TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Kurangi Tegang Saat Ingin Presentasi di Kantor

Tetap tenang, audiens-mu sama-sama orang

Ilustrasi seorang presentator (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Rasa tegang, panik, dan sedikit malu sangat wajar dirasakan saat hendak presentasi. Apalagi saat hendak presentasi di kantor. Terlebih lagi bila materi presentasi disampaikan pada orang-orang penting. Kamu pun menjadi penentu nasib perusahaanmu.

Situasi tersebut tentu sangat menantang untukmu. Untuk itu, simak dulu lima tips sederhana ini tuk kurangi tegang saat hendak presentasi di kantor!

1. Meminum air putih atau makan permen dahulu

Ilustrasi lelaki minum air (pexels.com/Maurício Mascaro)

Ketika perasaan sedang tidak karuan, sebaiknya kamu minum. Air mampu membuat dirimu sedikit tenang. Bisa juga memakan permen 15 menit sebelum presentasi.

Rasa permen yang manis bisa membuat mood-mu bagus. Setelah mood-mu bagus maka itu berpengaruh pada perasaan yang tenang. Jika sudah begitu, kamu akan lebih siap untuk presentasi. Namun, perlu diingat bahwa kamu juga perlu mengisi perut dulu sebelum presentasi, agar bisa fokus.

Baca Juga: 9 Tips dan Persiapan sebelum Presentasi, Bikin Kamu Lebih Pede!

2. Me-review materi beberapa menit sebelum presentasi

Ilustrasi pria yang sedang menggunakan laptop (pexels.com/Canva Studio)

Apabila beberapa hari sebelum presentasi kamu sudah banyak latihan. Tidak ada salahnya untuk me-review kembali materimu di beberapa menit sebelum presentasi. Lihat poin-poin dan kerangkanya saja.

Pastikan kamu sudah paham dan menguasai betul penjelasannya. Setelah itu bersiaplah untuk improvisasi sebisamu. Pikirkan juga pertanyaan yang nanti diajukan klienmu, pastikan kamu tahu jawabannya ya.

3. Anggap ruangan seperti panggungmu

Ilustrasi orang-orang kantoran (pexels.com/Fauxels)

Memasuki detik-detik presentasi, anggaplah ruangan itu seperti panggungmu sendiri. Anggap para klienmu adalah orang-orang yang sangat ingin tahu pertunjukkan hebatmu.

Kamu sudah dipercaya untuk mengutarakan informasi penting dan itu artinya kamu orang hebat. Tanamkan pemikiran yang seperti itu supaya rasa tegang bisa berkurang dan percaya diri yang lebih meningkat.

4. Posisikan berdirimu senyaman mungkin

Ilustrasi presentator (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Di saat para klien sudah datang, sebentar lagi waktumu untuk tampil. Majulah ke depan di dekat layar presentasi. Tempatkan posisi yang senyaman mungkin. Pastikan posisi kaki dan tubuhmu nyaman.

Lalu juga pastikan semua perangkat yang kamu gunakan sesuai kebutuhan. Pastikan pergerakanmu leluasa. Intinya, pastikan apa pun yang menunjang kenyamanan dan kelancaran dalam menyampaikan materi.

Baca Juga: 5 Hal Penting Menyajikan Presentasi, Memukau dan Efektif

Verified Writer

Adira Putri Aliffa

A full time learner in life | Instagram: adiraaliffa & perahuteduh, twitter: @deardir1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya