TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film Korea yang Dibikin Versi Indonesia, Terbaru My Sassy Girl 

Tiara Andini dan Jefri Nichol dipasangkan di My Sassy Girl

poster film My Sassy Girl | penampilan Tiara Andini dan Jefri Nichol di My Sassy Girl versi Indonesia (dok. ShinCine Communications/My Sassy Girl | instagram.com/falconpictures_)

Pada dasarnya, nyaris tidak ada ide cerita yang benar-benar murni. Selalu ada cerita lain yang menginspirasi ide tersebut. Yang membuat setiap karya berbeda ialah keunikan yang ditonjolkan dari pengemasan idenya.

Nah, pengemasan ide itu sendiri bisa bermacam-macam bentuk. Entah dikombinasikan dengan genre lain, atau dimasukkan unsur-unsur kebudayaan, dan sebagainya. Tak menutup kemungkinan pula jika sebuah cerita diadaptasi langsung, dengan kata lain diproduksi kembali dengan versi berbeda. Seperti lima film Korea berikut.

Setelah mendulang kesuksesan yang besar di negaranya, film-film Korea ini di-remake oleh berbagai negara, termasuk Indonesia. Yuk kita lihat film apa saja yang ada versi Indonesianya berikut ini!

1. Whispering Corridors (1998)

Whispering Corridors merupakan film horor yang rilis pada tahun 1998. Film ini mengambil latar di sekolah khusus putri yang bernama Jookran High School. Rumornya, sekolah itu dihuni oleh sesosok hantu perempuan yang dahulu menjadi murid di sana. 

Kejadian-kejadian aneh bermunculan. Mulai dari guru yang bunuh diri, sampai beberapa orang menghilang dari sekolah.

Tak kalah menegangkan, Whispering Corridors juga diadaptasi ke dalam versi Indonesia berjudul Sunyi. Diperankan oleh Amanda Rawles dan Angga Yunanda, film ini berhasil mencuri perhatian 400 ribu lebih penonton di bioskop.

Baca Juga: 5 Film Korea Nominasi Terbaik di Buil Film Awards 2021

2. My Sassy Girl (2001)

Beberapa waktu lalu baru saja diumumkan bahwa Falcon Pictures akan memproduksi kembali film asal Korea Selatan, My Sassy Girl yang telah tayang perdana di tahun 2001. Film yang diangkat dari kisah nyata ini berkisah tentang pertemuan tidak sengaja antara seorang mahasiswa teknik bernama Gyeon Woo (Cha Tae Hyun) dengan gadis mabuk di kereta bawah tanah. Karena sebuah kesalahpahaman, Gyeon Woo terpaksa bertanggung jawab pada gadis tersebut.

My Sassy Girl versi Indonesia diperankan oleh Jefri Nichol dan Tiara Andini. Nama-nama bintang populer itu membuat film ini sangat dinantikan oleh khalayak ramai. Tayang di tahun 2022, kira-kira akan seperti apa penampilan Nichol dan Tiara, ya?

3. Sunny (2011)

Mengangkat kisah persahabatan pada masa SMA, film Sunny menggunakan alur mundur dalam penyajiannya. Cerita berawal dari Na Mi (Shim Eun Kyung) yang berkunjung ke rumah sakit guna mengunjungi sang ibu. Ia lalu bertemu dengan sahabat lamanya, Ha Chun Hwa (Kang So Ra) yang sedang dirawat karena mengidap kanker.

Chun Hwa meminta Na Mi untuk mengumpulkan anggota SUNNY, nama geng mereka ketika sekolah dahulu. Dari sinilah dimulai kilas balik kisah mereka pada sekitar tahun 1980-an.

Tayang pada Oktober 2019, Bebas menjadi film Indonesia hasil remake dari Sunny. Dalam versi Indonesia-nya ini penonton diajak untuk menyaksikan penampilan Sheryl Sheinafia, Agatha Pricilla, Zulfa Maharani, hingga Syifa Hadju.

4. Miracle in Cell No. 7 (2013)

Sama seperti My Sassy Girl, Miracle in Cell No. 7 juga diambil dari kisah nyata. Bedanya, film ini merupakan drama keluarga yang sangat menguras air mata.

Diceritakan Lee Yong Goo (Ryu Seung Ryong) merupakan seorang ayah yang memiliki keterbelakangan mental. Suatu hari, ia harus mendekam di penjara atas tuduhan pemerkosaan dan pembunuhan. Akibatnya, ia harus berpisah dengan putrinya, Ye Seung (Kal So Won) yang masih berusia 6 tahun.

Cerita terus berlanjut sampai Ye Seung tumbuh dewasa. Saat ayahnya telah berpulang, ia akhirnya berhasil membuktikan bahwa sang ayah tidak bersalah. Cerita mengharukan ini telah banyak diadaptasi ke berbagai versi, seperti India, Turki, Filipina, dan termasuk pula Indonesia.

Baca Juga: 11 Film Korea yang Diangkat dari Kisah Nyata, Sedih Banget Nontonnya

Verified Writer

Addini Safitri

Hope what I share can be useful for you. Be my friend on Instagram: @addini_sft

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya