TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menjadi Penengah yang Bijak Tanpa Menghakimi atau Memihak

Karena penengah memang harus bisa adil pada semua pihak, kan

Pexels.com/August De Richelieu

Di dunia ini ada banyak sekali macam karakter yang orang miliki, dan aturan yang juga berbeda di setiap tempat. Maka dari itu wajar bila ada satu atau dua konflik yang terjadi dalam keseharian baik itu di lingkungan sosial atau di tempat kerja, dan tak jarang kamu berada di dalam konflik itu hingga harus menjadi penengah.

Namun jadi sosok penengah itu gak gampang lho, kamu harus bisa bersikap bijak untuk tidak memihak ataupun menghakimi. Beberapa cara menjadi sosok penengah yang baik pun ada dalam pembahasan berikut ini, yuk simak!

1. Tanya kedua belah pihak terkait masalahnya

Pexels.com/Tim Gouw

Cara pertama jika kamu ingin jadi penengah yang baik dan bijak ialah menanyakan dua belah pihak terkait masalah yang sedang terjadi. Kalau kamu hanya mendengar dari salah satu saja nanti bisa membuatmu berpihak, jadi mendengar dari keduanya merupakan sikap paling baik.

2. Tenangkan situasi tanpa menyudutkan salah satu pihak

Pexels.com/August De Richelieu

Lalu usahakan menjadi penengah yang bisa menenangkan situasi tanpa menyudutkan salah satu pihak. Jadi kamu harus mengontrol emosi dengan baik dan jangan sampai terpancing hingga ikutan terbawa suasana untuk menyalahkan salah satu.

Baca Juga: Bijak! 5 Zodiak yang Andal Jadi Penengah saat Ada Keributan

3. Lihat masalah dari berbagai sisi dan sudut pandang

Pexels.com/Christina Morillo

Kemudian lihat sisi permasalahan dari berbagai sisi dan sudut pandang agar kamu tidak salah paham. Karena penting bagi seorang penengah untuk tahu pokok permasalahan hingga mengerti bagaimana menyikapinya dengan cara paling bijak.

4. Tidak menetapkan siapa yang salah dan yang benar

Pexels.com/Mentatdgt

Lalu cara lainnya untuk jadi penengah yang bijak dan gak memihak ialah dengan tidak menetapkan siapa yang salah atau yang benar. Sikapmu harus sangat netral dan seimbang, kalau berat sebelah nanti yang ada permasalahan malah menjadi berlarut-larut.

Baca Juga: Berbakat Jadi Mediator, 5 Zodiak Ini Penengah Terbaik Ketika Konflik 

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya