Comscore Tracker

9 Fakta Menarik Guimoon, Film Horor Terbaru Kim Kang Woo

Film Korea Guimoon soroti ritual pemanggilan arwah

Film horor Korea terbaru berjudul Guimoon atau Guimoon: The Lightless Door garapan sutradara Sim Deok Geun siap menyapa pencinta sinema Tanah Air. Guimoon mengisahkan kengerian ekstrem di sebuah bangunan pusat pelatihan terbengkalai di Guisari. Gedung ini ditinggalkan karena terjadi pembunuhan massal pada 1990. 

Menggaet Kim Kang Woo sebagai aktor utamanya, yuk, simak 10 fakta film Guimoon di bawah ini!

1. Sinopsis Guimoon: The Lightless Door

9 Fakta Menarik Guimoon, Film Horor Terbaru Kim Kang WooGuimoon (dok. CJ Ent/Guimoon)

Guimoon mengisahkan perjalanan Do Jin (Kim Kang Woo), penyelidik paranormal yang mencari jawaban atas kematian ibunya. Selain dirinya, ada tiga mahasiswa kepo lain. Dia pergi ke pusat pelatihan untuk mencari jawaban tentang kematian ibunya. Sementara itu, trio mahasiswa pergi ke pusat pelatihan untuk merekam video untuk sebuah kontes.

2. Film ini menceritakan kejadian horor di satu tempat dan pada satu malam saja. Unik banget!

9 Fakta Menarik Guimoon, Film Horor Terbaru Kim Kang WooGuimoon (dok. CJ Ent/ Guimoon)

“Ada banyak film horor lain di seluruh dunia, tetapi Guimoon memiliki hal spesial. Itu terjadi di satu tempat dengan eksistensi masa kini dan masa lalu, juga banyak hantu muncul di dalamnya,” jelas Kim Kang Woo dalam wawancara bersama tvN yang diterima IDN Times.

Ia menjamin, film ini akan menjadi lebih menegangkan karena seluruh kejadian terjadi dalam semalam.

3. Guimoon berlatar di sebuah bangunan yang gelap dan pengap. Hal ini diakui membuat para aktornya tertekan

9 Fakta Menarik Guimoon, Film Horor Terbaru Kim Kang WooKim So Hye di film Guimoon: The Lightless Door (instagram.com/guimoon_movie)

Kim Kang Woo juga menyebut suasana lokasinya mengerikan. Menurut Kim Kang Woo, film ini memang gak banyak berbeda dari film lain. Namun sebagai aktor, dia mengaku harus menjaga ketegangannya, karena ceritanya terjadi dalam satu hari, semalaman saja.

"Karena syutingnya selalu di dalam gedung yang gelap dan pengap, aku sering merasa sangat lemah dan tertekan. Namun setelah syuting, aku langsung kembali ke diriku lagi," akunya.

4. Anehnya, set dalam ruangan terasa lebih dingin daripada di luar walau dilengkapi penghangat. Seram!

9 Fakta Menarik Guimoon, Film Horor Terbaru Kim Kang WooLee Jung Hyung, Kim So Hye, dan Hong Jin Gi di film Guimoon: The Lightless Door (instagram.com/guimoon_movie)

Berlatar musim dingin, proses syuting menjadi lebih menantang, karena faktor suhu. Menjadi salah satu keanehan pada proses syuting, lokasi di dalam ruangan yang harusnya hangat karena dilengkapi penghangat malah lebih dingin dibanding suhu luar ruangan.

"Aku ingat syuting di tengah musim dingin, cuacanya minus 20 (derajat Celcius). Kalian tahu, di dalam seharusnya lebih hangat dari luar, tapi ketika syuting Guimoon, bagian dalam gedung malah lebih dingin dari luar. Aku sampai mengikuti matahari seperti bunga matahari saat istirahat," kata Kim Kang Woo.

Baca Juga: 5 Film Korea Nominasi Terbaik di Buil Film Awards 2021

5. Sang pemeran utama, Kim Kang Woo, mengaku sebenarnya tidak suka menonton film horor

9 Fakta Menarik Guimoon, Film Horor Terbaru Kim Kang WooKim Kang Woo di film Guimoon: The Lightless Door (instagram.com/guimoon_movie)

“Sebenarnya, saya tidak menikmati film horor. Jadi berpartisipasi dalam proyek ini adalah keputusan besar bagi saya,” ujar Kim Kang Woo.

Namun, ia mengaku tidak menyesal, bahkan jika ada film horor yang menarik setelahnya, ia bersedia untuk melakukannya lagi. Dalam persiapannya, Kim Kang Woo mencoba berkonsentrasi pada setiap momen selama syuting. Ia berkata telah mencoba menyampaikan seluruh emosi dan ketegangan Do Jin kepada penonton.

6. Mengisahkan ritual pemanggilan arwah, Kim Kang Woo baru pertama kali menyaksikan ritual tersebut ketika syuting Guimoon

9 Fakta Menarik Guimoon, Film Horor Terbaru Kim Kang WooGuimoon (dok. CJ Ent/ Guimoon)

Menyelidiki kematian ibunya kala melakukan ritual pemanggilan arwah di pusat pelatihan, Do Jin yang diperankan Kang Woo tidak pernah menyaksikan hal serupa sebelumnya. Namun, Kim Kang Woo mengaku percaya pada hantu walau tidak memiliki pengalaman horor sebelumnya.

7. Proses syuting menuntut banyak energi karena memicu ketegangan dan ketakutan dalam aksi para pemainnya

9 Fakta Menarik Guimoon, Film Horor Terbaru Kim Kang WooGuimoon (dok. CJ Ent/ Guimoon)

Seperti film horor lainnya, pemain harus menggunakan banyak pernapasan untuk menyampaikan ketegangan dan ketakutan. Selain itu, ada banyak adegan aksi dalam film ini yang bikin makin menegangkan.

"Karena Do Jin adalah seorang investigator paranormal yang bisa memberantas roh dan hantu, aku harus berusaha tenang dan tegang sekaligus, jadi aku berusaha menyeimbangkannya," ujar Kim Kang Woo.

8. Film ini juga dibintangi oleh Kim So Hye eks member I.O.I, lho!

9 Fakta Menarik Guimoon, Film Horor Terbaru Kim Kang WooKim So Hye di film Guimoon: The Lightless Door (instagram.com/guimoon_movie)

Walaupun Kim So Hye adalah aktris yang belum banyak berpengalaman dalam industri film, Kim Kang Woo memuji dedikasi mantan member I.O.I tersebut yang mampu tenggelam dan mengekspresikan adegan yang membutuhkan emosi yang dramatis dan intens.

9. Penonton bisa mendapatkan pengalaman menonton yang maksimal karena film Guimoon bisa ditonton dalam layar Screen X!

https://www.youtube.com/embed/wqNrZi7oQFg

Guimoon merupakan film Korea pertama yang hadir dalam format teknologi 2D, Screen X dan 4DX, lho!

"Ketika kamu menontonnya, kamu bisa merasa seperti sedang berjalan di tempat yang sama dengan Do Jin dan berkelahi bersamanya lebih dari saat menonton film horor lain. Aku rasa itu adalah bagian paling menarik dari film ini," tandas aktor 43 tahun tersebut.

Itu dia 9 fakta seru soal film terbaru Kim Kang Woo ini. Guimoon: The Lightless Door ini juga akan tayang di tvN Movies channel pada Sabtu, 30 Oktober 2021 pukul 21:00 WIB.

Baca Juga: 9 Fakta Film Guimoon: The Lightless Door, Seram dan Penuh Ketegangan!

Topic:

  • Triadanti
  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya