TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Es Krim Jadul Paling Populer di Era 90-an, Favorit Kamu yang Mana?

Jajanan kesukaan anak 90-an nih! #IDNTimesHype #ANGPOIN

instagram.com/tukangjajanid

Es krim selalu menjadi salah satu jajanan favorit banyak orang, terutama anak-anak. Di zaman sekarang, kalau mau beli es krim, kita harus mampir ke minimarket dekat rumah. Namun, itu beda ceritanya kalau kamu menghabiskan masa kecil di era 90-an.

Untuk urusan jajan, anak 90-an jauh lebih beruntung karena di masa itu masih banyak penjual jajanan keliling, termasuk penjual es krim. Bahkan, bukan hanya es krim kemasan, anak 90-an juga dimanjakan dengan berbagai jenis es krim tradisional yang unik dan gak kalah enak! Ada ada saja?

1. Es goyang

instagram.com/tukangjajanid

Bisa dibilang, es goyang merupakan versi jadul dari es krim zaman now, contohnya popsicle. Kenapa namanya harus es goyang? Ini karena untuk membuatnya, si penjual harus menggoyang-goyangkan gerobaknya selama beberapa menit.

Gak kalah dari es krim zaman sekarang, es goyang juga terdiri dari beberapa rasa, yaitu rasa vanila, cokelat, dan stroberi. Biar rasanya lebih nikmat, penjual es goyang akan mencelupkan es yang sudah jadi ke lelehan cokelat. Gimana? Nikmat banget, kan?

Baca Juga: Resep Roti Krim Kepang 8, Kudapan Simpel yang Mewah dan Mudah Dibuat

2. Es nong-nong

instagram.com/tuniksolo

Es nong-nong atau yang juga dikenal dengan nama es dung-dung menjadi es krim jadul selanjutnya yang jadi favorit anak 90-an. Kabar baiknya, kamu masih bisa menemukan penjual es ini di depan sekolah SD atau berkeliling dari satu gang ke gang lainnya.

Salah satu ciri khas es nong-nong adalah bunyi gerobaknya. Meski pilihan rasanya gak beragam, es nong-nong ini juga dilengkapi topping meses warna-warni plus setangkup roti yang jadi wadahnya.

3. Es potong

instagram.com/sumedang_banget

Selain es goyang, anak 90-an juga suka banget jajan es potong. Nah, karena panjangnya gak kira-kira, para penjual harus memotong es krim ini jadi beberapa bagian dulu sebelum memberikannya pada anak-anak.

Berbeda dengan es nong-nong yang pilihan rasanya terbatas, es potong tersedia dalam berbagai rasa, mulai dari rasa standar, seperti cokelat, sampai rasa yang agak unik, seperti ketan hitam lengkap dengan ketannya.

4. Es gabus

instagram.com/indokulinergram

Dari semua es jadul yang populer di era 90-an, es gabus adalah salah satu es yang memiliki penampilan paling menarik. Sayangnya, es gabus sekarang sudah langka dan sulit dicari keberadaannya.

Buat kamu yang penasaran, es satu ini terbuat dari tepung hunkue dan terdiri dari tiga warna, yaitu kuning, merah muda, dan hijau yang jadi ciri khasnya. Nah karena rasanya enggak terlalu manis, biasanya penjual akan menyiram potongan es gabus dengan susu kental manis rasa cokelat.

Baca Juga: Resep Matcha Sorbet, Menu Es Krim Segar yang Mudah Dibuat!

Verified Writer

Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya