Comscore Tracker

7 Drama Korea yang Mengangkat Tema Unrequited Love

Pastinya ada Moon Lovers Scarlet Heart Ryeo yang bikin gamon

Tidak dapat dimungkiri, drama Korea saat ini telah memiliki banyak peminat dari skala nasional hingga internasional, termasuk Indonesia. Kesuksesan mereka dalam membuat alur serta tema yang dapat dinikmati berbagai kalangan, membuat para penonton semakin tertarik untuk terus menikmati drama Korea.

Misalnya saja drama dengan genre romansa, kisah cinta di dalamnya juga tidak selamanya berjalan lurus. Para pasangan memiliki banyak lika-liku dan harus mengalami cinta bertepuk sebelah tangan. Inilah kumpulan drama tentang unrequited love yang bisa menemanimu!

Baca Juga: 5 Drama Korea 2021 yang Mengangkat Tema Perselingkuhan, Bikin Emosi!

1. A Love So Beautiful

https://www.youtube.com/embed/0NiSVkyqfPs

Drama A love So Beautiful merupakan salah satu drama Korea Selatan yang disiarkan melalui KakaoTV pada tanggal 28 Desember 2020. Memiliki genre romance-comedy, drama ini diadaptasi dari drama China populer tahun 2017 yang berdasarkan dari sebuah novel berjudul To Our Pure Little Beauty karya Zhao Qianqian. Dibintangi oleh Kim Yo Han, So Joo Yeon dan Yeo Hoe Hyun, drama ini memiliki 24 episode dengan durasi 20 menit pada setiap tayangannya.

A Love So Beautiful menceritakan tentang kisah Shin Sol Yi (So Joo Yeon) yang mencintai teman masa kecilnya, yaitu Cha Heon (Kim Yo Han). Sol Yi merupakan seorang siswi SMA yang periang dan pantang menyerah, dapat dibuktikan dengan dia yang terus menerus menyatakan cintanya pada Cha Heon meskipun mendapatkan penolakan. Selain mengangkat tema unrequited love, drama ini juga menghadirkan cinta segitiga yang mengganggu pikiran Cha Heon.

2. Find Me in Your Memory

https://www.youtube.com/embed/ySLFZB7aaYM

Find Me in Your Memory adalah salah satu drama romantis Korea yang memiliki jumlah 32 episode dan dibintangi oleh Kim Dong Wook serta Moon Ga Young. Tayang pada tanggal 18 Maret hingga 13 Mei 2020, serial ini bercerita tentang pertemuan Lee Jung Hoon dan Yeo Ha Jin yang memiliki bekas luka emosional di mana mereka memiliki ingatan yang bekerja secara berlawanan.

Jalan kisah cinta mereka sangatlah rumit karena mengaitkan tentang masa lalu yang menyakitkan, namun seiring berkembangnya alur mereka menjadi pasangan yang sangat matang, dari Jung Hoon yang mulai mendekati Ha Jin tanpa keraguan lagi dan Ha Jin yang jujur serta sabar untuk menunggu. Mereka bahkan mendapatkan julukan sebagai 'Memory Couple' karena drama ini.

Baca Juga: 9 Drama Korea Romance Ini Mengangkat Karakter Utama yang Bukan Manusia

3. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

https://www.youtube.com/embed/2ljxyaAIphc

Scarlet Heart Ryeo adalah salah satu serial televisi asal Korea Selatan yang tayang pada tahun 2016. Drama yang didasarkan pada novel Tiongkok karya Tong Hua berjudul Bu Bu Jing Xin ini tampaknya sangat melekat di hati para pencinta drama Korea. Menyajikan tentang cinta, persaingan, politik, dan persahabatan inilah yang mungkin menjadi salah satu penyebab KDrama Lovers tidak bisa move on dari drama ini. Ditambah dengan para visual pemainnya dan plot twist yang mengejutkan, menjadikan Scarlet Heart Ryeo ini semakin populer dalam skala internasional maupun di negaranya sendiri.

Bercerita tentang Goo Ha Jin (IU) yang berasal dari abad ke-21 tiba-tiba terlempar kembali ke Dinasti Goryeo disaat gerhana bulan penuh. Dia terbangun dalam tubuh gadis bangsawan bernama Hae Soo dan memiliki perasaan suka pada Wang Seo. Kisah cinta yang berliku dan cinta yang bertepuk sebelah tangan akan menghiasi jalan cerita drama ini.

4. A Piece of Your Mind

https://www.youtube.com/embed/0iYNK_lPPRk

A Piece of Your Mind adalah drama Korea yang tayang pada awal tahun 2020 dan dibintangi oleh Jung Hae In serta Chae Soo bin. Mengisahkan tentang Moon Ha Won (Jung Hae In) yang memiliki kesuksesan dalam bidang kariernya sebagai pendiri situs portal populer bernama M&H, namun kisah hidupnya tidak sejalan dengan kehidupan asmaranya yang harus merelakan wanita yang dicintai menikah dengan orang lain. Kehidupan Ha Won yang mulanya tenang dan merindukan cinta pertamanya, perlahan mulai berubah ketika dia bertemu dengan Han Seo Woo (Chae Soo Bin) yang merupakan seorang insinyur rekaman musik klasik. 

Seringnya bertemu, membuat Seo Woo pun memiliki perasaan suka pada Ha Won. Sayangnya, dia hanya bisa memendam dan menahan perasaannya. Tidak hanya itu, Seo Woo juga harus mendengarkan semua curhatan Ha Won tentang cinta pertamanya.

5. More Than Friends

https://www.youtube.com/embed/n68bfVkIyl0

More Than Friend adalah drama Korea Selatan yang dibintangi oleh Ong Seong Woo, Shin Ye Eun, dan Kim Dong Jun. Drama yang disiarkan di JBTC pada tanggal 28 November 2020 ini menceritakan tentang hubungan friendzone yang berlangsung selama satu dekade.

Bermulai dari persahabatan di antara Lee Soo dengan Kyung Woo Yeon dari usia 18 tahun, membuat Woo Yeong pun memiliki perasaan pada Lee Soo. Hingga suatu hari, Woo Yeong pun nekat untuk mengungkapkan perasaannya, namun sayang rasa sukanya tidak bersambut baik. Lee Soo menolaknya secara mentah-mentah, hingga keadaan pun berbalik ketika Lee Soo mendapati Woo Yeon telah memiliki pacar.

6. SOUNDTRACK #1

https://www.youtube.com/embed/ikrA8w9p5To

Tampaknya dilema jatuh cinta pada sahabat sendiri telah menjadi tema yang menarik di Korea Selatan, mengingat bahwa tak jarang perasaan ini terjadi di dunia nyata. Salah satu drama Korea yang membahas tentang tema ini adalah Soundtrack #1, drama yang baru saja tayang pada tanggal 23 Maret 2022 ini mengisahkan tentang persahabatan antara Lee Eun Soo (Han So Hee) dengan Han Sun Woo (Park Hyung Sik) yang telah berjalan selama 20 tahun lamanya. 

Adanya tantangan menulis lagu tentang cinta bertepuk sebelah tangan yang dihadapi oleh Eun Soo pun membuat mereka tinggal bersama. Mereka pun belajar tentang kehidupan satu dengan yang lain ketika tinggal bersama, hingga Han Sun Woo pun merasakan jatuh cinta pada Lee Eun Soo. Dia memendamnya dengan alasan takut untuk menghancurkan persahabatan mereka yang telah terjalin lama. 

7. Jealousy Incarnate

https://www.youtube.com/embed/_s-kOnrRpfU

Jealousy Internate ini dibintangi oleh Gong Hyo Jin, Cho Jung Seok, dan Go Kyung Pyo sebagai pemeran utamanya. Drama yang mengisahkan tentang perjalanan cinta seorang presenter TV yang mengalami cinta segitiga dan perasaan tak terbalas pada seorang pria di tempat kerjanya. Pria tersebut bernama Lee Hwa Sin (Cho Jung Seok), sosok sempurna yang memiliki wajah tampan, cerdas, kaya raya, kesuksesan dalam karier, dan kepribadiannya yang menyenangkan. Sementara Pyo Na Ri (Gong Hyo Jin) adalah karakter yang lugu, baik hati, sopan dan selalu memiliki rasa optimis dalam pekerjaannya sebagai presenter TV. 

Tidak melulu berakhir mengenaskan, drama dengan tema cinta tak terbalas juga dapat memiliki ending yang bahagia untuk para pemainnya. Meskipun banyak lika-liku, namun dengan kesabaran untuk terus berjuang dan menunggu dapat memberi akhir kisah cinta yang bahagia. Ada drama yang sudah kamu tonton, belum?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film yang Mengangkat Tema tentang Kesehatan Mental

Nur Eka Maulidyah Photo Writer Nur Eka Maulidyah

Kebahagiaan itu diciptakan mulai dari diri sendiri, bukan dari orang lain.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya