TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Fakta Money Heist Korea, Topeng Hahoetal hingga Kota Khayalan

Money Heist dengan kearifan Korea Selatan segera meluncur

Konferensi Pers Money Heist Korea: Joint Economic Area [22/6/2022] (dok. Netflix/Money Heist Korea: Joint Economic Area/)

Money Heist Korea: Joint Economic Area akan tayang perdana pada Jumat (24/6/2022) di Netflix. Part 1 dari serial adaptasi Money Heist ini hadir dengan 6 episode.

Pada Rabu (22/6/2022), IDN Times hadir di konferensi pers virtual Money Heist Korea: Joint Economic Area. Hadir dengan kearifan lokal Korea, penonton akan disuguhkan dengan kisah dan karakter yang lebih beragam.

Serial ini menggandeng deretan artis ternama Korea Selatan, seperti Park Hae Soo, Yoo Ji Tae, Lee Won Jong, Park Myung Hoon, hingga Lee Hyun Woo. Ini dia 6 fakta menarik Money Heist Korea: Joint Economic Area (2022) yang perlu kamu tahu.

1. Money Heist Korea: Joint Economic Area (2022) hadir dengan situasi dan karakter yang Korea banget

Konferensi Pers Money Heist Korea: Joint Economic Area [22/6/2022] (dok. Netflix/Money Heist Korea: Joint Economic Area/)

Ryu Yong Jae, penulis Money Heist Korea: Joint Economic Area (2022), secara langsung memuji orisinalitas serial ini. Dengan segala kekuatan, seperti karakter dan ide cerita, Penulis Ryu merasa harus menyuguhkan karya yang tidak sekadar adaptasi.

"Aku tidak bisa hanya meniru (serial orisinalnya). Mereka menawarkanku pekerjaan ini dan aku yakin kami bisa mengadaptasinya dengan ciri khas Korea," ujar penulis Ryu Yong Jae.

Money Heist Korean: Joint Economic Area (2022) akan menyuguhkan kisah penyatuan Korea Selatan dan Korea Utara di masa depan.

"Aku rasa hubungan antar dua Korea bisa jadi sebuah ide dengan latar waktu dan tempat di masa depan," lanjutnya.

"Aku pikir penonton Korea akan menikmati serial ini sekaligus membayangkan jika hal seperti ini terjadi di masa depan," harap penulis Ryu. Keputusan ini dirasa bisa menarik rasa penasaran penggemar serial original Money Heist, termasuk diterima oleh penonton Korea Selatan.

2. Sisi lain karakter Berlin, Tokyo, Nairobi, hingga Moscow versi Korea

Konferensi Pers Money Heist Korea: Joint Economic Area [22/6/2022] (dok. Netflix/Money Heist Korea: Joint Economic Area/)

Tidak hanya latar belakang cerita yang diubah, Ryu dan sang sutradara, Kim Hong Sun, juga memberikan sentuhan lain untuk para karakter.

"Aku rasa, jika kita mengadaptasi latar belakang dan karakter yang Korea banget, kita bisa memberikan sesuatu yang baru," ujar Kim.

Meski terlihat sama, beberapa karakter memiliki latar belakang dan deskripsi sifat yang cukup berbeda. Contohnya adalah karakter Tokyo yang diperankan oleh Jun Jong Seo.

"Dia cukup lugu dan haus pengakuan dari Professor. Jadi dia tidak mudah terdistraksi, dia sangat stabil, dan fokus dengan tujuannya," cerita Jung Jong Seo tentang sosok Tokyo.

Ia melanjutkan, "Jadi dia bukan toublemaker."

Bagi penikmati Money Heist original tentu tahu jika Tokyo adalah sosok yang tidak mudah ditebak dan jarang berpikiran dingin. Sering kali ia menjadi pusat masalah yang terjadi di dalam perampokan.

Karakter Nairobi (Jang Yoon Ju) digambarkan sebagai penipu yang lebih ceria. Sedangkan Lee Hyun Woo digambarkan sebagai hacker sekaligus mahasiswa kedokteran yang ikut perampokan, karena ingin membangkang kepada orangtuanya.

Baca Juga: 10 Cuplikan Money Heist Korea, Siap Mendunia Juni 2022

3. JEA (Joint Economic Area), kota khayalan yang diharapkan jadi kenyataan

Konferensi Pers Money Heist Korea: Joint Economic Area [22/6/2022] (dok. Netflix/Money Heist Korea: Joint Economic Area/)

Agar membuat alur Money Heist Korea: Joint Economic Area (2022) terlihat nyata, Ryu menciptakan kota khusus bernama JEA. Kota buatan ini berada di semenanjung antara Korea Selatan dan Korea Utara.

"Aku suka konsep Joint Economic Area di mana orang Korea Utara dan Korea Selatan bebas melakukan aktivitas (bersama). Latar tempatnya, seperti Korea Utara, tapi di saat bersamaan juga bak Korea Selatan," katanya.

Ia berharap persatuan Korea Utara dan Selatan di masa depan benar terjadi. Penulis menambahkan, "Aku berharap serial ini bisa menumbuhkan harapan terjadinya (penyatuan Korea Utara dan Selatan)."

4. Bukan Salvador Dali, topeng Hahoetal yang jadi ikonnya

Konferensi Pers Money Heist Korea: Joint Economic Area [22/6/2022] (dok. Netflix/Money Heist Korea: Joint Economic Area/)

Selain jumpsuit berwarna merah, topeng Salvador Dali jadi ikon para perampok. Di Money Heist Korea: Joint Economic Area (2022), topeng Hahoetal yang akan menjadi ikonnya.

Park Hae Soo menegaskan bahwa  kedua topeng tersebut memiliki pesan yang serupa. Ia berkata, "Topeng Dali digunakan untuk mengirim pesan kebebasan. Dan di Korea, kita menggunakan topeng Hahoetal di daerah Andong."

Jun Jong Seo menambahkan, "Aku sangat terkejut, karena (Hahoetal) bukan topeng yang berekspresi datar, tapi memiliki senyum yang lebar dan secara tidak langsung menyuguhkan sense of humor. Di saat bersamaan juga membawa kesan misterius."

5. Nairobi dan Cho Youngmin dianggap relate dengan sosok Jang Yoon Ju hingga Park Myung Hoon

Konferensi Pers Money Heist Korea: Joint Economic Area [22/6/2022] (dok. Netflix/Money Heist Korea: Joint Economic Area/)

Ketika ditanya siapa aktor yang paling mirip dengan karakter peran mereka, para pemain menunjuk Jang Yoon Ju dan Park Myung Hoo. Keduanya dianggap punya kemiripan dari segi sifat atau pembawaan.

"Aku sangat ceria dan Nairobi juga. Aku orang yang energik, (sedangkan) Nairobi (juga) energik dan mencintai dirinya sendiri," jelas Jang Yoon Ju yang memerankan karakter Nairobi. 

Sementara itu, penulis Ryu juga merasa jika sosok asli Park Myung Hoo berbeda dengan perannya di film Parasite (2019). Saat pertama melihatnya di bar, penulsi Ryu langsung menawari peran Cho Youngmin direktur gedung percetakan uang.

Sedangkan Yoo Ji Tae menganggap dirinya persis seperti Professor, karena cara berpakaiannya. "Aku naik lift di apartemenku dan ada tamu yang bertanya, apakah aku seorang profesor?"

Baca Juga: 13 Rekomendasi Drama Korea Hits Juni 2022, Ada Money Heist Versi Korea

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya