TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Berawal Egois, 5 Pesan Moral dari Drama Korea Monstrous

Musuh terbesar adalah diri sendiri

poster drama Korea Monstrous (instagram.com/tving.official)

Tanggal 29 April 2022, TVING menghadirkan melodrama berbalut thriller supernatural, Monstrous. Sebuah drama berjumlah enam episode yang menceritakan tentang gwibul, patung Budha dirasuki roh jahat.

Karena hal ini, warga sekitar yang berjiwa lemah akan kerasukan dan membunuh apa yang di depannya. Dibintangi oleh artis papan atas, seperti Shin Hyun Bin, Koo Kyo Hwan, Park Ho San, Kim Ji Young, Nam Da Reum, dan Kwak Dong Yeon, mampu membuat penonton mengambil makna dari drama ini.

Berpusat pada keegoisan semata, inilah beberapa pesan yang bisa diambil dari drama Korea Monstrous. Langsung simak, yuk!

1. Di mana pun berada, hendaknya taati aturan setempat

Park Ho San (Gubernur Jinyang) di drama Korea Monstrous (Dok. Tving)

Seperti peribahasa "Di Mana Bumi Dipijak, di Situ Langit Dijunjung". Artinya, seseorang hendaklah patuh terhadap aturan atau adat istiadat yang berlaku di mana ia berada. Hal ini sangat berlawanan dengan sikap pak gubernur (Park Ho San).

Ia lebih mengedepankan ego ketimbang menghormati aturan leluhur. Ia memfokuskan perhatian pada revolusi industri dan pariwisata keempat. Ia ingin Jinyang menjadi dikenal oleh masyarakat dunia.

Karena niat tersebut, ia pun memerintahkan kepada anak buahnya untuk membersihkan patung Budha. Bahkan penutup mata patung tersebut dilepas agar enak dipandang mata. Siapa sangka berawal dari keegoisan pak gubernur menjadi petaka bagi warga dan dirinya.

Baca Juga: 10 Fakta Hubungan Koo Gyo Hwan dan Shin Hyun Bin di KDrama Monstrous

2. Hanya merasa punya power tak perlu lah menutup telinga

Nam Da Reum (Han Do Kyung) dan Kwak Dong Yeon (Kwak Yong Joo) di drama Korea Monstrous (instagram.com/tving.official)

Mau setinggi apapun jabatan bahkan orang cerdas pun hendaknya tak menutup telinga atas saran atau kritik dari sekitarnya. Apalagi menyangkut kehidupan orang banyak.

Pak gubernur pun sebelumnya sudah diingatkan oleh seorang biksu untuk tidak mengganggu patung Budha. Namun sayangnya, saran ini tak diindahkan oleh pak gubernur.

Ia pun tidak percaya akan terjadinya petaka hanya karena patung. Hasratnya yang tinggi ingin jadi terkenal mengalahkan masukkan orang sekitar.

3. Sakit hati, belum ikhlas, dan dendam sudah pasti berujung menyakitkan

Kwak Dong Yeon (Kwak Yong Joo) di drama Korea Monstrous (instagram.com/tving.official)

Patung Budha yang kerasukan roh jahat ini mengincar jiwa yang lemah. Jiwa yang dimaksud adalah jiwa yang belum merelakan kejadian pahit. Begitu orang tersebut kerasukan, ia akan membunuh apa yang ada di depannya secara brutal.

Sama dengan di kehidupan nyata, ketika dendam sudah mendarah daging, seseorang pun rela membunuh agar terlampiaskan dendamnya. Kasus ini pun sudah sering dijumpai di media massa.

Waktu yang diperlukan untuk mengihlaskan kejadian pahit sangatlah lama dan tidak bisa langsung seketika. Dibutuhkan latihan berkali-kali agar menjadi seseorang yang lapang. Jika tidak dilatih, hati yang tersakiti akan menyengsarakan diri sendiri.

4. Rasa cinta kasih akan menguatkan segalanya

Nam Da Reum (Han Do Kyung) di drama Korea Monstrous (instagram.com/tving.official)

Mata patung Budha mempunyai pengaruh kuat bagi yang melihatnya. Berawal dari kaburnya pandangan, seketika orang yang dibenci berada di hadapan. Hal ini bisa dilihat dari ibu Do Kyung (Kim Ji Young) dan Do Kyung (Nam Da Reum).

Keduanya pun sudah diliputi rasa ingin membunuh satu sama lain. Ada satu adegan saat mata ibu Do Kyung sudah berubah menjadi putih, ia lalu menyingkirkan pistol dan memborgol tangan anaknya ke tangan dirinya.

Saat Do Kyung memegang tangan ibunya yang seorang polwan, ia lalu teringat kejadian ia ugal-ugalan naik motor bersama Yong Joo. Ibunya disakiti oleh Yong Joo (Kwak Dong Yeon) saat sudah ketahuan. Do Kyung yang tadinya ingin membunuh ibunya perlahan mulai sadar.

Baca Juga: 10 Rekomendasi KDrama yang Dibintangi Pemain Monstrous, Hits Semua!

Verified Writer

Dyan Yudhistira

IG: @dyanyudhis // Terima kasih sudah mau membaca. Semoga bahagia selalu. Aamiin..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya