TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Hal yang Dirasakan oleh Fans KPop Era Generasi 1 dan 2

Fangirl KPop generasi old mana suaranya?

imdb.com

Sering berjalannya waktu, banyak hal yang telah mengalami perubahan, salah satunya musik KPop. Saat ini banyak sekali grup baru yang telah lahir. Dari yang awalnya grup junior telah berubah menjadi senior, sehingga peralihan generasi grup tidak dapat di hindarkan.

Grup KPop generasi 1 dan 2 di antaranya adalah HOT, Super Junior, BIGBANG, dan SHINee.

Bagi para penikmat KPop sejak lama, pasti ada beberapa perubahan yang dirasakan, apalagi jika sudah menjadi fans sekitar 10 tahunan. Khusus kamu yang sudah jadi fangirl sekian lama, pasti mengalami 7 hal ini.

1. Kalau di tanya masih cinta oppa atau tidak, tentu saja masih. Hanya saja, kegiatan untuk fangirling sudah berkurang dan tak sebanyak dulu

soompi.com

Jika ditanya masih cinta oppa atau tidak, tentu saja masih. Hanya saja, waktu untuk fan girling tidaklah sebanyak dulu seperti saat masih sekolah atau kuliah.

Fans lama punya cara sendiri untuk mendukung idolanya tetap eksis, misalnya datang langsung ke Korea untuk menonton konser.

Karena banyak kesibukan, fans lama tak ada waktu streaming atau nonton YouTube, lebih baik langsung saja datang ke konsernya jika ada kesempatan.

2. Kalau dulu dengar berita oppa kencan takut banget, sekarang sudah bisa menerima kok. Toh, mereka memang sudah dewasa dan berhak pacaran juga

soompi.com

Salah satu ketakutan besar fangirl adalah mendengar berita oppa kencan atau wamil. Bukan karena apa, rasanya tidak rela membagi oppa pada satu wanita karena oppa adalah milik bersama, hehe. Yah tapi itu dulu. Sekarang bagi fans lama, mendengar berita oppa kencan atau menikah tidaklah semenakutkan dulu.

Bahkan fans turut senang dan mengucapkan selamat jika memang oppa sudah berhasil menemukan wanitanya. Contohnya Taeyang BigBang, VIP sangat senang dan menerima Min Hyo Rin sebagai bagian keluarga dari BigBang. Toh, oppa juga sudah dewasa dan berhak mengecap cinta juga.

3. Karena sudah menjadi fans Kpop sejak lama, sedikit demi sedikit jadi jago bahasa Korea

soompi.com

Sebagai fans yang sudah sepuh, pemahaman akan Bahasa Korea juga telah meningkat drastis.

Kalau dulu hanya bisa mengerti beberapa kalimat pendek, sekarang sudah mengerti beberapa kalimat panjang yang rumit. Tulisan hangul dan lainnya juga sudah diluar kepala lho.

4. Kalau dulu sering fanwar, sekarang sudah lebih sudah lebih kalem. Ah~ masa-masa seperti itu mah sudah lewat

seoulbeats.com

Dulu fans lama juga pernah fanwar kok. Bedanya, sekarang sudah tidak lagi. Selain tak ada manfaatnya, malu rasanya kalau masih fanwar. Kalau di ingat-ingat, sangat lucu jika dulu meributkan sesuatu yang sifatnya sepele.

Fans lama sadar betul kalau tak ada yang sempurna di dunia ini, setiap fandom pasti punya kekurangan dan kelebihan. Akan lebih baik kalau hidup damai-damai saja.

5. Kalau dulu bisa online 24 jam untuk kepoin oppa, sekarang tidak lagi. Paling hanya intip internet sesekali karena sibuk kerja

saokpop.com

Dulu, fans lama bisa online seharian untuk mendukung idola. Semua sosial media bergerak aktif secara bersamaan untuk kepo tentang kegiatan oppa.

Namun seiring berjalannya waktu, aktivitas fangirling sudah jauh berkurang. Karena sibuk dengan pekerjaan masing-masing, paling hanya bisa mengintip sesekali tentang kegiatan para oppa.

6. Jadi fans sekian lama rasanya seperti tumbuh bersama dengan idola. Tak terasa semuanya telah dewasa

metro.co.uk

Tak terasa waktu berjalan begitu cepat. Dari yang masih muda belia, sekarang sudah beranjak dewasa.

Ada fans yang sudah bekerja, menikah sampai punya kesibukan sendiri. Rasanya seperti tumbuh dewasa bersama-sama dengan idola, sungguh tak terasa ya.

Verified Writer

Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya