TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Akronim Istilah dalam Lebaran, Bikin Baper!

Daripada baper, mendingan makan lemper, karena laper!

iddpbbm.com

Nuansa Lebaran masih terasa. Kerabat jauh yang sudah bertahun-tahun tidak bersua datang dengan membawa sejuta kisah dan cerita. Kue-kue masih menghiasi meja-meja tamu. Rendang dan opor ayam menyisakan kuah-kuah yang sudah mengering.

Setiap Ramadan dan Idul Fitri, biasanya telinga kita sering sekali mendengar istilah-istilah yang berkaitan langsung dengan perayaan umat Islam tersebut. Berikut ini 10 istilah dalam Lebaran yang diplesetkan menjadi kepanjangan ngasal yang dijamin membuat kamu baper:

1. THR (Tunangan Habis Ramadan)

viva.co.id

Ciee, setelah bertahun-tahun pacaran, akhirnya bertunangan juga. Fase kehidupan sebelum memulai ke jenjang pernikahan ini banyak dilakukan pasangan muda agar lebih meyakinkan diri sekaligus menegaskan maksud bahwa hubungan mereka sudah sangat serius untuk membina mahligai rumah tangga yang diidamkan banyak orang.

2. Mudik (Muda-mudi ingin kawin)

kompas.com

Kawin dalam artian menikah, bukan kawin a la musim kucing-kucingan di pekarangan rumah yang suaranya sering membuat gaduh. Setelah THR (Tunangan Habis Ramadan), banyak pasangan muda-mudi yang melangsungkan pernikahan. Meski masih muda, tak ada salahnya menikah jika keduanya sudah siap lahir dan batin.

3. Lebaran (Lebih baik bubaran)

indowarta.com

Nah, jika sebuah hubungan sudah tidak bisa lagi membuat masing-masing fihak merasa nyaman, untuk apa lagi dipertahankan? Daripada saling menyakiti dan tersakiti, lebih baik bubaran saja. Introspeksi diri masing-masing. Memutuskan hubungan percintaan bukan merupakan akhir dunia. Hidup tidak melulu soal cinta.

4. Salaman (Salah memilih pasangan)

tempo.co

Ini adalah sebuah konsekuensi. Salah memilih pasangan setelah memasuki hubungan yang lebih serius merupakan sebuah kesalahan besar. Ada banyak perbedaan yang tiba-tiba saja timbul tanpa diduga sebelumnya. Ada sekelumit kisah tak biasa yang tak terbantahkan, yang muncul seketika. Pilihan ada ditanganmu: berhenti dan putuskan, atau melanjutkan dengan sebuah konsekuensi?

5. Hari raya (Hakikat dari rasa percaya)

palingseru.com

Rasa saling percaya kepada pasangan masing-masing kerap sangat dibutuhkan dalam sebuah kisah percintaan. Hubungan tanpa kepercayaan seperti bom waktu yang semakin dekat menuju kehancuran. Kepercayaan pun harus dilandasi saling menghormati dan menghargai masing-masing pasangan. Tak ada curiga, apalagi cemburu yang tidak beralasan.

Baca juga: 10 Meme Lebaran Ini Siap Menggelitik Momen Lebaranmu

6. Ceramah (Cerita rahasia masalah hati)

abiummi.com

Bahasa kekiniannya curhat. Biasanya dilakukan oleh perempuan ke perempuan, meski tidak sedikit juga dilakukan oleh laki-laki kepada laki-laki. Entah curhat mengenai kehidupan hubungan asmara yang banyak membahas masalah pernikahan, kehidupan masa depan, atau keindahan mereka bersama pasangan masing-masing.

Namun, alangkah lebih baik melakukan ‘cerita rahasia masalah hati’ kepada Tuhan. Menyejukkan dan menentramkan.

7. Idul Fitri (Ingin duduk lama di felaminan, yang lain ngantri)

wacana.web.id

Yuhu, baru saja bertunangan, sudah berani membayangkan duduk di pelaminan bersama kekasih tercinta, dan para tamu undangan datang mengantri berebut mengucapkan selamat.

Pelaminan memang merupakan impian setiap pasangan. Kursi mewah itu konon mempunyai daya magis yang membuat orang yang duduk di atasnya merasakan puncak kebahagiaan tertinggi dalam kehidupan.

8. Baju baru (Bakal jujur bakal rukun)

drwox.com

Dalam sebuah hubungan yang sehat, kejujuran merupakan pangkal dari kerukunan. Selain komunikasi, kejujuran merupakan pondasi terkuat dalam kisah percintaan umat manusia di dunia. Jika kejujuran sudah menjadi kebutuhan dalam sebuah hubungan, bisa dipastikan masing-masing pasangan akan saling menghargai.

9. Rangginang (Rangkaian gita meminang)

kompas.com

Sebelum mengutarakan maksud untuk meminang, biasanya si laki-laki mengajak perempuan ke sebuah restoran dengan konsep candle light dinner. Suasana yang romantis, keremangan yang damai, biasanya ditambah dengan alunan petikan gitar yang mempesona.

Dengan melantunkan gita asmara, dengan wajah yang ceria, satu kalimat pun mulai terucap: “will you marry me?”

Baca juga: 15 Meme Tulisan di Motor Pemudik Ini Bikin Ngakak!

Verified Writer

Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya