loh, Nih 5 Faktanyapetnyaku.com

Berdasarkan pengalaman saya, anjing yang diikat maupun dikandang seharian, sebenarnya tidak ada yang bagus. Dari segi psikologi anjing, kedua cara tersebut dapat menimbulkan stres. Sehingga mereka lebih cenderung mempunyai karakter yang kurang bagus. Hal ini juga membuat hubungan antara pemilik dan anjing kurang baik.

Dari segi kesehatan anjing juga tidak bagus. Berdasarkan dari pengalaman, yang paling baik adalah membiarkan mereka terlepas di area dalam rumah. Bisa di halaman dalam pagar rumah ataupun di dalam rumah, asalkan tidak dibiarkan berkeliaran di jalan. Hal tersebut akan menumbuhkan ikatan yang baik antara anjing dan pemilik serta kepercayaan anjing terhadap manusia.

moo Photo Verified Writer moo

Pengamat tulisan, dan status sosmed orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya