TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

11 Kosakata Gaul Kpop yang Dulu Pernah Populer, Masih Ingat?

Pernah populer pada masanya

potret V BTS (instagram.com/bts.bighitofficial)

Saat ini, komunitas Kpop menjadi salah satu komunitas besar yang mendominasi generasi muda dari belahan dunia. Biasanya, suatu komunitas pasti punya bahasa atau kosakata gaul tersendiri yang familiar di kalangan mereka.

Misalnya seperti kosakata dalam suatu fandom yang dimengerti oleh penggemar dan idola mereka sendiri. Namun, tak tertutup kemungkinan beberapa kosakata itu menjadi tren dan dimengerti oleh kalangan kpopers lintas fandom. Di bawah ini ada beberapa kosakata gaul kpop yang dulu pernah populer pada masanya. Apa saja, ya? Check itu out!

1. Bagel

potret Hyosung (instagram.com/superstar_jhs)

Bagel merupakan gabungan kata 'baby' dan 'glamour'. Istilah gaul tersebut sebagai sebutan untuk seseorang yang memiliki wajah 'baby face' atau awet muda sekaligus sosok yang 'glamour.'

Eks SECRET Hyosung adalah salah satu idol yang dipuji fans sebagai sebagai bagel idol. Selain itu juga ada Eks Sistar Soyou dan Joy Red Velvet yang membuat penggemar terpesona dengan 'bagel-ness' mereka.

2. Skinship

potret Taeyong, Doyoung, Yuta NCT 127 (instagram.com/nct127)

Istilah skinship mendeskripsikan kontak fisik antara teman yang menunjukkan kasih sayang. Biasanya para penggemar banyak menggunakan istilah tersebut untuk menunjukkan kedekatan di antara idolanya. 

Saat jumpa fans atau fanmeet, idol juga kerap membuat skinship dengan para penggemar. Seperti saat bersalaman atau saat melakukan high five.

3. Minihompy

potret laman minihompy (soompi.com)

Cyworld adalah situs jejaring sosial atau SNS yang pernah populer di Korea Selatan tahun 2000-an. Para penggunanya memiliki laman profil pribadi atau yang terkenal dengan sebutan minihompy. 

Tak hanya berisi biodata saja, minihompy juga bisa didekorasi sesuai keinginan para penggunanya. Layaknya Facebook atau Twitter, para penggemar juga bisa mengetahui kegiatan dan kisah idola mereka.

4. S-line

potret Yoona SNSD (instagram.com/yoona_lim)

Istilah s-line adalah sebutan lain untuk seseorang yang punya figur bak 'jam pasir' atau hourglass. Istilah tersebut diambil dari huruf 'S' yang memiliki bentuk curvy. Jadi, s-line juga bisa dipakai untuk mendeskripsikan seseorang yang punya tubuh curvy.

Ada banyak idol yang terkenal dengan figur s-line mereka yang membuat iri banyak orang. Mereka adalah Tzuyu Twice, Seolhyun AOA, dan Yoona Girl's Generation.

Baca Juga: Ngaku Kpopers? Hindari 6 Hal yang Bisa Merusak Nama Fandom

5. Ulzzang

potret Karina aespa (instagram.com/aespa_official)

Di Korea, kosakata gaul ulzzang digunakan untuk seseorang yang memiliki wajah good looking. Para ulzzang terkenal akan kecantikan dan ketampanan mereka yang membuat mereka terkenal di lingkungan sekolah, komunitas, hingga social media.

Banyak idol yang disebut sebagai ulzzang jauh sebelum mereka debut. Di antaranya Karina aespa, Irene Red Velvet, Jaehyo Block B, Sehun EXO, dan masih banyak lagi.

6. 4D

potret V BTS (instagram.com/bts.bighitofficial)

Istilah 4D banyak digunakan di kalangan fans Kpop untuk menyebutkan kepribadian idol-nya. Idol berkepribadian 4D biasanya punya personality yang gak bisa ditebak dan quirky.

Di setiap group pasti punya satu member yang punya kepribadian unik tersebut. Seperti V BTS, Jisoo BLACKPINK, Eks 2NE1 Park Bom, dan Beomgyu TXT adalah idol yang terkenal akan kepribadian 4D mereka yang menggemaskan.

7. Kkap

Kkap adalah sebutan untuk tarian yang heboh dan lucu. Istilah tersebut sering dipakai saat momen lucu di variety show. Saat seseorang menari dengan energik dan heboh itulah yang disebut sebagai kkap dance.

Ada beberapa Idol dengan tarian kkap mereka yang ikonik seperti Jo Kwon 2AM, Eks Miss A Min, dan Key SHINee. TWICE dalam acara Weekly Idol juga pernah menampilkan kemampuan kkap dance mereka.

8. Selca

potret selca Lisa BLACKPINK (instagram.com/lalalalisa_m)

Selca adalah istilah lain untuk selfie. Istilah tersebut berasal dari kombinasi kata 'self' dan 'camera.'  Hal tersebut biasanya digunakan untuk potret seseorang yang memfoto dirinya sendiri menggunakan handphone, webcam, dan jenis kamera lainnya.

Para Kpopers pastinya udah gak asing, dong dengan istilah ini karena dulu sering dipakai untuk menyebutkan selfie para idol. Misalnya foto selfie dari Lisa BLACKPINK di atas yang bisa disebut dengan Lisa's selca atau selca Lisa.

9. Kill-heel

Kill-heel adalah sebutan lain untuk killer heels. Istilah tersebut mengacu pada stiletto atau hak tinggi yang tingginya cukup berbahaya. Kill-heel juga menjadi tren fashion di kalangan idol Kpop.

Para penggemar banyak dibuat khawatir setiap kali idola mereka harus perfom dengan koreografi energik menggunakan kill-heel tersebut. Seperti salah satu member NMIXX, Lily, yang terlihat menggunakan sepatu hak tinggi saat tampil membawakan lagu dan koreografi 'Dice' di suatu acara musik, baru-baru ini.

10. Flower Boy

potret F4 di Boys Over Flowers (dok. KBS2/Boys Over Flowers)

Istilah flower boy merujuk pada seseorang yang populer, tampan, dan fashionable. Kalau kamu pernah melihat drakor Boys Over Flower, tentu gak asing dengan geng F4 yang berisi sekumpulan siswa tampan dan populer tersebut.

Di kalangan fans Kpop istilah 'flower boy' merupakan sebutan untuk idol dengan tipe wajah rubah. Sungjae BTOB adalah salah satu idol yang terkenal akan fitur wajah menyerupai rubah. Dengan kulit putihnya, mata yang tajam, dan hidungnya yang mancung membuat banyak orang terpesona akan visual member BTOB itu.

Baca Juga: [QUIZ] Buktikan Kamu KPopers Sejati dengan Tebak Grup KPop Ini!

Verified Writer

Wanda Hamidah

Homebody who enjoy drama and music

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya