Comscore Tracker

7 Drama dan Film Korea yang Angkat Isu Sosial, Penuh Pesan Moral!

Membuka wawasan serta meningkatkan kepedulian kita

Selain hiburan, film menjadi salah satu alternatif untuk mengemukakan pendapat atau kritik. Contohnya, sineas Korea Selatan yang sering kali memproduksi film dengan tema masalah sosial yang ada di masyarakat. 

Harapannya melalui film tersebut, kita sebagai penonton akan lebih aware terhadap isu-isu sosial. Bagi kamu yang ingin memperluas wawasan soal masalah sosial, berikut ini drama dan film Korea yang mengangkat tema tersebut. 

1.Parasite (2019)

https://www.youtube.com/embed/5xH0HfJHsaY

Memenangkan banyak penghargaan, film Parasite besutan Bong Joon Ho ini hadir dengan membawa isu kesenjangan sosial. Dengan premis yang sederhana, Bong menampilkan bagaimana usaha sekelompok orang yang terpaksa menjadi 'parasit' di kehidupan orang lain agar bertahan hidup. 

Diceritakan, Ki Woo (Choi Woo Shik) mendapatkan tawaran pekerjaan sebagai guru privat Bahasa Inggris untuk putri keluarga Park yang kaya raya. Sayangnya, ia memalsukan identitas dirinya agar mendapatkan pekerjaan itu. 

Hal ini juga dilakukan oleh seluruh anggota keluarganya agar dapat bekerja di keluarga Park. Alur cerita yang tak mudah ditebak, film Parasite sukses mengaduk emosi para penontonnya.

2. It's Okay To Not Be Okay (2020)

https://www.youtube.com/embed/50ek4HQo0Bc

Kisah romansa antara Moon Gang Tae (Kim Soo Hyun) dan Moon Young (Seo Ye Ji) dalam drama ini terasa lebih menarik karena turut mengangkat isu kesehatan mental. Drama ini menunjukkan bagaimana masa lalu seseorang dapat membentuk pribadinya di masa depan. 

Disutradarai oleh Park Shin Woo, setiap karakter utama drama ini juga menampilkan bagaimana mereka mulai belajar untuk belajar menerima diri sendiri. Jalan cerita yang menarik dan sinematografi dengan warna tone yang lembut, It's Okay To Not Be Okay adalah drama yang brilian. 

3. Sky Castle (2018)

https://www.youtube.com/embed/P6coIgyV9e0

Sky Castle berhasil mengemas isu tentang kerasnya persaingan pendidikan Korea Selatan melalui drama dengan begitu apik. Memiliki total 20 episode, drama ini mengisahkan persaingan kaum elite yang melakukan berbagai cara agar anak-anaknya selalu berada di atas. 

Obsesi para orang tua tersebut membuat mereka lupa akan kesehatan mental dan keinginan anak-anaknya tentang masa depannya. Meski mengusung tema yang cukup berat, Sky Castle menambahkan bumbu komedi yang menghibur. Tak heran, jika drama ini menjadi salah satu drama terbaik dari rumah produksi JTBC.

Baca Juga: 10 KDrama Romance yang Dibintangi Yeon Woo Jin, Terbaru Thirty-Nine

4. My First Client (2019)

https://www.youtube.com/embed/jsbzVNF3Anw

Diangkat dari kisah nyata yang terjadi di Provinsi Gyeongsang Utara pada tahun 2013, film My First Client bercerita tentang seorang pria muda yang ambisius bernama Jung Yeob (Lee Dong Hwi). Bekerja sebagai pengacara, Jung sedang mengungkapkan kebenaran di balik kasus pembunuhan Min Joon, anak laki-laki berusia enam tahun. 

Kakak perempuan Min Joon yang bernama Da Bin (Choi Myung Bin) mengaku bahwa ia telah membunuh adiknya, Min Joon. Tahu ada hal yang janggal, Jung memperjuangkan keadilan bagi Da Bin yang sebenarnya merupakan korban kekerasan oleh ibu tirinya. 

Tak hanya mengangkat tema tentang kekerasan anak, film Silenced juga menyentil soal kurangnya kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar. Dalam film itu menunjukkan bagaimana banyak orang yang memilih menutup mata akan masalah sosial yang ada di depannya karena tak mau ikut campur atau terbebani.

5. Beautiful World (2019)

https://www.youtube.com/embed/OZtUWM724ZA

Beautiful World merupakan drama yang bercerita tentang seorang remaja bernama Park Seon Ho (Nam Da Reum) yang mengalami koma setelah terjatuh dari atap sekolah. Kecelakaan yang dialami oleh Seon Ho ini pun dianggap sebagai tindakan bunuh diri. 

Namun, orang tua Seon Ho yakin bahwa anaknya tidak mungkin melakukan hal itu. Akhirnya, mereka semua mencoba mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi dengan Seon Ho. Selain mengangkat isu bullying, Beautiful World juga menunjukkan bahwa masih banyak orang yang menyebarkan rumor tak berdasar dari sebuah kejadian. 

6. Silenced (2011)

https://www.youtube.com/embed/k3BUIreDAeY

Mengangkat isu kekerasan seksual, film Silenced diadaptasi dari kisah nyata yang menimpa para siswa tunarungu di Korea Selatan. Mereka mengalami pelecehan seksual oleh guru-guru mereka sendiri. Akan tetapi, keadilan tidak berpihak kepada korban. 

Para pelaku nyatanya tidak mendapatkan ganjaran yang setimpal atas perbuatan mereka. Melalui film inilah sutradara Hwang Dong Hyuk juga menyentil soal hukum yang seakan dapat dibeli oleh mereka yang mempunyai banyak uang dan kekuasaan. 

Drama dan film di atas dapat menumbuhkan kepedulian akan lingkungan sekitar. Dengan meningkatnya rasa peduli soal isu-isu sosial, diharapkan kita dapat membantu orang lain yang membutuhkan bantuan.

Baca Juga: Selain Ahn Bo Hyun, 5 Artis Bermarga Ahn Ini Comeback di KDrama 2022

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh".

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya