Comscore Tracker

11 Aktris Korea Selatan yang Memulai Karier dari Kontes Kecantikan

Kamu sudah tahu belum, nih?

Salah satu yang terkenal dari Korea Selatan adalah industri dunia seni perannya. Para aktris yang terlibat di dalamnya juga kerap kali curi perhatian karena paras mereka yang menawan. Tak banyak yang tahu ternyata ada beberapa aktris Korea yang memulai kariernya dari kontes kecantikan.

Nah, berikut ada sebelas aktris Korea Selatan yang pertama kali dikenal sebagai ratu kecantikan sebelum akhirnya debut di dunia seni peran. Yuk, kepoin ada siapa saja!

1. Lee Bo Young

11 Aktris Korea Selatan yang Memulai Karier dari Kontes KecantikanLee Bo Young (instagram.com/jwidecompany)

Lee Bo Young pertama kali dikenal publik dengan kecantikannya sebagai ratu pageant di Daejeon dan di provinsi sekitarnya pada tahun 2000. Setelah dinobatkan sebagai ratu kecantikan, Lee Bo Young kemudian menandatangi iklan ekslusif untuk Asiana Airlines. Aktris satu ini juga pernah menjadi presenter berita sebelum akhirnya terjun ke dunia akting.

Lee Bo Young telah membuktikan bahwa ia tak hanya cantik, tapi juga berbakat. Public figure berusia 43 tahun ini terakhir kali bintangi KDrama Mine (2021) dan saat ini dikabarkan tengah dalam pertimbangan untuk comeback lewat drama (Adversiting) Agency.

2. Honey Lee

11 Aktris Korea Selatan yang Memulai Karier dari Kontes KecantikanHoney Lee (instagram.com/honey_lee32)

Honey Lee dinobatkan sebagai Miss Korea pada tahun 2006. Ia bahkan menjadi runner-up ketiga dalam kontes Miss Universe tahun 2007. Dia juga mendapatkan gelar Miss Grand Slam pada tahun 2007. Sebelum memulai debutnya di dunia akting, Honey Lee juga pernah mengejar karier di bidang musik. 

Kariernya di dunia akting tidak langsung mulus pada awalnya. Dengan upaya yang gigih, akhirnya Honey Lee mampu mencapai kesuksesan di bidang tersebut. Dua drama Honey Lee yang direkomendasikan buat ditonton adalah The Fiery Priest (2019) dan On The Woman (2021).

3. Kim Yu Mi

11 Aktris Korea Selatan yang Memulai Karier dari Kontes KecantikanKim Yu Mi (instagram.com/yyyyumi_kim)

Kim Yu Mi adalah pemegang gelar kontes kecantikan Korea dan aktris yang dinobatkan sebagai Miss Korea 2012. Ia juga mewakili negaranya dalam kontes Miss Universe 2013. Dua tahun kemudian, Kim Yu Mi memulai perjalanan karier aktingnya lewat drama Naeil's Cantabile (2014) sebagai pemeran pendukung.

Namun sayang, kariernya jatuh ketika dia menjalani operasi plastik. Kala itu masyarakat Korea sedang mencari dan mengekspos kontestan kontes kecantikan yang melakukan pembedahan pada wajahnya. Kim Yu Mi sendiri diketahui terakhir kali main drama pada tahun 2017 lalu.

4. Park Si Yeon

11 Aktris Korea Selatan yang Memulai Karier dari Kontes KecantikanPark Si Yeon (instagram.com/l.h.mom)

Park Si Yeon memenangkan runner-up kedua dalam kontes Miss Korea pada tahun 2000. Dia kemudian menggunakan ketenarannya sebagai batu loncatan untuk terjun ke dunia akting. 

Awalnya, akting Park Si Yeon mendapatkan kritik dari penonton, tapi ia tidak goyah dan terus maju. Kariernya juga pernah jatuh karena beberapa masalah pribadi. Aktris satu ini terakhir kali bintangi drama When My Love Blooms (2020) dan jadi kameo di drama Birthcare Center (2020). Sudah nonton?

5. Kim Sung Ryung

11 Aktris Korea Selatan yang Memulai Karier dari Kontes KecantikanKim Sung Ryung (instagram.com/sungryoung_kim)

Kim Sung Ryung adalah alumni kontes kecantikan lainnya yang memenangkan Miss Korea pada tahun 1988. Ia kemudian mewakili negaranya dalam ajang Miss Universe pada tahun yang sama. Sebelum terjun ke dunia seni peran, Kim Sung Ryung pernah menjadi reporter di program berita showbiz KBS.

KDrama yang membuat nama Kim Sung Ryung semakin dikenal adalah The Heirs (2013) serta Legend of the Blue Sea (2016). Aktris kelahiran 1967 ini baru comeback lewat drama Kill Heel yang merampungkan penayangannya pada akhir April 2022 lalu.

6. Oh Hyun Kyung

11 Aktris Korea Selatan yang Memulai Karier dari Kontes KecantikanOh Hyun Kyung (instagram.com/oh_hyunkyung)

Setelah Kim Sung Ryung dinobatkan sebagai Miss Korea, gelar tersebut kemudian diberikan kepada Oh Sang Ji pada tahun 1989. Ia kemudian mewakili Korea Selatan dalam kontes Miss Universe 1990.

Setelah itu, Kim Sung Ryung pun mulai terjun ke dunia seni peran dengnan nama panggung Oh Hyun Kyung. Aktris satu ini terakhir comeback lewat drama Young Lady and Gentleman (2021).

7. Go Hyun Jung

11 Aktris Korea Selatan yang Memulai Karier dari Kontes KecantikanGo Hyun Jung (post.naver.com/아이오케이컴퍼니)

Sebelum dikenal sebagai salah satu aktris papan atas, Go Hyun Jung juga pernah menjadi runner-up pertama di Miss Korea 1989. Masuk ke industri seni peran, Go Hyun Jung terlibat dalam salah satu drama berperingkat tinggi yang mendapat pujian kritis dalam sejarah TV Korea, Sandglass (1995).

Setelah kehidupan pribadinya mendapat sorotan yang besar dari publik, Go Hyun Jung baru kembali ke dunia seni peran pada tahun 2005. Ia kemudian kembali mendapatkan reputasinya lagi berkat perannya sebagai selir kerajaan di drama Queen Seon Duk (2009). Aktris satu ini telah comeback di drama Reflection of You (2021) dan akan membintangi Mask Girl yang akan segera tayang.

Baca Juga: 6 Aktor-Aktris Korea yang Merangkap Jadi Produser Film, Multitalenta!

8. Kim Sa Rang

11 Aktris Korea Selatan yang Memulai Karier dari Kontes KecantikanKim Sa Rang (instagram.com/sarangkim.love)

Kim Sa Rang adalah Miss Korea 2000. Ia juga kemudian ikut berkompetisi di Miss Universe 2001.

Sama seperti yang lainnya, Kim Sa Rang juga terjun ke dunia akting dan mengambil peran di salah satu drama populer, yaitu Secret Garden (2010). Ia pun beradu akting dengan Hyun Bin. Aktris berusia 44 tahun ini terakhir kali comeback lewat drama The Goddess of Revenge (2020).

9. Son Tae Young

11 Aktris Korea Selatan yang Memulai Karier dari Kontes KecantikanSon Tae Young (instagram.com/sontaeyoung_official)

Son Tae Young menduduki tempat kedua dalam kontes Miss Korea pada tahun 2000. Ia kemudian mewakili Korea Selatan dalam kontes Miss International 2000 dan memenangkan runner-up pertama serta Miss Photogenic.

Aktris kelahiran 1980 ini kemudian terjun ke dunia akting pada tahun 2001 dengan bintangi drama Pure Heart. Proyek drama terakhir yang dibintanginya adalah The K2 (2017) dan You're Too Much (2017).

10. Lee Da Hae

11 Aktris Korea Selatan yang Memulai Karier dari Kontes KecantikanLee Da Hae (instagram.com/leedahey4eva)

Byun Da Hye atau yang lebih dikenal dengan nama Lee Da Hae pernah mengikuti kontes Miss Chunhyang ke-71 pada tahun 2001 lalu. Ia pun menjadi aktris Korea pertama yang mengucapkan dialognya dalam bahasa Mandarin.

Lee Da Hae membintangi beberapa proyek drama sukses, seperti Green Rose (2005), My Girl (2005), dan juga IRIS 2 (2013). Aktris dengan marga Byun ini terakhir kali bintangi drama Nice Witch yang tayang pada tahun 2018 lalu.

11. Kim Seo Hyung

11 Aktris Korea Selatan yang Memulai Karier dari Kontes KecantikanKim Seo Hyung (instagram.com/kim_seohyung)

Aktris terakhir yang berada dalam daftar ini adalah Kim Seo Hyung. Bintang drama Mine ini berpartisipasi dalam Miss Gangwon Pageant dua tahun sebelum debut aktingnya. Di dunia seni peran, Kim Seo Hyung terkenal berkat perannya yang kontroversial di drama Temptation of Wife (2008). 

Selama kiprahnya di bidang akting, Kim Seo Hyung juga telah banyak membuat peran yang luar biasa. Salah satunya adalah perannya sebagai tutor yang dingin, manipulatif, dan penuh perhitungan di drama SKY Castle (2018). Aktris satu ini terakhir kali menyapa publik lewat drama Mine (2021).

Sebelas aktris di atas membuktikan, bahwa kontes kecantikan bisa menjadi batu loncatan untuk mereka meraih mimpi-mimpi yang lain. Cerdas dan berbakat, apakah salah satu aktris Korea di atas adalah idolamu?

Baca Juga: 9 Fakta Choi Seo Eun, Miss Korea 2021 yang Punya Visual Bak Idol KPop

nouse ephemeral Photo Verified Writer nouse ephemeral

☁☀☁

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya