TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ada Larangan Nikah, 8 Drakor ini Miliki Alur Cerita dengan Aturan Unik

Dominan drama saeguk, nih!

poster drama Moonshine (instagram.com/kbsdrama) | pemain The Forbidden Marriage (instagram.com/mbcdrama_now)

Salah satu sisi menarik drama Korea adalah alur ceritanya yang beragam sehingga tidak membosankan. Tak jarang dalam drama Korea menghadirkan beragam hal unik, misalnya benda ajaib, time travel, serta aturan di dalamnya. Sebut saja drama dengan tema kehidupan konglomerat yang selalu memunculkan aturan bahwa orang kaya (chaebol) tidak boleh terlibat hubungan apa pun dengan orang miskin, beda kasta!

Tak hanya itu, masih ada beragam aturan atau larangan unik yang muncul dalam alur cerita drama Korea. Berikut 8 diantaranya yang bisa jadi rekomendasi drama untuk ditonton kala senggang. 

1. My Girlfriend Is A Gumiho (2010)

My Girlfriend Is A Gumiho merupakan drama lawas yang tayang di tahun 2010. Drama ini diperankan oleh Lee Seung Gi (Cha Dae Woong) dan Shin Min Ah (Gu Miho), yang merupakan siluman rubah ekor sembilan atau gumiho. Sementara Cha Dae Woong adalah seorang pria yang bermimpi menjadi aktor laga.

Karena terlibat konflik dengan kakeknya, Dae Woong kabur dan tiba di sebuah kuil. Secara tak sengaja, ia pun membebaskan siluman gumiho yang terkurung di sebuah lukisan. Siluman gumiho tersebut akhirnya mengikuti Dae Woong hingga membuatnya ketakutan dan terjatuh dari tebing. Melihat Dae Woong yang terluka parah, gumiho itu pun memberikan kristal miliknya untuk menyembuhkan Dae Woong.

Gumiho itu ingin menjadi manusia, sehingga ia meminta tolong pada Dae Woong untuk menjaga kristal miliknya selama 100 hari. Untuk itu, Dae Woong harus mengikuti aturan dimana ia tidak diperbolehkan dekat dengan wanita lain agar kristal gumiho itu tidak rusak. Meski awalnya tidak setuju, perlahan benih cinta mulai tumbuh diantara keduanya, lho.

2. The Scholar Who Walks The Night (2015)

Drama saeguk fantasi, The Scholar Who Walks The Night dibintangi oleh Lee Joon Gi, Lee Soo Hyuk, dan Lee Yoo Bi. Dalam drama ini, Lee Joon Gi berperan sebagai Kim Sung Yeol, seorang manusia yang kemudian berubah menjadi vampir. Lee Soo Hyuk juga berperan sebagai vampir jahat bernama Gwi.

Berawal dari raja di sebuah kerajaan yang memiliki perjanjian dengan seorang vampir bernama Gwi dalam menjalankan politiknya. Dalam kurun waktu tertentu, Gwi meminta tumbal seorang wanita. Sejak kemunculan sosok vampir, mulailah muncul aturan untuk tidak keluar di malam hari. Mengetahui masalah ini, putra mahkota Jung Hyun (Lee Hyun Woo) bersama Kim Sung Yeol berusaha melawan Gwi.

Namun, usahanya itu gagal total dan berakibat pada kematian putra mahkota Jung Hyun. Sementara Kim Sung Yeol yang berhasil melarikan diri, justru digigit oleh vampir. Kim Sung Yeol pun berubah menjadi vampir dan sejak itu pula berbagai ujian harus ia lalui. Dengan sosoknya sebagai vampir, Kim Sung Yeol membulatkan tekad untuk membalaskan dendam kepada Gwi dengan menemukan buku catatan putra mahkota yang berisi cara melawannya. 

3. I'm Not A Robot (2017)

I'm Not A Robot merupakan drama sci-fi yang diramaikan oleh Yoo Seung Ho dan Chae Soo Bin. Dalam drama yang tayang di tahun 2017 ini, Yoo Seung Ho berperan sebagai pewaris bernama Kim Min Kyu. Sedangkan Chae Soo Bin memerankan wanita bernama Jo Ji Ah dan robot AI Aji III.

Merupakan keturunan keluarga kaya, Kim Min Kyu menjadi direktur di perusahaannya yakni KM Financials. Terdapat sebuah peraturan yang menjadi keadaan darurat yakni seluruh karyawan harus menghindar saat Kim Min Kyu datang. Kondisi kantor haruslah sepi, jika ada seorang karyawan yang melanggar maka Kim Min Kyu tak segan mengurangi gajinya.

Hal tersebut dikarenakan Kim Min Kyu memiliki alergi terhadap kontak fisik dengan manusia. Ia pun kemudian membeli robot AI Aji III yang diciptakan oleh seorang ilmuwan. Karena kecerobohan tim ilmuwan, robot Aji III rusak dan kemudian digantikan oleh Jo Ji Ah yang memiliki wajah sama persis dengan Aji III. Memesan robot tetapi yang datang justru manusia, bagaimanakah nasib Kim Min Kyu?

Baca Juga: 9 Aktor Korea yang Adu Akting dengan Lee Hye Ri di Drama Korea 

4. 100 Days My Prince (2018)

Dibintangi D.O (EXO), aktris Nam Ji Hyun hingga Han So Hee, 100 Days My Prince merupakan drama saeguk yang memadukan genre romantis dan komedi. D.O (EXO) berperan sebagai putra mahkota (Lee Yool), Nam Ji Hyun sebagai Hong Shim, dan Han So Hee seorang putri mahkota (Kim So Hye).

100 Days My Prince menceritakan tentang seorang putra mahkota Lee Yool yang  tampan dan dingin. Hal ini disebabkan trauma masa kecil yang ia alami, dimana ia harus kehilangan ibu dan seorang gadis yang menjadi teman masa kecilnya bernama Yi Seo. Lee Yool dikisahkan telah menikah dengan putri mahkota, Kim So Hye. Namun, ia masih sering merindukan Yi Seo bahkan tidak pernah menyentuh putri mahkota.

Konflik cerita bermula ketika kerajaan dilanda kekeringan. Untuk mengatasi hal itu, Lee Yool membuat peraturan yang mengharuskan seluruh wanita untuk menikah sebelum usia 28 tahun. Berlanjut hingga Lee Yool yang tiba-tiba mengalami kecelakaan dan hilang ingatan. Ia menjadi rakyat biasa bernama Won Deuk yang kembali ke istana 100 hari kemudian. Kalian tertarik untuk kelanjutan kisahnya? 

5. My Rommate Is A Gumiho (2021)

My Rommate Is A Gumiho menjadi salah satu drama yang juga menghadirkan makhluk mitologi, gumiho. Drama ini dibintangi oleh Jang Ki Young (Shin Woo Yeo), Lee Hyeri (Lee Dam), dan Bae In Hyuk (Gye Sun Woo). Shin Woo Yeo adalah sosok gumiho tampan yang berusia 999 tahun dan telah mengumpulkan energi manusia di dalam manik-manik tubuhnya agar dapat menjadi manusia seutuhnya.

Hingga suatu ketika, secara tak sengaja manik-manik itu keluar dari tubuhnya dan ditelan oleh seorang mahasiswi, Lee Dam. Demi menjaga manik-maniknya, Shin Woo Yeo mengajak Lee Dam untuk tinggal bersama hingga mereka menemukan solusi untuk permasalahan tersebut.

Memiliki manik-manik rubah di dalam tubuhnya membuat Lee Dam kesulitan. Ia pun harus menaati aturan untuk menghindari laki-laki dengan kelahiran tahun Macan. Jika ia berkontak fisik dengan laki-laki tersebut, ia akan merasakan sakit di tubuhnya. Salah satu yang harus ia hindari adalah Gye Sun Woo, senior yang ia sukai. Menurut kalian, bagaimana rasanya jika harus menghindari seseorang yang disukai?

6. Moonshine (2021)

Tayang di akhir tahun 2021, Moonshine menjadi drama saeguk yang dibintangi oleh Yoo Seung Ho, Hyeri (eks Girl's Day), Byun Woo Seok, dan Kang Min Ah (eks I.O.I dan Gugudan). 

Cerita dalam drama ini bermula saat raja mengesahkan larangan untuk mengonsumsi atau memperjualbelikan alkohol (miras) apa pun jenisnya. Bagi mereka yang melanggarnya akan mendapat sanksi tegas. Bahkan, raja juga membentuk satgas khusus untuk menindak para pelanggar. Salah satunya adalah Nam Young (Yoo Seung Ho), petugas Saheonbu yang taat aturan.

Suatu ketika, ia mengejar pembuat alkohol ilegal yang ternyata seorang perempuan bernama Kang Ro Seo (Hyeri). Demi kelangsungan hidupnya, Kang Ro Seo yang handal membuat alkohol nekat untuk menjualnya meski hal tersebut dilarang tegas. Ia bahkan memiliki pelanggan tetap yakni Lee Pyo (Byun Woo Seok) yang merupakan seorang putra mahkota. Konflik cerita kian memanas saat perlahan rahasia di balik larangan tersebut terungkap.

7. The King's Affection (2021)

Masih drama dengan latar era Joseon, The King's Affection dibintangi oleh Park Eun Bin dan Ro Woon SF9. Park Eun Bin berperan sebagai seorang wanita yang menyamar menjadi laki-laki, lebih tepatnya putra mahkota Lee Hwi. Sementara Ro Woon sebagai Jung Ji Woon, putra pejabat pemerintah.

Lika liku konflik dalam drama ini bermula saat putri mahkota melahirkan anak kembar beda jenis kelamin. Bagi keluarga kerajaan, melahirkan anak kembar merupakan pertanda buruk. Untuk itu, mereka membuat aturan untuk membunuh anak dengan jenis kelamin perwmpuan. Karena tak kuasa melakukannya, sang putri mahkota diam-diam mengirim anak perempuannya keluar istana agar selamat.

Selang beberapa tahun kemudian, anak laki-lakinya yang merupakan putra mahkota Lee Hwi meninggal dunia karena sakit parah. Saudara kembarnya (Park Eun Bin) kemudian harus menggantikan posisinya dengan menyamar sebagai putra mahkota Lee Hwi. Sebagai seorang perempuan harus menyamar menjadi laki-laki tentunya tidak mudah. Cerita dalam drama ini juga akan dibalut romansa antara Park Eun Bin dan Ro Woon SF9.

Baca Juga: 12 Karakter Cowok yang Keluarganya Dibunuh di Drakor Paruh Kedua 2022

Verified Writer

Etik K

Just Do It If You Want

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya