Comscore Tracker

#BaikItuMudah Karier Tak Direstui Orangtua? Simak Kisah Suga BTS yang Mengharukan Ini

Tentang kegigihan di kala semangatmu dipertanyakan oleh dunia...

Setiap orang memiliki masalah hidupnya masing-masing, termasuk para public figure. Membaca kisah William Sudhana mengenai perjuangannya untuk hidup sehat, membuatku teringat dengan kisah salah satu musisi idolaku. Dia adalah Suga, rapper anggota grup BTS yang saat ini tengah naik daun.

Di balik kesuksesannya saat ini, ternyata ia telah melalui perjalanan karier yang cukup panjang dan berliku. Seperti apa kisahnya?

Perbedaan pandangan dengan keluarga

#BaikItuMudah Karier Tak Direstui Orangtua? Simak Kisah Suga BTS yang Mengharukan Iniinstagram/bts.bighitofficial

Suga dibesarkan oleh keluarga dengan kondisi finansial yang kurang baik. Itu sebabnya, kedua orangtuanya menginginkan kelak Suga menjadi pegawai kantoran. Alasannya, tentu saja agar ia bisa mendapatkan upah dengan jumlah tetap setiap bulannya. Namun, Suga remaja memiliki mimpi yang berbeda.

Satu-satunya hal yang diinginkan Suga hanya satu: menjadi musisi. Ia tahu bahwa musik adalah passion baginya, dan ia paham bahwa ia sendiri memiliki kemampuan yang bisa dikembangkan. Itulah sebabnya, Suga berpikiran untuk mendaftar menjadi trainee di agensi industri hiburan Korea. Namun sayang, kedua orangtuanya kurang mendukung, mengingat untuk menjadi seorang bintang di Korea harus melewati masa training yang panjang dengan biaya mahal. Adapun biaya tersebut harus dibayarkan secara berangsur ketika trainee tersebut memulai debut, sebagai bentuk 'hutang' kepada agensi yang mengorbitkannya.

Terus perjuangkan mimpi

#BaikItuMudah Karier Tak Direstui Orangtua? Simak Kisah Suga BTS yang Mengharukan IniBTS Official Facebook

Tak kalah oleh keadaan, Suga pun mencoba peruntungan dengan mendaftarkan diri dalam audisi salah satu agensi di Korea. Meski begitu, berbagai hambatan berikutnya ia temui. Mulai dari pandangan remeh karena mendaftar di agensi yang dulu belum besar namanya, hingga cibiran dari sesama rapper underground yang mencoba menjatuhkan Suga, hanya karena keinginannya untuk berkarier lewat jalur mainstream.

Kini, siapa yang tak mengenal Suga? Kemampuannya dalam memproduksi lagu sudah tak lagi dipertanyakan. Bahkan, berbagai penghargaan internasional diraih olehnya dan BTS dalam 6 tahun perjalanan karier mereka. Berbagai tur dunia dilakukan, hingga BTS disebut-sebut sebagai salah satu K-Pop Idol dengan catatan prestasi paling mendunia sepanjang sejarah.

Momen yang ditunggu-tunggu pun tiba

#BaikItuMudah Karier Tak Direstui Orangtua? Simak Kisah Suga BTS yang Mengharukan Iniallkpop

Enam tahun bukanlah waktu yang singkat untuk tidak mendapat dukungan karier dari orangtua. Tapi Suga tetap berusaha membuat orangtuanya bangga dengan melakukan yang terbaik. Ia banyak menceritakan tentang kesendiriannya menjadi lirik lagu maupun postingan di akun twitter resmi BTS. Jika hari libur tiba, di saat member BTS yang lain mendapat kesempatan untuk pulang bertemu keluarganya, Suga lebih memilih tidak pulang dan tetap tinggal di asrama. Ia masih belum mendapat dukungan dari keluarganya setelah 3 tahun debut, bahkan ketika ia sudah berada di puncak kesuksesan. Keluarga Suga bahkan tak pernah datang ke konser untuk melihat anaknya, Suga pernah menangis di tengah konser karena hal ini.

Namun pada 8 Mei 2016 dalam konser “The Most Beautiful Moment in Life On Stage: Epilogue”, akhirnya hari yang ditunggu Suga pun datang. Saat ia melihat-lihat ke kursi penonton, seketika Suga pun langsung menangis ketika melihat orangtua dan kakaknya hadir di sana. Di penghujung konser, ia mengucapkan rasa terharunya. "Aku mulai bermusik sejak kecil, tapi aku tak pernah menunjukannya kepada orangtuaku. Jujur, aku sangat malu. Sekarang, aku berterimakasih kepada kalian karena bisa tampil di depan 10.000 orang dan aku sangat bersyukur. Aku yakin aku adalah anak yang membanggakan bagi orangtuaku."

Kuncinya hanya satu: berjuang dan biarkan waktu membuktikan

#BaikItuMudah Karier Tak Direstui Orangtua? Simak Kisah Suga BTS yang Mengharukan Inikoreaboo

Jika dulu Suga memutuskan untuk mengalah pada sekitar dan memendam mimpi, mungkin kariernya tak akan sebesar sekarang. Mungkin, sepanjang hidup ia akan tenggelam dalam penyeslaan. Namun, ia memilih untuk berani berdiri dan memperjuangkan apa yang ia anggap baik untuk dirinya. Hikmat mengenai #BaikItuMudah akan tiba pada waktunya, jadi bersabarlah. Sebab, tak akan ada yang tahu kemana usahamu akan membawa hidupmu. Setuju?

Amalia Larasanty Photo Verified Writer Amalia Larasanty

Social Media ID : @ayashamalia / Amalia Larasanty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ester Cahaya

Berita Terkini Lainnya