TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Selain Doraemon, 15 Kartun Ini Pernah Jadi Tontonan Anak-anak Era 90an

Jadi pengin kembali ke masa kecil!

Agambiarra.com

Semasa kecil, di setiap hari Minggu atau hari libur sekolah pasti kita disuguhi kartun-kartun untuk ditonton bersama keluarga. Sangat bertolak belakang dengan sekarang yang jarang sekali kita jumpai kartun-kartun seru di televisi.

Buat anak-anak 90an pastinya kartun-kartun di bawah ini sudah tidak asing lagi, yang membuat kita betah lama-lama duduk di depan televisi. Kartun apa saja ya yang pernah mejadi tontonan menarik saat kecil? Dijamin membuat kita merasa ingin kembali lagi ke masa-masa kecil kita dulu.

1. Ufo Baby

https://www.youtube.com/embed/w3Ky3Pw8tp8

Kartun yang diangkat dari majalah komik mingguan Nakayoshi ini menceritakan tentang seorang remaja bernama Miyu yang dititipkan oleh orangtuanya pada keluarga Saionji yang tinggal di kuil. Pak Saionji memiliki seorang putra bernama Kanata yang seusia dengan Miyu.

Suatu hari Pak Saoinji mendapat tawaran pekerjaan ke luar negeri sehingga terpaksa harus meninggalkan Kanata dan Miyu berdua. Setiap hari pertengkaran demi pertengkaran selalu terjadi pada Kanata dan Miyu yang sama-sama tidak mau mengalah.

Tiba-tiba sebuah ufo jatuh dari langit di depan rumah Kanata, di dalam ufo terdapat seorang bayi yang kemudian tinggal bersama Kanata dan Miyu.

2. Let's & Go

https://www.youtube.com/embed/z9n6b1iTEjc

Kartun yang tayang pada hari Minggu ini menceritakan tentang dua orang kakak beradik bernama Retsu dan Go Seiba yang sama-sama gemar bermain Tamiya. Keduanya memiliki mobil andalannya masing-masing, Retsu dengan mobil Sonicnya dan Go dengan mobil Magnumnya.

Mereka berdua sering bersaing di sirkuit Tamiya mengandalkan mobil andalannya masing-masing.  

3. Kobo Chan

https://www.youtube.com/embed/9N6RgU1G8hU

Kartun ini menceritakan tentang keseharian seorang anak berumur 5 tahun bernama Kobo yang tinggal bersama orangtua, kakek, nenek dan pamannya di sebuah rumah sederhana. Dengan kepolosan Kobo yang terjebak dalam situasi kocak membuat kartun ini menjadi tontonan yang menarik dan seru.

4. Chibi Maruko Chan

https://www.youtube.com/embed/6sSR1N4M63g

Chibi Maruko Chan merupakan film kartun yang diangkat dari manga populer karya Momoko Sakura. Menceritakan tentang kelucuan seorang anak kelas 3 SD bernama Maruko yang memiliki sifat pemalas, ceroboh dan susah bangun pagi. Maruko tinggal bersama orangtua, kakak perempuannya, kakek dan neneknya di sebuah rumah sederhana.

5. Hamtaro

https://www.youtube.com/embed/uc4S0E3N3z4

Kartun ini mengisahkan tentang petualangan hamster kecil bernama Hamtaro yang dipelihara oleh seorang gadis kecil bernama Haruna. Hamtaro adalah hamster pemberani yang selalu siap untuk membantu teman-temannya di kelompok Ham-Hams.

6. Crayon Shinchan

https://www.youtube.com/embed/ndchnZCGCMA

Kartun ini mengisahkan tentang keseharian seorang anak laki-laki berusia 5 tahun bernama Shinchan. Dia adalah murid taman kanak-kanak yang nakal dan sering membuat repot semua orang di sekelilingnya.

7. Baby Huey

https://www.youtube.com/embed/Le0fU7SjrnI

Kartun ini bercerita tentang seorang bayi bebek yang terlahir dengan tubuh sangat besar dan tidak lazim dibanding anak-anak bebek pada umumnya bernama Huey. Karena tubuhnya yang besar, Huey sering menjadi incaran para binatang karnivora jahat, terutama si rubah.

8. Tweety

https://www.youtube.com/embed/aMq5oWZcU74

Kartun ini menceritakan tentang seorang burung kuning yang lucu bernama Tweety, Tweety adalah hewan peliharaan nenek Granny. Selain Tweety, ada juga tokoh Sylvester, seekor kucing hitam yang selalu ingin memakan Tweety namun selalu berakhir dengan kegagalan.

9. The PowerPuff Girls

https://www.youtube.com/embed/Ol9RbvLczrI

Kartun buatan Amerika ini mengisahkan tentang tiga gadis yang mempunyai kekuatan super bernama Blossom, Buttercup, dan Bubbles yang diciptakan oleh professor Utonium untuk menumpas musuh yang ingin menghancurkan kota Townsville.

10. P-Man

https://www.youtube.com/embed/GWIWyPsx9UQ

Kartun ini bercerita tentang seorang anak laki-laki kelas 4 SD bernama Mitsuo Suwa yang juga seorang pahlawan bernama P-Man. Dalam menjalankan tugasnya, P-Man dibantu oleh P-Girl, Booby dan Fat-Man. Sedangkan sebagai Mitsuo, memiliki tiga orang teman bernama Kabao, Sabu dan Mi-Chan.  

11. Sailor Moon

https://www.youtube.com/embed/mXsc8Sigg8I

Kartun ini menceritakan tentang seorang siswi SMP bernama Usagi Tsukino yang ceroboh dan cengeng. Setelah tanpa sengaja bertemu kucing hitam bernama Luna yang memiliki lambang bulan sabit di dahinya, Usagi jadi bisa berubah menjadi Sailor Moon yang bertugas untuk menumpas kejahatan dan membela kebenaran.

Usagi tidak sendirian, ada empat orang teman yang membantunya di Sailor Moon bernama Rei, Makoto, Minoko dan Ami.

12. Cardcaptor Sakura

https://www.youtube.com/embed/5mv8hHf3STc

Berkisah tentang sorang gadis bernama Sakura yang sering mendapatkan mimpi aneh. Sepulang sekolah Sakura mendengar suara misterius yang dikiranya pencuri, suara itu membawa Sakura menuju basement rumahnya yang dipenuhi oleh buku dan menemukan sebuah buku yang bercahaya.

Di dalam buku tersebut terdapat sebuah kartu “The Windy”, setelah membaca tulisan tersebut, secara ajaib, semua kartu clow bertebaran ke seluruh penjuru kota.

13. Makibao

https://www.youtube.com/embed/pqbnPn_p8s0

Kartun ini bercerita tentang seekor anak kuda bernama Makibao. Makibao memiliki cita-cita menjadi kuda juara seperti orangtuanya, dalam usahanya itu Makibao dibantu oleh teman-temannya sampai akhirnya mengikuti turnamen.

14. Ninja Hatori

https://www.youtube.com/embed/zD98R1KLWNs

Menceritakan tentang seorang ninja kecil bernama Hatori yang tinggal di rumah keluarga Mitsuba. Keluarga Mitsuba memiliki seorang anak laki-laki seusia Hatori bernama Kenichi. Hatori sering membantu Kenichi dengan berbagai masalah yang dihadapinya. Lalu ada Kimimaki, seorang ninja dari Koga yang sering membuat ulah dengan Kenichi.

Verified Writer

Asih Purwanti

Menulis adalah cara untuk melarikan diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya