TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Daerah di Indonesia Ini Memiliki Nama yang Unik, Pernah Dengar?

Dari seram sampai nyeleneh

instagram.com/oc_setyawan

Indonesia merupakan negara kepulauan yang cukup besar, dengan luas wilayah sekitar 1,9 juta dan lebih dari 17 ribu pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Selain wilayahnya yang luas, ternyata beberapa daerah di Indonesia memiliki nama yang cukup unik lho, misalnya nama desa yang terinspirasi dari nama hantu, nama dusun yang memiliki arti unik, dan sebagainya.

Nah, kira-kira daerah mana saja yang memiliki nama unik? Berikut beberapa di antaranya.

1. Desa Pocong

instagram.com/hairul_rosikin

Selama ini masyarakat kita mengenal pocong sebagai jenis hantu lokal yang terbungkus kain kafan. Tapi nyatanya, ada juga salah satu daerah di Indonesia yang dinamai dengan nama hantu yang menyeramkan tersebut. Desa Pocong berlokasi di Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Madura.

Konon katanya, desa tersebut diberi nama Desa Pocong lantaran dahulu pernah ada penampakan hantu pocong di hutan daerah tersebut. Dan penduduk di sana percaya bahwa pocong tersebut adalah penampakan warga yang baru saja meninggal. Sehingga diputuskanlah desa tersebut dinamai Desa Pocong. Serem bukan?

2. Kelurahan Sukamiskin

instagram.com/berita.inspiratif

Nama Sukamiskin memang memiliki arti yang aneh, tapi nyatanya, ada kelurahan yang bernama Sukamiskin di daerah Bandung. Di Kelurahan Sukamiskin tersebut juga terdapat sebuah penjara yang digunakan untuk menghukum para pelaku kejahatan korupsi.

Baca Juga: Jika Ada 9 Hal Konyol Ini, Artinya Kamu Masih di Indonesia

3. Dusun Koplak

instagram.com/Andri.acik

Dalam bahasa Jawa, koplak artinya konyol. Istilah ini kerap digunakan oleh orang-orang Jawa untuk menyebut temannya yang bertingkah ceroboh, bodoh, dan lucu. Tapi jauh sebelum istilah ini populer digunakan oleh remaja di Jawa, kata 'koplak' sudah digunakan terlebih dahulu untuk menamai sebuah dusun di kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Desa Toket

instagram.com/_rigel23_

Jangan berpikiran ngeres dulu, toket di sini adalah nama sebuah Desa di Pamekasan, Madura. Memang di daerah lain istilah toket kerap digunakan untuk menyebut payudara. Tapi di desa ini, kamu dilarang keras menggunakan nama desa ini sebagai bahan guyonan, terlebih untuk hal-hal berbau seksis demi menjaga perasaan penduduk sekitar.

5. Desa Tutup

instagram.com/oc_setyawan

Tenang-tenang, Desa Tutup di sini bukan berarti desanya sudah tidak pernah buka ya. Desa Tutup merupakan nama sebuah desa yang berada di Blora, Jawa Timur. Jadi, walaupun namanya Desa Tutup, tapi desa ini selalu buka dan siap dikunjungi kapan pun kok.

Baca Juga: 10 Tulisan Nyeleneh yang Ada di Belakang Truk, Tapi Ada Benarnya Juga

Verified Writer

Eka Ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya